Senin, 27 November 2017

12 Petinju Kelas Berat Dunia Legendaris Terbaik dan Tak Terkalahkan Sepanjang Sejarah

Jika kita membicarakan topik tentang olahraga, pastinya setiap orang memiliki olahraga favorit, tinju adalah salah satunya. Bagi Anda penggemar berat tinju, wajib membaca ulasan ini


VIRALSBOOK.COM - Tinju merupakan salah satu cabang olahraga paling bergengsi yang telah melahirkan banyak atlet kelas dunia. Mereka tak hanya menyajikan pertarungan yang menarik semata, namun juga sikap pantang menyerah dan tak kenal takut di atas ring. Petinju-petinju ini sering dianggap sebagai ikon petarung modern yang dielu-elukan bak pahlawan.


Siapa sajakah petinju terbaik di dunia sepanjang sejarah? Berikut viralsbook rangkum tentang petinju kelas berat terbaik dunia, mereka tak hanya memiliki rekor bertarung yang luar biasa, namun juga menampilkan mental juara dan kemampuan teknik tingkat tinggi.


1. Muhammad Ali


Tentu tak ada lagi yang meragukan kehebatan Muhammad Ali. Tak hanya sekedar pertarungan di atas ring, karir Muhammad Ali terbilang sangat dramatis dan dipenuhi dengan berbagai kontroversi. Ia menaklukkan nama-nama besar dunia seperti George Foreman, Leon Spinks, dan Joe Frazier dalam pertarungan-pertarungan tinju spektakuler yang akan selalu diingat sepanjang sejarah. Kemampuannya dalam mengalahkan lawan membuat Ali beberapa kali dinobatkan sebagai olahragawan terbaik di abad ke-20. Rekor sejarah mencatat Muhammad Ali 56 kali menang dengan 37 K.O dan hanya 5 kali kalah sepanjang karirnya tahun 1960-1981.


2. Joe Louis


Tak hanya sekedar petinju, Joe Louis adalah sosok yang dianggap "pahlawan" bagi masyarakat Amerika setelah secara heroik berhasil mengalahkan petinju Jerman, Max Schmeling di ronde pertama. Ia berhasil menghancurkan image tak terkalahkan dari Nazi yang dipimpin oleh Hitler, dan sejak saat itulah namanya dikenal sebagai "The Brown Bomber". Ia menjadi juara dunia kelas berat sejak tahun 1937 hingga 1949 dengan rekor 66 kali menang (52 KO) dan hanya 3 kali kalah. Sahabat viralsbook, hampir semua pertarungannya selalu erat dengan unsur kepentingan politik Amerika Serikat.

Baca Juga : Percaya Gak Sih? 12 Hasil Foto Gabungan Objek Smartphone dan Dunia Nyata Ini Sangat Mengagumkan

3. Roy Jones Jr


Walaupun meredup di akhir karirnya, Roy Jones Jr. tak bisa dibantah adalah seorang petinju yang nyaris sempurna. Ia memiliki kecepatan, kelincahan, dan pukulan yang keras. Kemampuannya ini membawanya menjadi juara dunia dalam empat kelas yang berbeda. Roy Jones juga menjadi satu-satunya petinju dunia yang mengawali karir dari kelas menengah untuk mencoba bertarung di level kelas berat, dan ketika berhasil memenangkannya, ia tercatat sebagai petinju pertama yang berhasil meraih prestasi ini sejak 106 tahun terakhir. Rekor tinju Roy Jones sejak tahun 1989, 56 kali menang dengan 40 KO dan 8 kali mengalami kekalahan.


4. Sugar Ray Robinson


Banyak yang menganggap Robinson adalah petinju terbaik sepanjang masa. Hal ini karena kekuatannya yang mengagumkan dan pukulannya yang cepat seperti kilat, ditunjang dengan gerakan kaki yang bagus dan ketangkasan yang luar biasa. Catatan rekornya juga luar biasa sepanjang karirnya pada tahun 1940-1965, di mana ia mampu mencatatkan 173 kemenangan diantaranya 109 kali dengan KO. 19 kalah, 6 seri, dan 2 no contest. Secara teknik, Sugar Ray Robinson bisa dianggap di atara nama-nama seperti Muhammad Ali atau Joe Louis.


5. Jack Dempsey


Jack Dempsey salah satu petinju Amerika yang paling populer dalam sejarah. Dia dikenal karena tingkat penjualan tiketnya yang luar biasa laris dan mampu meraih bayaran sebesar satu juta dolar dalam satu pertandingan. Tak hanya itu, Dempsey dikenal sebagai petinju paling kejam, brutal, dan menghibur sepanjang masa. Gigi yang copot, rahang patah dan mata bengkak adalah hal yang pasti bisa ditemui dari pertarungan Dempsey. Dempsey sering disebut sebagai "Superhuman Wild Man" yang sangat ditakuti musuhnya. Sepanjang karirnya di 1914-1927, Jack Dempsey mencatatkan rekor 66 kali menang dengan 51 KO, 6 kali kalah dan hanya 1 kali seri.


6. Mike Tyson

Baca Juga : Intip Yuk, Jersey Baru Tim Nasional Beberapa Negara Kontestan Piala Dunia 2018


Mike Tyson mungkin bisa dibilang sebagai petinju paling populer di era tahun 90-an. Memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi untuk ukuran kelas berat, Tyson dikenal karena pukulan kerasnya yang bisa membuat lawannya langsung terkapar. Tak hanya heboh di atas ring, petinju ini juga kerap menimbulkan kontroversi, mulai dari beberapa kali masuk penjara hingga kasusnya menggigit telinga Evander Holyfield yang membuatnya didiskualifikasi dari pertarungan. Sepanjang karirnya di tahun 1985-2005, Tyson mencatatkan rekor 50 kali menang dengan 43 KO, 6 kali kalah.



7. Rocky Marciano


Petinju yang namanya diambil sebagai inspirasi film Rocky yang terkenal di seluruh dunia. Ia memenangkan semua 49 pertarungannya, 43 di antaranya diraih dengan KO. Namanya dikenal karena tidak pernah terkalahkan sepanjang karirnya tahun 1948-1955. Hingga saat ini Rocky Marciano memegang rekor sebagai satu-satunya juara tinju kelas berat yang memenangkan semua pertarungannya. Salah satu pertarungan terbaik Rocky adalah ketika ia berhasil menaklukkan Joe Louis, salah satu petinju terkuat pada era tersebut.


8. Jack Johnson


Jack Johnson adalah petinju kulit hitam pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia. Memulai karirnya sejak akhir abad ke-19, petinju yang satu ini dianggap sebagai salah satu inspirasi terbesar bagi Muhammad Ali. Gaya bertarungnya yang tanpa ampun didukung dengan sifatnya yang sombong dan arogan, membuatnya menjadi salah satu petarung yang paling dibenci, namun juga ditakuti oleh lawan-lawan seprofesinya. Sepanjang karirnya di tahun 1897-1928, Jack Johnson mencatatkan rekor 77 kali menang dengan 48 KO, 13 kalah, 14 seri, dan 19 tanpa keputusan.


9. Julio Cesar Chavez


Chavez meraih 6 kali juara di 3 divisi yang berbeda. Dia juga mengumpulkan catatan karir dari 88 kali menang dan 0 kalah sebelum takluk dari Frankie Randall. Selama karirnya dari 1980-2000, Chavez tak terkalahkan. Chavez telah beradu tinju dengan Roger Mayweather, Hector Camacho, Sammy Fuentes dan banyak petarung besar lainnya selama bertahun-tahun. Bahkan sebelum pensiun, ia sudah dianggap sebagai legenda bahkan pahlawan nasional Meksiko. Saat ini, nama besarnya diharapkan bisa diteruskan oleh putranya, Julio Cesar Chavez Jr. yang juga berprofesi sebagai seorang petinju.


10. Oscar De La Hoya


Oscar De La Hoya alias "The Golden Boy" adalah seorang petinju yang mampu menggabungkan prestasi dengan gemerlap dunia hiburan. Oscar yang dikenal memiliki wajah tampan ini tidak hanya populer di ring tinju, namun juga pernah beberapa kali membintangi film dan menjadi model untuk berbagai produk komersial. Selain memenangkan sepuluh divisi gelar juara dalam enam kelas yang berbeda, De La Hoya juga mengawali karirnya dengan keberhasilan meraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Rekor tinju De La Hoya adalah 39 kali menang dengan 30 KO dan 6 kali kalah sepanjang karirnya di tahun 1992-2012.


11. Lennox Lewis


Baca Juga : Entah Kebetulan atau Tidak, 12 Peristiwa Mengerikan Ini Terjadi di Hari Jumat Tanggal 13

Petinju keturunan Kanada yang memiliki kewarganegaraan Inggris ini memiliki catatan rekor yang luar biasa dengan mampu mengalahkan petinju-petinju legendaris seperti Evander Holyfield dan Mike Tyson. Dengan tinggi 196 sentimeter dan berat lebih dari 110 kilogram, Lewis benar-benar tampak seperti seorang raksasa yang ditakuti oleh lawan-lawannya. Catatan karirnya pun cukup impresif, hanya pernah dua kali kalah dalam 44 pertandingan yang pernah dilakoninya dalam karirnya di tahun 1989-2004.


12. Willie Pep


Willie Pep adalah petinju Italia-Amerika yang bertarung selama 26 tahun dengan total 229 kemenangan dari 241 pertandingan, mungkin catatan yang paling mengesankan di dunia tinju. Pep adalah juara kelas bulu dengan catatan luar biasa dari 61 kali menang dan 0 kalah sebelum akhirnya takluk dengan kekalahan angka dari Sammy Angott tahun 1943. Pep bangkit kembali dan memenangkan 5 pertarungan untuk sisa tahun itu. Dia melakukan prestasi luar biasa di tahun 1944 dengan memenangkan seluruh 16 pertarungan yang dilakoninya. Sepanjang karirnya di tahun 1940-1966, Ia juga sempat memegang rekor dunia ketika berhasil memenangkan pertandingan 73 kali berturut-turut. (www.viralsbook.com)


referensi atikel: theo-sonatha

comments