Minggu, 26 November 2017

Inilah Daftar Gaji Guru SD Paling Tinggi 7 Negara di Dunia, Termasuk Indonesia Kah?

Berapa gaji perbulan guru PNS di luar negeri? Berapa gaji tertinggi dan terendah guru PNS di negara-negara lain? Apakah gaji guru PNS di Indonesia tergolong gaji tertinggi dibanding dengan gaji guru PNS luar negeri? Sedangkan untuk gaji buruh tertinggi di Indonesia entah masuk ke peringkat berapa.


VIRALSBOOK.COM - Sebuah survei yang dikeluarkan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) tahun 2017 memperlihatkan negara yang memberikan besaran gaji terbesar bagi individunya yang bekerja sebagai guru pada Sekolah Dasar. Survei ini dilakukan pada 47 negara termasuk Indonesia. Besaran gaji yang tercatat di sini merupakan jumlah pedapatan khusus guru yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Angka ini juga merupakan rentang pendapatan maksimal yang bisa didapat selama seorang individu berkarier sebagai tenaga pengajar.

Berikut Daftar 7 Negara dengan Gaji guru Sekolah Dasar paling tinggi di dunia yang viralsbook rangkum dari berbagai sumber resmi, dimulai dari nomor urut 7 :



7. Gaji Guru di Belanda

Belanda merupakan salah satu negara maju di Benua Eropa. Belanda diakui dunia sebagai negara yang memiliki standar internasional di bidang pendidikan. Sistem pendidikan di Belanda sangat berbeda dengan sistem pendidikan yang dikenal di Asia, Amerika, bahkan di sebagian besar wilayah Eropa. Salah satu perbedaannya terletak pada sistem penjurusan yang sudah dimulai sejak pendidikan di tingkat dasar dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan akademik siswa.

Sistem pendidikan di Belanda diawasi dan menjadi tanggung jawab pemerintah. Mata pelajaran yang diajarkan di semua jenis sekolah diatur oleh undang-undang dengan target-target yang harus dicapai. Hal ini dilakukan agar pemerintah dapat memastikan kualifikasi yang sama di seluruh negeri. Sekolah-sekolah di Belanda didirikan oleh masing-masing otoritas pemerintah daerah, namun ada juga yang didirikan oleh swasta. Pemerintah Belanda memberikan perhatian besar di bidang pendidikan.

Terbukti pada tahun 2001 Belanda menganggarkan 5,3 % dari GDP-nya di bidang pendidikan. Pemerintah Belanda juga menggratiskan biaya pendidikan untuk anak usia 5-16 tahun. Namun pada pendidikan tingkat lanjut orang tua harus membayar biaya buku ajar dan bahan-bahan penunjang pengajaran lainnya. Anak-anak di Belanda wajib bersekolah secara full time sejak usia 5 tahun. Sahabat viralsbook, taraf hidup guru di negara ini juga sangat diperhatikan oleh pemerintah, untuk rata-rata gaji sebulan dalam mengajar, seorang guru diberi gaji ditambah dengan berbagai tunjangan maupun penambahan upah dari hasil sertifikasi guru sebesar US$ 66 ribu atau Rp 891 juta per tahun (asumsi rupiah 13.505 per dolar Amerika Serikat), Ekuivalen: Rp 74 juta per bulan.

Baca Juga : Tergiur Gaji Tinggi, Gadis-Gadis Ini Terlena Hingga Tak Menyadari Radium Merenggut Nyawa Mereka

6. Gaji Guru di Austria

Di urutan keenam ada Austria. Negara Uni Eropa dengan pemandangan indah dan sejarah petualang ini memiliki PDB per kapita tertinggi ke-12 di dunia. Austria memiliki industri yang sangat maju. Selain itu, bagian paling penting dari perekonomian nasional adalah pariwisata internasional, yang menyumbang hampir 9% dari PDB Austria. Pendapatan setelah pajak rata-rata USD31.173, dengan 49,4% diambil sebagai pajak penghasilan dan iuran jaminan sosial untuk perawatan kesehatan dan pendidikan.

Negara Uni Eropa ini memberikan gaji tertinggi pada guru SD mencapai US$ 67 ribu atau Rp 964 juta per tahun. Sementara guru SMA di sana digaji paling tinggi US$ 76 ribu atau Rp 1,09 miliar per tahun. Buat mengajar di Austria, setiap guru di sana diwajibkan fasih berbahasa Inggris. Sebab permintaan guru yang berbahasa Inggris sangat tinggi.


5. Gaji Guru di Amerika Serikat

Pendidikan di negeri yang berjuluk ‘Negeri Paman Sam’ ini dikelola oleh negara bagian dan pemerintah daerah, serta diregulasikan oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat dengan anggaran dari pemerintah federal. Di sebagian besar negara bagian, anak-anak diwajibkan bersekolah ketika berusia enam atau tujuh tahun (taman kanak-kanak atau kelas satu) sampai mereka berusia delapan belas tahun (kira-kira kelas dua belas, akhir dari sekolah menengah atas). Beberapa negara bagian memperbolehkan siswa untuk meninggalkan sekolah pada usia 16 atau 17 tahun. Sekitar 12% anak-anak terdaftar di sekolah swasta keagamaan ataupun non-keagamaan. Hanya 2% anak-anak yang yang mengikuti sekolah rumah.

Amerika Serikat memiliki banyak institusi sekolah tinggi yang kompetitif, baik yang berstatus negeri maupun swasta. Menurut sebuah pemeringkatan internasional, 13 dari 15 sekolah tinggi dan universitas di Amerika menempati daftar 20 universitas terkemuka di dunia. Ada juga kolese komunitas lokal yang menawarkan kebijakan yang lebih terbuka, program akademik yang lebih singkat, dan biaya pendidikan yang lebih murah. Sahabat viralsbook, dari keseluruhan warga Amerika yang berusia di atas 25 tahun, 84,6% di antaranya adalah lulusan sekolah menengah atas, dengan rincian 52,6% sedang kuliah di universitas, 27,2% telah menyandang gelar sarjana, dan 9,6% selebihnya telah meraih ijazah pascasarjana. Angka melek huruf di AS diperkirakan sebesar 99%, dengan artian hanya 1% warga AS yang tidak bisa membaca.Pada 2006, PBB memberikan Indeks Pendidikan 0,97 kepada Amerika Serikat; yang tertinggi ke-12 di dunia.

Dalam memastikan pendidikan yang layak bagi para peserta didiknya, negara Amerika juga termasuk salah satu negara yang memperhatikan kualitas kesejahteraan guru. Terbukti dengan angka upah gaji guru yang terbilang tinggi membuat Amerika Serikat menjadi salah satu negara percontohan pendidikan dunia. Seorang guru mengantongi gaji Gaji guru: US$ 67 ribu atau Rp 904 juta per tahun dengan ekuivalen Rp 75 juta per bulan, ditambah dengan tunjangan yang diberikan cuma-cuma oleh pemerintah melalui Departemen Pendidikan negara ini.


4. Gaji Guru di Korea Selatan

Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul. Pendidikan di Korea Selatan dibagi dalam beberapa bagian seperti pada umumnya di negara lain: kelompok bermain, sekolah dasar, pendidikan menengah, dan sekolah tinggi/universitas. Berdasarkan hasil penelitian 2006 tentang Program Penilaian Pelajar Internasional dari OECD, Korea Selatan menempati urutan pertama dalam pemecahan masalah, urutan ketiga dalam Matematika dan urutan kesebelas pada bidang sains.

Baca Juga : 5 Pengacara Top Yang Dinilai Paling Kaya Dengan Tarif Bayaran Tinggi

Teknologi pada pendidikan di Korea juga dikembangkan hingga ke seluruh daratan Korea dengan membuat jaringan akses internet berkecepatan tinggi di sekolah dasar dan lanjutan. Pemerintah Korea melalui Kementerian Pendidikan juga memberikan beasiswa bagi siswa-siswi yang berasal dari luar Korea hingga mencapai 100.000 siswa per tahun. Para guru di Korea sangat diperhatikan dalam masalah kesejahteraannya. Bayangkan saja, Korea selatan menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia yang memberikan upah gaji guru yang tidak main-main. Gaji guru: US$ 75 ribu atau Rp 1,01 miliar dalam setahun mengajar dengan ekuivalen Rp 84 juta per bulan, belum termasuk tunjangan-tunjangan guru yang diberikan oleh pemerintah.


3. Gaji Guru di Jerman

Republik Federal Jerman adalah negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Jerman mempunyai luas wilayah 357.021 km2 (yang merupakan dua setengah kali pulau Jawa) dengan jumlah penduduk sekitar 82 juta jiwa, penghubung transportasi barang dan jasa antar negara sekawasan, serta menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia. Sahabat viralsbook, menurut suatu survei, diketahui lebih dari 99% penduduk Jerman usia 15 tahun ke atas diperkirakan bisa membaca dan menulis. Pendidikan di negara ini diurus oleh negara bagian masing-masing.

Sejak tahun 1960-an, sebuah gerakan reformasi mencoba untuk menyatukan pendidikan menengah Jerman menjadi sebuah Gesamtschule (sekolah komprehensif). Beberapa negara bagian Jerman kemudian menyederhanakan sistem sekolah mereka. Sistem ini dikenal dengan nama Duale Ausbildung (pendidikan dualisme) yang menjadikan siswa di sekolah kejuruan untuk dapat belajar di sebuah perusahaan. Model pendidikan yang sukses ini kemudian diadopsi di seluruh dunia. Pendidikan tingkat taman kanak-kanak tersedia untuk semua anak umur 3-6 tahun, tetapi tidak wajib. Setelah itu, anak mendapatkan pendidikan wajib minimal 9 tahun. Lama pendidikan dasar di negara ini adalah berkisar 4-6 tahun. Berikutnya, untuk pendidikan menengah tersedia dalam 3 macam: Gymnasium: untuk mempersiapkan siswa menuju universitas, Realschule: semacam sekolah kejuruan, setelah lulus Realschule anak melanjutan ke berufbildung (pendidikan vokasi) yang diinginkan dan bekerja. Yang ketiga adalah Hauptschule: untuk anak-anak mempunyai kesulitan dalam mengikuti pelajaran atau anak berkebutuhan khusus.

Bicara tentang kesejahteraan guru di negara maju ini, merupakan salah satu garda depan dalam menjaga kualitas para generasi penerus. Jerman memberikan gaji yang dikategorikan tinggi untuk sebulan bekerja. Seorang guru di Jerman mendapatkan gaji sebesar US$ 75 ribu atau Rp 1,01 miliar per tahun, ekuivalen: Rp 84 juta per bulan.


2. Gaji Guru di Swiss

Negara yang berpusat kota di kota Basel ini merupakan salah satu potret negara dengan kesejahteraan guru yang tinggi. Negara dengan populasi penduduk 9 juta ini tidak hanya sektor industri keju saja yang mempunyai prospek yang menjanjikan, namun juga di dunia pendidikan. Tak main-main dalam memperhatikan kualitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidiknya, Swiss menerapkan sistem seleksi guru yang sangat ketat dengan rasio perbandingan 1:20 untuk satu guru di suatu sekolah.

Baca Juga : Gila! Mereka Sempat Mendokumentasikan Detik-Detik Terakhir Kematiannya Sendiri

Menilik pendapatan guru di negara ini, untuk guru Sekolah Dasar saja seorang guru bisa mengantongi gaji US$ 92 ribu atau Rp 1,2 miliar per tahun, ekuivalen: Rp 103 juta per bulan. Guru di sini sudah tersertifikasi keahlian sehingga tidak ada satupun guru yang memperoleh gaji tersebut tanpa melewati tahap sertifikasi. Itu belum termasuk dengan berbagai tunjangan dan kenaikan gaji ketika seorang guru mengupgrade gelar


1. Gaji Guru di Luksemburg

Luxembourg merupakan salah satu negara terkecil di Benua Biru (Eropa) dan menduduki peringat ke-167 dalam ukurannya dibandingkan negara-negara lainnya. Negara dengan luas sekitar 2.586 km² ini berbatasan dengan provinsi Luxembourg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya sebesar 4.443 km². Pendidikan di Luxemburg merupakan salah satu percontohan untuk negara-negara lain. Hal ini didukung dengan tingginya kesejahteraan guru di negara yang terletak di benua biru ini. Dengan populasi penduduk yang relatif sedikit yakni 570 ribu jiwa, negara dengan mata uang Euro ini sukses menduduki negara percontohan dengan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru di dunia.

Di Luxembourg, guru dibagi menjadi 3 tingkatan seperti pada umumnya yakni Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas. Bayangkan saja, untuk guru SD saja untuk gaji saat memulai bekerja adalah US$ 137 ribu atau Rp 1,8 miliar per tahun, ekuivalen: Rp 154 juta per bulan. Jika sudah mengajar selama 10 tahun akan naik 2 kali lipatnya. Sedangkan guru SMP maupun SMA juga relatif sama hanya saja guru dengan gelar yang lebih tinggi akan dinaikkan pula gaji bulanannya.

***

Sangat Luar biasa para Guru di 7 negara ini, gajinya sangat fantastis, berani beri bayaran tinggi buat gaji guru. Berminat pengin mengajar ke sana? Gak ada salahnya dengan mulai meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Sebab bahasa Inggris menjadi kunci buat kamu agar bisa mengajar di sana. Gaji guru di indonesia kapan bisa begini ya? (www.viralsbook.com)

comments