Senin, 04 Desember 2017

Bikin Adem, Sesibuk Apapun Pekerjaan Mereka Tetap Sempatkan Untuk Salat

Sibuk bekerja hakikatnya adalah untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi sesibuk apapun itu, sempatkanlah untuk ibadah salat. Kisah-kisah berikut mengingatkan kita betapa Salat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim sesibuk apapun dan dimanapun kita berada.


VIRALSBOOK.COM - Jadwal yang padat dan sibuk dengan pekerjaan seringkali membuat kita “merasa” tak punya cukup waktu untuk aktivitas pribadi, terutama dalam hal ibadah. Bahkan ketika sudah keasyikan dan nyaman dengan rutinitas yang ada, untuk sekadar istirahat saja rasanya tidak sempat dinikmati, apalagi beribadah. Namun Sobat Viralsbook, hal tersebut rupanya tak berlaku bagi mereka yang kisahnya viralsbook sadur dari berbagai sumber resmi.

Salat di Dalam Bak Truk
Buat muslim yang masih sering meninggalkan salat 5 waktu dengan alasan sibuk bekerja atau alasan aktivtias lainnya, tampaknya Anda patut berkaca pada pria ini. Bagaimana tidak, ia tetap menyempatkan diri untuk mengerjakan ibadah salat di tempat yang tak biasanya, yakni di dalam bak truk kenderaannya yang diparkir di pinggir jalan.

Kisah ini beredar saat fotonya pertama kali diunggah di media sosial facebook oleh seseorang dengan nama akun Andri Budi Tarigan, pada tanggal 16 Februari 2016, pukul 15.51 WIB. Dalam foto itu, pengunggah juga menuliskan caption, "Dimana pun asal ada niat pasti bisa. Luar biasa bapak ini untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.”

Tak dijelaskan dimana lokasi pengambilan foto maupun kapan foto ini diambil. Tampak foto ini diambil dari atas sehingga terlihat seorang pria sedang melaksanakan salat di dalam bak truk. Pria berkaos biru itu tengah berdiri salat di atas sajadah merahnya.

Terlepas dari itu semua, apa yang disampaikan oleh si pengunggah foto tersebut adalah benar, karena salat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan manusia sebagai wujud kepatuhan terhadap Sang Pencipta. Kisah ini hendaknya dapat menginspirasi siapa saja yang merasa masih meninggalkan salat karena kesibukan.

Salat di Kokpit Pesawat
Sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita tengah salat di kokpit pesawat menjadi perbincangan masyarakat di dunia maya. Foto tersebut diunggah sendiri oleh Jaka Pituana yang merupakan seorang pilot Garuda Indonesia. Foto itu diabadikan pada kamis, 23 Maret 2017, pukul 14.58 WIB, saat penerbangan dari Bali menuju Kota Zhen Zhou, Tiongkok dengan pesawat Airbus 330.

Nama wanita cantik tersebut Sarah Widyanti Kusuma. Di akun Instagramnya, Sarah mengenakan hijab bila sedang tak terbang. Disaat usianya 21 tahun Sarah menjadi kopilot Garuda. Wanita lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, bersuamikan seorang pilot yang juga tengah menempuh pendidikan untuk menjadi seorang kapten. Sarah memiliki impian dapat menerbangkan pesawat ke Antartika.

Pihak Garuda pun mengklarifikasi foto Sarah yang viral ini. Melalui Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar, menginformasikan bahwa Sarah memang memiliki kebiasaan menunaikan salat di dalam kokpit.

Salat di Pematang Sawah
Sebuah foto yang memperlihatkan seorang pria sedang salat di tengah sawah seakan mengingatkan ribuan netizen untuk selalu bersyukur disetiap rutinitas dan kesibukan sehari-hari. Foto menyentuh itu dibagikan oleh Mas Aat di grup Info Warga Jember (IWJ) pada Rabu 5 April 2017.

Menurut postingan Aat, pria soleh itu bernama Hasan. Momen ini diabadikan di saat Hasan sedang sibuk memanen padi dan ketika memasuki waktu salat Zuhur tiba, Ia kemudian mengerjakan ibadah wajib tersebut di pematang sawah miliknya, di area persawahan Desa Purwojati, Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Dari sejumlah foto yang diunggah Aat terlihat, Hasan Salat Zuhur di pematang sawah tak jauh dari sepedanya di tengah teriknya matahari, tepatnya di persawahan yang mengarah ke Lohong. Sobat viralsbook, Hikmah di balik kisah ini adalah, walaupun sesibuk apapun jangan lupa sempatkan untuk salat, karena salat adalah pagar kehidupan buat kita.

Salat di Tepi Sawah
Seorang wanita yang melaksanakan salat di tepi sawah ditengah kesibukannya bekerja menjadi perbincangan di dunia maya. Para warganet terkesima dengan kegigihan sang muslimah, Kisahnya begitu inspiratif. Foto ini diabadikan oleh pengguna akun Instagram @nipoxarini, pada Rabu 8 November 2017, berlokasi di tepi sawah di Desa Karangrowo, Kecamatan Udanan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Pengguna akun tersebut lantas juga membubuhkan kalimat bijak yang memicu warganet untuk memuji dan menganggap wanita itu telah menunjukkan suatu kisah inspiratif. “Di balik ujian, ada rindu yang Allah sampaikan supaya kita tetap ingat dan tak tenggelam dalam” Ia menambahkan bahwa wanita itu merupakan orang yang bekerja di sawah dekat dengan tempatnya menunaikan salat.

Salat di atas Daun Pisang
Sesibuk apapun aktifitas kita, tidak ada alasan untuk meninggalkan salat. Lakukan salat sebagai wujud syukur kita atas nikmat-Nya. Seperti yang dilakukan bocah kecil ini. Dengan mengenakan sarung yang menutupi dada hingga kakinya tanpa pakaian atasan, bocah tersebut terlihat khusyuk melakukan gerakan salat di atas tanah yang hanya beralaskan daun pisang.

Foto yang menginspirasi ini di unggah oleh akun Twitter @ana_khoz, milik salah satu Aleg Provinsi jawa Timur Periode 2014 – 2019, Khozanah Hidayati. 2 foto yang diunggahnya pada hari Minggu 3 Desember 2017 di media sosial twitter ini menggambarkan si bocah terlihat berdiri di salah satu foto dan bersujud di foto yang lainnya.

Menurut Khozanah Hidayati, foto anak tersebut berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Menurutnya walaupun bocah tersebut tengah sibuk membantu orang tua, dia tidak lupa akan kewajibannya untuk menjalankan ibadah salat walau dengan beralaskan selembar daun pisang. Netizen pun banyak yang tersentuh saat melihat foto ini dan mengomentarinya.

***

Sobat viralsbook, sesibuk apapun mereka, kewajiban sebagai umat muslim menunaikan salat wajib tetap tetap tunaikan. Salat merupakan satu-satunya Rukun Islam yang perintah kewajibannya disampaikan secara langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui peristiwa Isra’ Mi’raj. Perintah langsung tentang salat ini memiliki kedudukan yang sangat vital dan fatal bagi setiap muslim dalam kaitannya dengan hari kemudian dan hari ini. (www.viralsbook.com)


Disadur dari beberapa sumber : jogja.tribunnews.com “Luar Biasa Ia Sempatkan Salat Meski Harus di dalam bak truk / Sakaran.com “[Inspiratif] Sopir Laksanakan Shalat Di Atas Bak Truk” / cakaplah.com “Salat di Kokpit Pesawat, Siapakah Wanita yang Bikin Heboh Ini?” / news.detik.com “Ini Kopilot Cantik yang Salat di Kokpit Pesawat Garuda” / nasional.okezone.com “HOT THREAD (1): Salut! Kopilot Cantik Salat di Kokpit Pesawat” / jogja.tribunnews.com “Subhanallah, Petani Ini Sempatkan Salat di Tengah Sawah Saat Sibuk Panen Padi” / lifestyle.okezone.com “VIRAL! Foto Wanita Salat di Tepi Sawah, Begitu Menyentuh Jiwa”
Baca Juga