Rabu, 27 Desember 2017

Tak Mau Mengalah Saat Mobil Pemadam Kebakaran Melintas, Pengemudi Honda Jazz Ini Bikin Netter Geregetan

Rupanya sebagian pengguna jalan di Indonesia belum memahami isi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, penggunaan lampu isyarat disertai sirene


VIRALSBOOK.COM - Sebuah rekaman video yang memperlihatkan aktivitas petugas pemadam kebakaran baru-baru ini menjadi perbincangan warganet. Dalam video terlihat mobil pemadam kebakaran sedang melaju kencang terkendali di jalan raya. Video itu diunggah oleh akun Instagram @pak.damkar_medan pekan kemarin.

Keterangan dalam video menjelaskan bahwa saat itu terjadi kebakaran di Jalan Sidodadi Krakatau, dan saat itu 3 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Namun ada kejadian kurang mengenakkan saat petugas sedang memburu waktu untuk menuju lokasi kebakaran. Pasalnya, terlihat sebuah mobil berwarna putih yang seolah tak mau mengalah memberikan jalan untuk mobil pemadam hingga nyaris serempetan.

(foto/screenshoot instagram)

Peristiwa itu terjadi di jalan Putri Hijau, mengutip keterangan dalam postingan tersebut.

Terlihat dalam video, mobil jenis city car itu tak mau menepi saat berpapasan dengan mobil pemadaman kebakaran. Padahal masih ada ruang untuk menepikan mobil, namun kendaraan itu tetap melaju kencang hingga nyaris berserempetan dengan mobil damkar.

Baca Juga : Pria Tua Ini Tak Diakui Anaknya, Ditemukan Terlantar di Atas Got Dengan Kondisi Memprihatinkan

Kekecewaan itupun diunggah dalam akun instagram @pak.damkar_medan, sekaligus menjadi pengingat bagi publik dan pengguna jalan lainnya.

Ini lah cerminan beberapa pengendara mobil yang mungkin "pura-pura" gak dengar, sok hebat, atau buta!! . Kejadian di Jalan. Putri hijau, 17 Desember 2017 saat bertugas panggilan kebakaran di jalan Sidodame Gang Arjuna. . Apalah salahnya menepi HANYA 2 DETIK saja. Kalau tejadi kecelakaan siapa yang bertanggung jawab??. Tidak damkar yang didepan yang menabrak tapi apa iya iringan damkar di posisi ke2 atau 3 bisa tahu kondisi paling depan dan akhirnya bakalan terjadi kecelakaan. . Dalam video tersebut Mobil Honda Jazz putih tidak mau minggir seakan menantang mobil damkar. Mobil jazz tersebut melaju dengan kecepatan diatas rata begitu juga dengan mobil damkar. Sedikit saja mobil Jazz tersebut tersenggol maka akan terbalik-balik dan atau kedua mobil terbalik baik mobil damkar dan Honda jazz tersebut. Padahal sudah diklakson terus menerus dari beberapa saat sebelum dekat dengan mobil tersebut juga suara sirine dan lampu utama dengan jarak jauh sudah dihidupkan. . . Tolong lah kami bukan main-main, kami sedang bertugas menolong orang lain dalam musibah. Kebakaran tidak bisa di sepelekan. Korban jiwa dan harta sudah sangat bisa terjadi. Tolonglah kerjasamanya kepada seluruh pengendara.. . . Gimana menurut klen????? . . . Ttd Admin



Postingan itupun mendapatkan komentar beragam dari warganet.

@sysilliaaa: Karna di negara ini khususnya di medan kebanyakan org beranggar jago di jalan, mungkin gak pernah ngerti peraturan yang ada di negara ini. Terus nanti kalau liat di postingan tentang negara lain dimana ada mobil ambulance / mobil damkar ntar baru deh bisa comment ‘andai di negaraku gini’ tp pas di jalan ktmu damkar minggir pun gak mau

@chandra_399: Mngkn beliau belum pernah tau atau mengenal rasa musibah terutama kebakaran dlm hal ini. Saya rasa memberikan jalan yg hnya memakan wktu bbrp detik saja tdk akan menghambat wktu kita sampe tujuan. Lbh berperasaan lah sdkit demi kpentingan org banyak.

Baca Juga : Anak Jalanan Kaget Saat Melihat Wanita Ini di Dalam Mobil, Mau Ngemis Malah Menangis

@hendra_sang_fajar: Inilah indonesia ndan, tdk mau mengalah padahal sirine begitu nyaring tp pura2 tdk mendengar... Salam yudha brama jaya

Mobil Damkar Prioritas Utama

Mobil pemadam kebakaran merupakan kendaraan paling prioritas diberikan jalan, dinomorsatukan di atas ambulans dan kendaraan pemimpin lembaga Negara Republik Indonesia.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentag Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, penggunaan lampu isyarat disertai sirene, sesuai pasal 134 dan 135 boleh dipasang pada kendaraan yang mendapat hak utama.

Berikut bunyi pasal 134

Pengguna Jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan berikut :

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;

c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas;

Baca Juga : Pengemudi Bentor Yang Jujur dan Berhati Malaikat, Kembalikan Dompet Yang Ditaksir Isinya Ratusan Juta

d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;

e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;

f. Iring-iringan pengantar jenazah;

g. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemudian pada pasal ke 135 pasal 1, disebut kalau kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirene. (vb_01)

comments