Senin, 04 Desember 2017

Viral! Kisah Pilu Anjing Malang Yang Ditinggal Pemiliknya Selama 8 Jam Dalam Mobil

Viral! Kisah Pilu Anjing Malang Yang Ditinggal Pemiliknya Selama 8 Jam Dalam Mobil

Sungguh tragis dan memilukan nasib anjing malang ini. Dia ditinggal pemiliknya selama 8 jam lebih di dalam mobil dan jadi viral di media sosial twitter. Banyak netizen yang bersimpati ke anjing dan mengutuk keras pemiliknya.

Kasus ini bukan yang pertama kali terjadi.

Tagar #SelamatkanValent lagi ramai dibicarakan netizen. Ternyata ditelusuri tagar #SelamatkanValent yang jadi viral dan menjadi salah satu trending topic linimasa Twitter Indonesia ini, dimulai dari ciutan salah satu pengguna Twitter dengan akun @tommyprabowo.

Awalnya, Tommy mengunggah ciutan mengenai Valent, nama dari anjing jenis Maltese yang ditinggal pemiliknya di dalam mobil yang di parkir di lantai 8 mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat sejak pukul 16.30 hingga pukul 22.00 pada Jumat malam, (1/12/2017).

Valent, anjing yang malang (foto/twitter)


Dalam ciutannya, Tommy menceritakan kronologis ditemukannya anjing malang ini. Saat itu, Tommy memarkir mobilnya di parkiran lantai 8. Saat keluar dari mobil, Tommy kaget mendengar suara gonggongan anjing dari mobil lain.

Tommmy juga menyertakan unggahan beberapa foto yang memperlihatkan anjing putih kecil berada di mobil yang terkunci. "Ini gimana ya? Gonggong terus dan pasti dehidrasi. Udah lapor satpam sih," cuitan Tommy saat itu menceritakan si anjing yang terkunci di dalam mobil.



Meski kasihan, Tommy berpikir pemilik anjing itu mungkin hanya pergi sebentar dan akan kembali. Dia pun pergi dari lokasi parkiran mobil.

Tommy kembali ke parkiran menuju mobilnya pada pukul 22.09 WIB. Namun betapa kagetnya dia karena melihat anjing itu masih berada di mobil. Dia pun resah membayangkan anjing itu terkurung dalam waktu yang lama tanpa makan dan minum.

Tommy membatalkan niatnya pulang. Dia kemudian memanggil security mall dan melaporkan hal ikhwal adanya anjing yang terkurung di mobil Honda Brio berwarna hitam ini. Namun, setelah berupaya dicari, pemilik anjing itu tidak kunjung datang.

Pihak keamanan mall sudah menyuruh Tommy pulang, namun dia bertahan tidak akan pergi dari lokasi hingga pemilik anjing datang.

Sabtu (2/12/2017), sekitar pukul 00.12 WIB, Tommy sempat berniat memecahkan kaca mobil untuk menyelamatkan anjing ini. Netizen juga mendukung aksinya. Tommy memang mem-posting alur peristiwa ini lewat akun Twitter-nya, @tommyprabowo, disertai foto-foto dan video.

Namun niat Tommy memecahkan kaca mobil itu dicegah pihak keamanan mall. Dia pun akhirnya tetap menunggu hingga pemilik hadir. Dia juga berupaya memberikan air minum ke anjing malang tersebut lewat celah kaca mobil.

Tommy berniat, jika sampai pukul 02.00 pemilik mobil tidak kunjung hadir, dia akan memecahkan kaca mobil dan menyelamatkan anjing tersebut apa pun risikonya.

Di Amerika Serikat, peristiwa penelantaran bayi manusia dan hewan peliharaan seperti ini sudah memperbolehkan orang lain untuk memecahkan kaca demi menyelamatkan nyawa di dalamnya.

Namun ternyata, pukul 00.43, sang pemilik mobil akhirnya datang saat seluruh parkiran sudah kosong.

Tommy pun langsung bertanya kenapa anjing tersebut ditinggalkan di dalam mobil sejak sore. Sang pemilik, yang merupakan seorang wanita, menurutnya, bersikap defensif.

Dia mempertanyakan apa urusan Tommy ikut campur soal anjingnya yang bernama Valent itu. Sang pemilik, yang disebut baru selesai menonton di bioskop, mengaku sudah biasa meninggalkan anjingnya di dalam mobil.



Singkat cerita, Tommy dan pemilik anjing jenis Maltese tersebut pun adu argumen. "Jangan ikut campur urusan orang!" demikian terdengar suara seorang wanita dalam video yang diunggah Tommy.

Bukannya merasa bersalah atau berterima kasih sang pemilik malah marah-marah. Ia berargumen anjingnya sudah biasa dikurung tanpa makanan dan minuman dalam mobil berjam-jam, dan Tommy tidak boleh mencampuri urusannya.



Ini anjing Anda, apa anjing saya?! Jangan bilang Anda sudah (menunggu) di sini delapan jam, karena saya gak suruh!

Lebih aneh lagi, Dalam video berbeda yang diunggah Tommy, pemilik anjing juga meminta Tommy membayar 500 ribu untuk setiap foto Valen yang diambil.

Menurut info dari para pengguna media sosial lain, ternyata ini bukan pertama kalinya Valent ditelantarkan seperti itu.

Diduga wanita ini juga pernah menelantarkan anjingnya di dalam mobil berjam-jam sebelumnya dan pernah ditemukan oleh pengguna Twitter lain. Bahkan salah satu netizen mengabarkan bahwa peristiwa yang sama terulang lagi, sehari setelah kejadian yang diceritakan Tommy, kali ini bertempat di parkiran Gandaria City.

Ciutan Tommy mendapatkan respon dari Garda Satwa, menurut Garda Satwa hal ini termasuk penelantaran hewan dan melanggar undang-undang. Pemilik bisa dikenai hukuman kurungan dan denda.




Garda Satwa, organisasi untuk kesejahteraan hewan Indonesia, berniat untuk mencari dan menemui sang pemilik untuk melakukan sosialisasi dan edukasi etika memelihara hewan yang benar. Tindakan ini sendiri sudah termasuk kategori pelanggaran UU Peternakan No. 41 Tahun 2014 dan dapat dikenai pasal pidana.

Semoga valent bisa diselamatkan sesuai harapan warganet dalam tagar #SelamatkanValent, agar Valent diselamatkan dari pemilik yang tidak cakap mengurusnya.

Bagaimana pun juga setiap hewan adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan. Jika tidak siap berkomitmen untuk memelihara lebih baik urungkan saja niatnya.

Manusia terkurung dalam ruang sempit dan gelap, tanpa makanan, minuman dan udara cukup saja bisa berakibat fatal. Coba bayangkan jika hewan tak berdaya yang ada di posisi tersebut.

Hewan peliharaan sejatinya adalah bagian dari keluarga yang harus dirawat dengan baik. Mereka juga makhluk hidup bernyawa bukan benda mati.

Sayangnya di Indonesia kesadaran dan wawasan dalam memelihara hewan peliharaan masih cukup rendah. Ketika sudah bosan hewan akan ditelantarkan atau tidak dirawat dengan benar. (vb_01)

comments