Kamis, 14 Desember 2017

4 Tokoh Yang Melegenda, Namun Keberadaannya Di Kehidupan Nyata Masih Dipertanyakan

Legenda dan ketokohan saling berkaitan erat dan tak dapat dipisahkan. Legenda hadir, dipastikan ada sosok heroik di dalamnya, walaupun keberadaan tokoh ini masih menjadi misteri


VIRALSBOOK.COM - Banyak tokoh sejarah yang pernah ada di dunia ini, yang akhirnya mampu menciptakan berbagai macam karakter, ciri khas, konsep pemikiran dan bahkan penemuan yang bisa kita gunakan di kehidupan hingga sekarang.

Selain itu, kharismatik mereka mampu menghipnotis dan membawa imajinasi penggemarnya untuk dapat merasakan langsung ketokohan dirinya dengan kisah-kisah mereka yang begitu menginspirasi. Tapi anehnya, keberadaan mereka di dunia ini tampaknya masih jadi pertanyaan. Apakah mereka benar-benar pernah ada di dunia ini atau tidak?

Siapa saja mereka sobat viralsbook? Inilah 4 Tokoh yang melegenda namun keberadaannya sedikit meragukan.

1. Raja Arthur

Raja Arthur, Legenda Heroik nan Magis, seorang Penguasa dari Tanah Britania yang dikenal sebagai Raja yang memerintah Kerajaan Camelot. Raja Arthur digambarkan dengan begitu heroik dan begitu kental dengan hal-hal berbau mistik. Kisah ini dipopulerkan dalam cerita yang berasal dari tahun 800-an dan menjadi inspirasi bagi seorang penulis, Alfred Tennyson.

Lalu bagaimana awalnya kisah Raja Arthur ini? Dalam legenda yang beredar, Arthur terlahir pada abad 5 atau 6 masehi. Ia merupakan putra dari raja Britania, Uther Pendragon. Namun, karena konflik yang sedang berlangsung, seorang penyihir baik hati bernama Merlin, menyarankan agar bayi Arthur sebaiknya dibesarkan di tempat yang tersembunyi dan tak ada orang yang boleh mengetahui identitasnya.

Seiring waktu berlalu, raja Pendragon meninggal, dan perseteruan untuk memperebutkan kursi kerajaan pun tak terelakkan. Merlin kemudian menggunakan sihirnya untuk menancapkan sebilah pedang legendaris, Excalibur, ke sebuah bongkahan batu. Pada pedang tersebut, tersepuh tulisan emas yang berbunyi, “Barangsiapa yang mampu mencabut pedang ini, berarti ia merupakan raja di dataran Inggris".

Semua yang berhasrat untuk duduk di kursi kerajaan satu demi satu mencoba mencabut pedang tersebut. Namun, tidak ada satupun dari mereka yang mampu. Hingga kemudian, seorang pria yang memang punya garis keturunan sah dari raja Pendragon bernama Arthur berhasil menarik pedang pusaka tersebut dari tempatnya. Ia pun dinobatkan menjadi raja.

Sobat viralsbook, di akhir riwayat raja Arthur. untuk terakhir kalinya ia turun bertempur dalam sebuah peperangan bernama pertempuran Camlann. Dari berbagai sumber yang memuat kisahnya, dikisahkan bahwa di peristiwa inilah sang raja menghembuskan nafas terakhirnya.

Mereka yang percaya dengan legenda heroik nan magis ini percaya bahwa ia belum tewas. Mereka percaya bahwa sang raja saat ini sedang tertidur panjang di bukit keramat dan menunggu dibangunkan suatu saat untuk membela kembali tanah Britania, ketika bangsa ini sedang sangat membutuhkan keberadaannya.

Sebagian percaya bahwa legenda ini fakta adanya. Sedangkan, mereka yang skeptis meyakini bahwa legenda tersebut tak lebih dari sekadar bualan tanpa bukti mendasar. Mungkin ia menjadi legendaris dari pejuang sejati yang memimpin pasukan Inggris selama abad kelima atau keenam. Tapi hingga saat ini belum ada yang dapat memberikan informasi apakah cerita tentang Raja Arthur itu hanya mitos atau dia memang benar pernah ada di kehidupan ini.

2. Pythagoras

Sobat viralsbook, Ketika duduk di bangku sekolah, kita sering menggunakan rumus Phytagoras untuk menyelesaikan soal segitiga siku-siku. Ya, tentu sebagian dari kita masih ingat betapa pelajaran ini menjadi penting dalam kurikulum matematika karena rumus ini mewakili keanggunan matematis.

Nyatanya, dibalik penciptaan teorema Pythagoras terdapat hal kontroversional tentang Pythagoras sang pencipta teori ini. Ia diragukan kebenarannya sebagai penemu dari sebagian teori matematikanya. Mengapa bisa begitu?

Pythagoras of Samos hidup sekitar tahun 570 - 495 SM, ia dikenang karena kontribusinya akibat dalam toeri matematika berupa segitiga siku-siku. Sayangnya, Pythagoras sebenarnya tidak meninggalkan bukti tulisan dari teori-teori matematikanya. Segala hal tentang penemuannya yang kita ketahui sekarang ini berdasarkan karya milik Philolaus.

Logisnya, jika ada yang mengatakan bahwa Pythagoras memang ada, dia tidak akan meninggalkan catatan apapun yang ia tulis sendiri untuk dilihat oleh para pengikutnya. Lalu? Siapa sebenarnya Pythagoras? Apakah ia memang pernah ada di kehidupan ini?

3. Robin Hood

Sosok Robin Hood dikenal karena ia kerap mencuri dari orang kaya dan memberikan hasil curiannya pada orang miskin. Menurut legenda, Robin Hood hidup pada abad 13-14 masehi. Itu merupakan masa di mana Inggris masih dipimpin oleh Raja Richard dan pemimpin sementara yakni, Raja John.

Ia tinggal di hutan Sherwood, salah satu hutan yang paling luas di Britania Raya. Di sana ia hidup bersama sekelompok penjahat yang bersembunyi dari kejaran otoritas kerajaan. Mereka dijuluki “Merry Men”.

Konon, anggota Merry Men hampir mencapai 100 orang. Mereka sering menyerang kaum elite dan merampok pelancong kaya. Setiap kali beraksi, hasil rampasan akan dibagikan pada orang miskin. Karena alasan itulah rakyat jelata memandang Robin Hood sebagai pahlawan.

Setelah Robin Hood tiada, Kisahnya diabadikan melalui cerita rakyat. Masyarakat Inggris kerap membicarakan perbuatannya. Ada yang memuji, ada pula yang menentangnya. Kehidupan penjahat berpikiran adil seperti Robin Hood mungkin dianggap sebagai pahlawan yang fiktif.

Ahli sejarah abad pertengahan menemukan catatan bernama "Robehod" dan Rabunhod, tapi mereka tidak yakin tentang siapa dan bagaimana kepribadian Robehod. Yang mereka ketahui adalah bahwa Robehod adalah sosok penjahat yang melawan sistem pemerintahan yang sah saat itu.

4. Mulan

Kisah Mulan berasal dari Tiongkok kuno yang disebut Ballad of Mulan, yang berlatarkan Dinasti Wei Utara, antara 386 hingga 534 M. Pada zaman Wei Utara, orang Hun atau orang Xiongnu sering menginvasi bagian utara China Han.

Berdasarkan dokumen sejarah China, perang nyata terjadi antara negara bagian Wei Utara dan negara bagian Mongol bernama Rouran. Dalam legenda ini Mulan dikisahkan merupakan wanita muda sang pejuang yang inspiratif, unggul dalam seni bela diri dan cara bertarung dalam perang.

Ada berbagai versi orang yang menceritakan tentang perjuangan anak perempuan yang menggantikan ayahnya untuk bertempur selain Mulan. Tetapi sebagian besar ahli sejarah setuju tidak ada bukti adanya wanita dalam sejarah Cina yang sesuai dengan karakter Mulan.

Hingga hari ini belum ada jawaban jelas tentang apakah Mulan adalah orang yang nyata atau tidak, walaupun ada sebagian yang percaya bahwa Mulan memang benar ada. Di sebuah situs disebutkan ada tugu peringatan yang didedikasikan untuk Mulan di Hubei. Hubei diklaim sebagai kampung halaman asli sang pejuang.

Sejarawan Zhu Guozhen mengklaim Mulan lahir di Bozhou. Akademisi lain mengatakan Mulan berasal dari daerah termasuk Shanxi, Henan, dan Hebei. Sementara Konsensus umum tampaknya menganggap Mulan hanyalah sekedar tokoh fiktif belaka.

Namun, terlepas dari apakah Mulan adalah orang yang nyata atau tidak, apakah Mulan adalah orang yang pernah ada di kehidupan sesungguhnya, tapi kisahnya telah menginspirasi banyak orang selama ratusan tahun. Ia tetap menjadi sosok yang inspiratif bagi anak-anak dan orang dewasa. Sebuah warisan yang berlanjut hingga hari ini. (vb)


Disadur dari berbagai sumber:
boombastis.com / kumparan.com / ilmupedia.co.id / Republika online
Baca Juga