Kamis, 15 Desember 2022

Kasus Halusinasi Paling Aneh dan Misterius yang Benar-Benar Pernah Terjadi

Halusinasi ibarat mesin pembunuh yang tersembunyi. Dalam kondisi seseorang mengalami gangguan stadium berat dimana halusinasi seringkali menetap dan tidak tertangani secara tepat, akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.


VIRALSBOOK.COM - Halusinasi adalah jenis gangguan yang terjadi pada seseorang akibat kondisi persepsi sensori yang salah, dimana gejala yang dirasakan melalui salah satu atau kelima pancainderanya tampak nyata yang pada kenyataannya tidak ada di hadapannya.

Nah Sahabat viralsbook, karena melibatkan pancaindera maka mereka yang berada dalam kondisi sehat pun bisa tiba-tiba terkena halusinasi. Efek yang dirasakan beragam pada orang-orang yang mengalaminya sesuai dengan kondisi penyebab halusinasi. Penderita gangguan halusinasi berkeyakinan kuat bahwa apa yang mereka rasakan benar-benar nyata, sehingga tak jarang menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Jika persepsi sensori yang salah ini dibiarkan dan tidak ditangani secara tepat, dapat menimbulkan sejumlah komplikasi. Bahkan penderitanya cenderung membahayakan diri sendiri dan orang disekitarnya. Sahabat viralsbook, Berikut adalah 5 kasus halusinasi paling aneh dan misterius yang benar-benar pernah terjadi dan menimpa penderitanya.

1. Halusinasi Melihat Naga

Halusinasi pada kasus berikut mungkin terdengar sangat aneh, tapi situasi yang langka ini benar-benar terjadi. Pada tahun 2011, seorang wanita berusia 52 tahun yang tidak disebutkan namanya memeriksakan diri ke sebuah klinik psikiatri di Belanda. Ia mengaku sering berhalusinasi melihat sosok naga dan hal ini sangat mengusik kesehariannya saat berinteraksi dengan semua orang.

Dalam jurnal studi yang dipublikasikan The Lancet tahun 2014, tim peneliti menuliskan bahwa pada bulan Juli 2011, mereka didatangi seorang pasien wanita berusia 52 tahun yang mengaku melihat wajah manusia dapat berubah menjadi wajah seekor naga. Kepada tim ia mengaku, setelah melihat wajah manusia dalam beberapa menit kemudian, wajah yang ia lihat berubah menjadi hitam, menjadi panjang, memiliki telinga lancip, kemudian tumbuh moncong, kulit berubah seperti reptil, dan matanya menjadi besar dengan kombinasi warna kuning, biru, hijau, atau merah.

Tak hanya itu Sahabat viralsbook, si pasien juga mengeluh sering berhalusinasi melihat wajah naga tersebut di manapun ia berada, di dinding rumah, monitor komputer dan bahkan di kegelapan malam ia melihat wajah naga lebih dari satu. Dan yang lebih menyedihkan lagi, halusinasi yang sangat aneh ini telah ia rasakan seumur hidupnya.

Belakangan diketahui, kalau Wanita berusia 52 tahun itu mengalami kelainan mental yang disebut prosopometamophopsia. Karena kelainan ini, wajah yang ia lihat menjadi terganggu dan nampak berubah hingga tidak lagi terlihat seperti wajah orang normal. Para peneliti melakukan berbagai pemeriksaan otak dengan menggunakan MRI, EEG, dan pemeriksaan saraf, serta tes darah untuk mengetahui secara detail apa yang menyebabkan kelainan ini. Namun hasilnya normal.


Dokter akhirnya menggunakan obat anti-demensia bernama rivastigmine untuk menghilangkan efek halusinasi sosok naga yang dilihat wanita itu melalui beberapa tahapan dan metode dasar pemecahan masalah. Berkat bantuan tim peneliti, pasien Wanita belanda tersebut kini telah memiliki pekerjaan tetap selama tiga tahun belakangan dan kondisinya terus membaik dari waktu ke waktu serta bisa bergaul secara normal.

2. Halusinasi Bisikan Gaib

Tragedi berdarah secara massal atau kejadian pembunuhan anggota keluarga atau orang-orang tersayang yang dilatari halusinasi bisikan gaib sering kali terjadi, bahkan setiap tahunnya ada kasus kejahatan yang terjadi akibat halusinasi bisikan gaib ini. Pada tahun 2017, dunia digemparkan dengan indisen penembakan di bandara Fort Lauderdale-Hollywood, di Broward County, negara bagian Florida, AS.

Hari itu, tanggal 6 Januari 2017 siang waktu setempat, seorang pemuda Bernama Esteban Santiago (26) warga negara AS yang lahir di New Jersey, dan pernah bertugas militer di Irak, diperkirakan terbang dari Anchorage di Alaska melalui Minneapolis, lalu dari Anchorage dia menggunakan penerbangan Delta menuju Fort Lauderdale. Sekadar informasi, bandara Fort Lauderdale-Hollywood adalah salah satu bandara paling sibuk yang sering dilewati turis untuk berwisata ke Karibia, karena berada di dekat pantai dan terminal kapal pesiar di Port Everglades.

Mengutip independent.co.uk, selama penerbangan menuju ke Fort Lauderdale, Esteban Santiago terlibat sebuah insiden, tetapi insiden ini tidak serius dan teratasi sebelum pesawat mendarat. Tiba di Fort Lauderdale, entah apa yang melatarinya, Santiago langsung menuju kamar mandi untuk mengisi senjata yang tersimpan dalam tasnya. Tak lama berselang, ia lalu melakukan penembakan secara acak di terminal bagasi di bandara tersebut. Dalam peristiwa berdarah ini, 5 orang tewas dan sekitar 8 orang dikabarkan mengalami luka serius.

Saat diinterogasi FBI, Esteban Santiago mengaku bahwa beberapa bulan sebelum kejadian, ia selalu mendengar suara-suara di kepalanya. Bisikan gaib ini mengatakan bahwa pemerintah telah mengontrol pikirannya untuk memaksa Esteban Santiago menonton video-video ISIS dan menyuruhnya melakukan penembakan dan pembunuhan. Kakak Santiago, Bryan Santiago, membenarkan halusinasi yang terjadi pada adiknya dan mengakui bahwa Esteban Santiago sedang menjalani perawatan psikologis di Alaska.

Sahabat viralsbook, Halusinasi yang berefek brutal akibat bisikan gaib ini pun berkali-kali terjadi di Indonesia. Paling menghebohkan adalah kasus pembunuhan Ibu Kandung dan istri pada tanggal 2 September 2017 sekitar pukul 23.30 WIB di Cirebon, Jawa Barat. Entah setan apa yang merasuki pikiran Agus Supriyatna (38), warga Blok Sijaba Kelurahan Pasalakan ini, dengan teganya membunuh ibu kandungnya, Sumarni (64) dan istrinya, Rawiyah (33). Tak hanya itu, ia juga tega melukai kedua anaknya dan kerabatnya yang lain. Sang pelaku, Agus Supriyatna, rupanya mengaku mendapat bisikan halus untuk menumpahkan darah keluarganya sendiri.

Kejadian akibat bisikan gaib lainnya juga terjadi di Klinik Az Zahra, Cawang, Jakarta Timur, pada pada Jumat 10 November 2017. Seorang dokter Bernama dr Ryan Helmi memberondong istrinya, dr Letty Sultri dengan peluru dari senjata api miliknya hingga tewas, dan mengakui perbuatannya karena dilatari adanya bisikan gaib.

Sahabat viralsbook, bisikan gaib juga menjadi penyebab kejadian yang sangat tragis pada 26 Februari 2017 di Melawi, Kalimantan Barat. Seorang polisi anggota Sat Intelkam Polres Melawi, Petrus Bakus tega membunuh dan memutilasi dua buah hatinya sendiri yang masih berusia 5 dan 3 tahun sekitar pukul 00.15 WIB di kompleks asrama Polres Melawi, Desa Faal, kecamatan Nanga Pinoh. Menurut pengakuannya, Ia melakukan mutilasi karena adanya bisikan gaib dan menganggap apa yang dilakukannya adalah perintah dari Tuhan.

Seorang psikiater forensic, Mark Rubinstein, yang sering menjadi saksi ahli untuk berbagai sidang pembunuhan mengatakan, orang-orang yang mendengar bisikan gaib atau suara-suara di kepalanya biasanya memiliki gangguan kejiawaan serius : Paranoid Skizofrenia.

3. Halusinasi Aneh Menular Lewat Sentuhan

Kejadian halusinasi yang satu ini benar-benar penuh misteri. Sekitar tahun 2016, seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat, mengalami halusinasi yang cukup aneh. Ia merasa panik saat melihat ada orang asing yang mempreteli bagian atap mobilnya. Wanita berusia 52 tahun tersebut spontan langsung menelepon polisi setempat. Saat polisi mengecek TKP, mereka tidak menemukan bekas kejahatan berupa kerusakan di mobil Wanita ini. Polisi pun berkesimpulan kalau sang wanita hanya sedang berkhayal.

Tidak lama sesudah itu, wanita tadi kembali menghubungi Kantor Polisi. Kali ini ia mengaku melihat mobilnya sedang digergaji oleh seseorang yang tidak dikenalnya. Polisi dengan sigap kembali mendatangi tempat kejadian perkara. Lagi-lagi hasilnya nihil dan polisi menganggap mereka telah dipermainkan oleh Wanita tersebut. Atas dasar ini, polisi beranggapan kalau wanita yang menghubungi mereka memiliki masalah kejiwaan dan segera menggiring sang wanita ke rumah sakit.

Sahabat viralsbook, saat diperiksa di rumah sakit, hasil diagnosa menunjukkan bahwa wanita tersebut baik-baik saja dan dalam kondisi normal serta diperbolehkan pulang. Namun sahabat viralsbook, setelah kejadian itu, muncul keanehan baru.

4 orang yang pernah bersentuhan dengan wanita ini, malah jadi ikut menderita halusinasi. Empat orang ini terdiri dari 1 orang pasien rumah sakit, 1 orang petugas medis yang memeriksa wanita tadi, serta 2 orang polisi yang membawa wanita ini ke rumah sakit.

Baca Juga

Kematian 5 Tokoh Dunia Yang Misterius dan Masih Menyisakan Banyak Pertanyaan

    Dari semua kisah kematian tokoh terkenal, ada beberapa yang masih menyisakan misteri hingga kini, bahkan ada yang menyebutkan bahwa tokoh yang seharusnya sudah meninggal itu ternyata masih...
Selengkapnya
Tes darah pun dilakukan pada penderita halusinasi tadi, namun hasilnya nihil dan kondisi 4 pasien ini normal. Hingga sekarang, halusinasi massal yang menimpa mereka masih misteri dan belum dapat dipastikan apa penyebabnya, termasuk dengan halusinasinya yang bisa menular lewat sentuhan. Benar-benar aneh tapi nyata ya Sahabat viralsbook, meskipun tidak ada bukti bahwa kondisi halunisasi itu benar adanya.

4. Halusinasi Berubah Wujud dan Membelah Diri

Charles Bonnet Syndrom (CBS) bukanlah halusinasi pada umumnya yang disebabkan faktor mental, seperti menunjukkan penyakit jiwa atau gangguan psikologis. Penderita CBS akan melihat benda-benda di sekitarnya nampak berubah wujud dan bertambah. Jika dibandingkan dengan kasus halusinasi biasa, dampak yang ditimbulkan CBS pada penderitanya cukup serius walaupun tidak mengancam jiwanya.

Sahabat viralsbook, saat penderita CBS sedang berada di tempat sepi, ia justru merasa kalau di depannya lagi ramai. Jika penderita CBS sedang berada di tempat yang ramai, maka suasana di depannya akan nampak jauh lebih ramai.


Jumlah penderita Charles Bonnet Syndrom di seluruh dunia saat ini belum diketahui secara pasti. Pasalnya penderita sering menyembunyikan masalah CBS yang dideritanya, karena takut dianggap gila jika mereka menceritakan masalah yang mereka alami. CBS mirip dengan penyakit syaraf dementia, bahkan kedua kelainan ini disamakan karena ada unsur kesamaan pada penderitanya yang mengalami halusinasi. Hanya saja, penderita syaraf dementia berhalusinasi seperti mendengar suara-suara misterius.

Charles Bonnet Syndrom diduga disebabkan oleh kompleksitas visual yang halus tanpa delusi yang menimpa organ penglihatan. Akibat gangguan tersebut, benda yang dilihat oleh mata nampak berubah wujud dan membelah. Biasanya terlihat pada orang dewasa yang memiliki gangguan penglihatan parah.

5. Halusinasi Tertindih Sosok Menyeramkan

Sahabat viralsbook, Ini adalah kasus halusinasi yang cukup terkenal karena cukup sering terjadi dan menimpa setiap orang saat tidur. Mungkin Anda adalah salah satunya yang pernah mengalami halusinasi tertindih sosok misterius yang menyeramkan. Di Indonesia sendiri, kasus halusinasi ini sering disebut dengan istilah “Ketindihan Hantu”. Berbeda halnya di luar negeri, kasus ini dikenal dengan Sleep Paralysis atau kelumpuhan disaat tidur.


Saat mengalami ketindihan, seseorang yang sedang tertidur akan merasakan kalau tubuhnya mendadak tidak bisa digerakkan. Penderita ketindihan juga kerap berhalusinasi melihat sosok bayangan misterius bahkan menyeramkan di atas tubuhnya. Lebih seramnya lagi, orang yang mengalami ketindihan ini, seakan mulutnya terbungkam untuk meminta tolong.

Ketindihan berbeda dengan mimpi, karena kasus ketindihan terjadi disaat yang mengalaminya berada dalam kondisi masih setengah sadar. Biasanya ketindihan berlangsung selama beberapa menit, yang kemudian akan kembali normal dan bisa menggerakkan kembali anggota badannya. Namun serangan ketindihan yang terjadi secara tiba-tiba ini, kerap menimbulkan kepanikan tersendiri bagi yang mengalaminya.

Karena kemunculannya yang tiba-tiba dan sering diikuti dengan halusinasi penampakan sosok misterius yang menyeramkan diatas tubuh yang mengalaminya, maka halusinasi ini sering dikait-kaitkan dengan serangan makhluk kasat mata.

Mengutip Reader's Digest, seorang anggota dari American Academy of Sleep Medicine, Raj Dasgupta, MD, menyatakan bahwa penyebab terjadinya sleep paralysis ini ada banyak penyebabnya, seperti stres, sering cemas, pengidap narkolepsi, dalam kondisi amat lelah dan tidur di tempat baru. Halusinasi ketindihan kerap terjadi saat tubuh berada dalam tahap REM (rapid eye movement) ketika tidur. Semakin lama berada dalam tahap tersebut semakin besar kemungkinan akan mengalami halusinasi ketindihan. (www.viralsbook.com)

Disadur dari berbagai sumber resmi :
liputan6.com “Memahami Bisikan Gaib di Balik Pembunuhan Orang-Orang Tersayang” - post 12 November 2017 / batam.tribunnews.com - Terungkap Pelaku Penembakan di Bandara Florida. Esteban Mantan Tentara, Ini Alasannya Menembak! – post 7 Januari 2017 / news.okezone.com “Kisah Berdarah di Cirebon, Agus Supriyatna Bunuh Ibu dan Istrinya” – post 4 September 2017 / psychologytoday-com “The Bizarre Outbreak of Hallucinations in Oregon” – post 19 Oktober 2016 / sciencealert.com “The Woman Who Looked at Faces And Saw Dragons” – post 25 Februari 2018 / listverse.com “Top 10 Frightening Facts About Hallucinations” – post 17 Januari 2020
Baca Juga