Sabtu, 12 Juni 2021

Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Para Pemimpin Dunia

Kejadian memalukan di depan umum pasti pernah dialami setiap orang dalam hidupnya. Tak terkecuali seorang pemimpin negara seperti presiden atau perdana menteri


VIRALSBOOK.COM – Diakui atau tidak, setiap orang pasti pernah mengalami kejadian yang memalukan. Insiden yang susah untuk dilupakan seumur hidup ini, biasanya terjadi karena diri sendiri yang kurang hati-hati atau diakibatkan situasi dan kondisi disekitar kita sehingga hal yang tak terduga terjadi. Kalau sudah begitu, siap-siap saja untuk menahan malu.

Apa jadinya jika kejadian memalukan ini menimpa para pemimpin dunia? Presiden dan Perdana Menteri juga manusia. Mereka pasti pernah mengalami hal-hal yang memalukan. Sebagai public figure, Sangat sulit bagi seorang Presiden atau Perdana Menteri untuk merahasiakan aktivitas mereka dan jauh dari mata-mata paparazzi.

Tidak peduli seberapa keras pengawal mereka mencoba membendung, kamera netizen cenderung menemukan aib itu dengan berbagai cara. Sehingga sebagian besar foto menangkap sejumlah momen memalukan dari para pemimpin dunia.

Kejadian-kejadian lucu apa saja yang pernah menimpa orang nomor satu di pemerintahan berbagai negara di dunia ini? Berikut sejumlah insiden yang mencoreng wajah pemimpin negara yang viralsbook rangkum dari berbagai sumber.

1. PM Pakistan Garuk Selangkangan

Semua pasti setuju jika manusia di dunia ini dalam hidupnya pernah menggaruk selangkangan atau alat vital lantaran gatal. Tapi kita juga setuju jika menggaruk area pribadi adalah hal yang cukup memalukan untuk dilakukan di depan umum, apalagi dilakukan seorang pemimpin negara.

Inilah yang dialami mantan Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif di tahun 2015. Dalam suatu kesempatan, media berhasil mengabadikan dalam video momen memalukan yang dilakukan Nawaz Sharif. Dalam video terlihat Sharif sangat frontal menggaruk-garuk kelaminnya berulang kali. Secara naluriah, mungkin Perdana Menteri Pakistan ini sudah tidak tahan dengan rasa gatal yang melanda area selangkangannya.

2. PM Italia Asyik Telepon Saat disambut Pejabat Lain

Awal April 2009, berbagai media internasional ramai membahas KTT NATO di Strasbourg dan Kehl, Prancis. Namun, dari semua berita terkait dengan hasil KTT, ada satu momen yang paling lucu dan membekas di ingatan para pejabat NATO. Kejadian lucu KTT Strasbourg–Kehl 2009 bersumber dari tingkah konyol PM Italia, Silvio Berlusconi. Sesuai protokoler kegiatan, sesaat setelah turun dari mobil kepresidenan, 'seharusnya' langsung menjabat tangan Kanselir Jerman, Angela Merkel.


Namun faktanya, Berlusconi malah menerima telepon dan beralih menjauh ke tepian sungai. Bahkan Berlusconi berbicara di telepon cukup lama, padahal Merkel sedari tadi sudah menunggu di karpet merah. Melihat tingkah Berlusconi, Kanselir Jerman ini terlihat kebingungan dan mati kutu.

3. Wartawan Irak Lempar Sepatu ke Presiden Bush

Presiden Amerika George W Bush melakukan kunjungan mendadak ke Irak pada Desember 2008, dan kegiatan kenegaraan ini dibayangi sebuah insiden memalukan ketika Bush dilempar dua sepatu dalam acara jumpa pers.

Melansir BBC Desember 2012, seorang wartawan Irak diamankan oleh para pengawal setelah dia memanggil Bush "seekor anjing" dan melempar sepatunya, beruntungnya sepatu sial ini tidak mengenai Bush. Dalam budaya Arab, sol sepatu dianggap sebagai hinaan terburuk dan menyebut insiden itu sebagai insiden simbolik.

4. Presiden Iran Dilempar Sepatu di Kairo

Dalam kunjungan ke Ibu Kota Kairo, Mesir, mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hampir dilempar dengan sepatu oleh seorang warga yang diduga berasal dari Suriah. Situs Huffington Post melaporkan, pemuda itu menyerang Ahmadinejad di depan masjid Al-Hussein di Kairo pada Rabu, 6 Februari 2012.

Aksi ini terekam oleh kantor berita Anadolu Turki. Insiden pelemparan sepatu itu untungnya tidak mengenai Ahmadinejad, tapi justru mengenai seorang pengawalnya. Pelaku terindikasi berdialek Suriah dan meneriakkan slogan anti Iran dan mendukung pemerintah Suriah. Untungnya pihak keamanan setempat cepat tanggap dan langsung meringkusnya.

5. PM Yunani Mengumpat di Televisi

Kejadian yang tak terduga dan tak mengenakkan menimpa Perdana Menteri Yunani, Antonis Samaras ketika sedang tampil di televisi. Ia terekam kamera sedang mengumpat ketika hendak mengumumkan keringanan pajak di Yunani, seperti dilansir AFP, Kamis, 18 Juni 2013.

Umpatan ini dilontarkan PM Samaras karena dirinya frustrasi ketika berlatih membaca pengumuman keringanan pajak tersebut. Pengumuman ini telah dinanti-nantikan oleh banyak pihak, terutama pelaku bisnis di Yunani.

6. Presiden Ceko Ngutil Pena

Presiden Ceko Vaclav Klaus menjadi perbincangan dunia setelah upayanya mengutil pena mahal terekam jelas di samping Presiden Chile Sebastian Pinera. Rekaman video insiden yang diposting di Youtube ini mengabadikan momen saat Klaus melakukan kunjungan kenegaraan ke Chile.

Setelah penandatanganan perjanjian kerja sama antar kedua negara ini, Presiden Chile Sebastian Pinera berpidato. Di saat itulah momen Klaus terekam mengutil pulpen keren yang baru saja digunakannya, lalu pelan-pelan memasukkan ke kantongnya. Sesekali Ia tersenyum sebagai reaksi atas pidato Pereira, lalu dia mengancingkan jasnya seolah tidak terjadi apa-apa. Sungguh pemandangan yang memalukan.

7. PM Serbia Dikerjai Presenter Seks1

Perdana Menteri Serbia, Ivica Dacic yang juga ketua Partai Sosialis ini tengah melakukan wawancara dan diskusi politik di acara televisi Kroasia. Ia diwawancarai seorang presenter seks1, yang membuat Dacic sering tampak salah tingkah walaupun acara wawancara yang ditayangkan secara live berjalan normal dan wajar.

Saat berlangsungnya wawancara, tiba-tiba si presenter yang mengenakan baju ketat mini dengan belahan dada rendah mengubah posisi duduknya. Dan kenyatannya, Dacic bisa melihat dengan jelas pemandangan syur di depan matanya karena si presenter ternyata tidak mengenakan celana dalam. Walhasil, kamera televisi menangkap dengan jelas ekspresi Dacic. Insiden konyol ini diberitakan Daily Mail pada 1 Februari 2013.

8. PM Australia Jatuh Tersungkur ke Tanah

Mantan Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengalami insiden tak mengenakkan saat melakukan kunjungan ke India. Insiden ini diakibatkan oleh sepatu berhak tinggi yang dikenakannya. Sebelumnya Gillard pernah mengalami momen kehilangan sebelah sepatunya, kini gara-gara sepatunya yang menancap di rumput, ia jatuh tersungkur di hadapan wartawan.

Baca Juga

Mengenaskan! 10 Hewan Peliharaan Ini Tega Membunuh Majikannya Tanpa Ampun

    Manusia dan hewan adalah makhluk yang tercipta untuk saling melengkapi dan membutuhkan. Tak heran, tidak sedikit manusia yang mencintai hewan untuk dipelihara dan dirawat dari kecil...
Selengkapnya
Insiden ini menjadi headlines sejumlah surat kabar lokal di India dan media Australia. Kejadian yang cukup memalukan ini terjadi usai Gillard memasangkan karangan bunga di monumen peringatan Gandhi di New Delhi pada tanggal 17 Oktober 2013.

9. PM Inggris Parkir Sembarangan

Perdana Menteri Inggris David Cameron tidak memberi contoh yang baik dalam hal berlalu lintas. Dia pernah kepergok sedang parkir sembarangan. Pelanggaran yang dilakukan Cameron adalah memarkir Jaguar miliknya selama 3 jam 30 menit di pinggir jalan yang seharusnya hanya diperbolehkan memarkir kendaraan selama 30 menit saja.

Mirisnya, bila pengendara biasa yang melanggar jam parkir biasanya dikena denda 100 pounds atau Rp1,49 jutaan. Lucunya, Cameron memarkir mobil untuk bertemu dengan wakil pemimpin Oxfordshire County Council Rodney Rose guna membahas masalah transportasi. Kejadian memalukan ini begitu cepat menyebar luas di media-media Inggris.

10. Tukang Kebun Melintas di Depan Acara Resmi SBY


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pembukaan acara ASEAN Fair 2011 di Nusa Dua, Bali, yang kegiatannya dilaksanakan selama satu bulan sejak 24 Oktober hingga 23 November 2011. Kegiatan pembukaan ini diwarnai insiden Seorang tukang kebun menggunakan sepeda ontel melintas di depan podium yang diduduki presiden karena jebolnya pengawasan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Kepada petugas dengan polosnya sang tukang kebun mengaku tidak tahu kalau Presiden SBY turut hadir dalam acara itu. Sang tukang kebun ini pun langsung diamankan Paspampres untuk dimintai keterangan.

***

Diantara 10 kejadian lucu yang mencoreng muka para pemimpin dunia ini, Insiden manakah yang Sobat Viralsbook anggap paling memalukan? (www.viralsbook.com)


Disadur dari listverse.com / international.sindonews.com
Baca Juga