Sabtu, 09 Desember 2017

Rumahnya Tak Berlistrik, Gadis Ini Memanfaatkan Stasiun Kereta Setiap Malam Untuk Belajar

Semangat belajarnya luar biasa, meskipun tinggal di lingkungan yang miskin dan tidak ada listrik di rumah, dia memanfaatkan lampu neon di stasiun kereta untuk belajar




VIRALSBOOK.COM - Pentingnya pendidikan tidak bisa dipungkiri oleh setiap orang. Tak perlu dikatakan lagi bahwa pendidikan memiliki efek positif pada kehidupan manusia, semua orang perlu untuk belajar. Sayangnya, terkadang pendidikan tak mudah untuk mendapatkannya.

Pendidikan di rumah terkadang tidak maksimal padahal orang tua lah guru anak yang sesungguhnya. Namun sebagian orang tua masih belum mampu memberikan dukungan, baik moril berupa support dan nasehat maupun materil dalam bentuk fasilitas bagi anak-anak mereka untuk belajar.

Divya, belajar di stasiun kereta saat malam hari (foto/viral4real)


Di banyak negara di dunia, kemiskinan telah menjadi penghalang bagi anak untuk mendapatkan pendidikan, meskipun ada sekolah yang menawarkan pendidikan gratis.

Bahkan, anak-anak yang tinggal di wilayah yang sangat miskin tidak bisa belajar dengan nyaman di rumah saat malam hari akibat ketiadaan listrik. Fenomena ini yang menyebabkan tingginya angka anak putus sekolah di wilayah-wilayah tertinggal.

Tapi lain halnya dengan gadis yang satu ini, semangat belajarnya begitu tinggi. Rumahnya belum memiliki listrik, dan satu-satunya tempat yang bisa dia gunakan dengan bebas untuk belajar malam hari mengerjakan tugas sekolah adalah di stasiun kereta api di Uttar Pradesh, India.

Gadis ini bernama Divya. Setiap malam Divya akan pergi ke stasiun kereta untuk belajar mengulang pelajaran yang dia dapatkan dari sekolah.

Stasiun kereta api tempat Divya biasa belajar (foto/viral4real)


Melansir viral4real, Divya akan berjalan ke stasiun di naungan Uttar Pradesh tanpa alas kaki, membawa tas berisi buku catatan dan pelajaran. Dia kemudian akan duduk dan berkonsentrasi pada pekerjaannya, tidak peduli dengan orang-orang disekitarnya yang memperhatikannya dengan keheranan.

Seorang pria bernama Rajesh Kumar Singh memperhatikan kebiasaan Diyva setiap malam dan memutuskan untuk mengabadikan momen ini. Ia kagum dengan keseriusan anak ini saat belajar, walaupun ditempat umum. Divya tetap konsentrasi pada belajarnya dan terus mengerjakan pekerjaan rumahnya, tidak merasa terganggu dengan keramaian stasiun.

Saat ditanya Rajesh, dengan lugunya dia berkata bahwa rumahnya tidak memiliki listrik. Rupanya, Divya tinggal di lingkungan yang miskin dan tidak ada listrik di rumah mereka sehingga dia memanfaatkan lampu neon di stasiun kereta untuk belajar. Ia juga bercerita tentang kondisi rumahnya kepada Rajesh.

wilayah Uttar Pradesh tanpa listrik (foto/viral4real)


Stasiun ini terletak di wilayah Uttar Pradesh, kota dengan jumlah penduduk terbanyak dan salah satu wilayah termiskin di India dimana seperlima dari penduduknya berasal dari kelas bawah dan memegang posisi terendah dalam sistem kasta India.

Saat Rajesh membagikan foto dan ceritanya di media sosial, banyak netizen memuji gadis muda tersebut, dan berharap semoga ia dapat segera mendapat bantuan. (vb_01)

comments