Kamis, 04 Januari 2018

Aksi Heroik Penyelamatan Nyawa Seekor Anjing, Dari Nyebur ke Parit Hingga Nafas Buatan

Kisah-kisah penyelamatan Anjing berikut ini terlihat biasa saja. Namun, makna dan pesan yang tersirat didalamnya cukup dalam.



VIRALSBOOK.COM
- Ingatkah Sahabat viralsbook dengan teori Charles Darwin yang menyatakan bahwa, kera adalah evolusi perubahan dari manusia? Memang teori ini belum dapat dibenarkan sepenuhnya, tetapi dari teori tersebut dapat dibuktikan bahwa hewan dan manusia memang saling membutuhkan satu sama lain.

Dalam bukunya yang bertajuk A modern Morality (2001), Richard Rayder, menuliskan bahwa rasa sakit adalah salah satu indikator mengukur moralitas di era sekarang. Jika manusia enggan dilukai dan merasa sakit karenanya, maka hewan juga demikian, sebab keduanya adalah mahluk hidup yang dapat merasakan sakit.

Dari kutipan di atas kita bisa menyadari bahwa bukan hanya manusia saja yang memiliki Hak Asasi Manusia, sebagai mahluk hidup, hewan juga memiliki hak asasi yang setara dengan manusia. Hak hidup dan hak mendapatkan pertolongan.

3 Kisah heroik berikut menunjukkan kepada kita bahwa masih ada segelintir manusia yang peduli dengan sesama makhluk hidup, walaupun terhadap anjing sekalipun. Yuk, dibaca!

Selamatkan Anjing dengan Napas Buatan

Kisah heroik yang pertama yakni tentang petugas pemadam kebakaran yang selamatkan nyawa seekor anjing. Dialah Andrew Klein, seorang petugas pemadam kebakaran di Santa Monica, California, Amerika Serikat, berhasil menyelamatkan nyawa seekor anjing. Aksi heroik itu ia lakukan dengan memberikan penanganan menggunakan metode CPR (Cardiopulmonary resusciation), sekitar Maret 2017.

Baca Juga : Kisah 5 Manusia Berhati Mulia Yang Rela Berkorban Nyawa Demi Orang Lain

Aksi heroik sang pemadam kebakaran diketahui dari sebuah video yang diunggah oleh Billy Fernando yang merupakan seorang fotografer di California. Dalam video tersebut, seekor anjing keturunan Bichon Frise Shih Tzu bernama Nalu tak sadarkan diri setelah terperangkap di dalam ruangan apartemen yang terbakar.

Terlihat dalam video, Klein berusaha menyelamatkan nyawa seekor anjing berusia 10 tahun dengan memasangkan alat CPR, memberikan napas buatan, dan sesekali memompa dada Nalu. Crystal Lamirande, yang merupakan majikan Nalu terlihat khawatir dan menangis melihat keadaan anjing peliharaannya.

Namun, berkat bantuan dari Klein dan anggota pemadam lainnya, akhirnya Nalu dapat diselamatkan setelah 20 menit mengalami kekurangan oksigen.

Klein menemukan anjing malang itu dalam ruangan penuh gumpalan asap panas. Lalu anjing yang sudah lemas tak sadarkan diri ini dibawanya untuk diberikan nafas buatan dan kemudian dibawah ke rumah sakit umum hewan daerah untuk mendapatkan perawatan intensif dengan pemberian oksigen.

Klein sendiri merasa bahwa hal ini adalah sesuatu yang paling mengagumkan selama perjalanan kerjanya di Pemadam Kebakaran untuk menyelamatkan korban kebakaran, belum pernah ada cerita penyelamatan seperti Nalu.

Selamatkan Anjing yang Kesakitan di Jalan

Beberapa orang mungkin akan memilih meninggalkan hewan yang sedang sakit dan pura-pura tak mengerti apa yang sedang terjadi saat melihat seekor hewan sedang kesakitan dan terkulai lemah di tepi jalan karena kecelakaan. Apalagi hewan tersebut merupakan hewan yang cukup buas dan liar seperti halnya seekor anjing. Tapi tidak dengan bocah ini. Husein el Hasan dengan senang hati dan penuh ketulusan menyelamatkan hewan seekor anjing yang sedang kesakitan di jalan.

Husein telah menunjukkan kepada dunia bahwa setiap orang perlu berbuat baik kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Termasuk memberikan pertolongan pada seekor hewan yang sedang terluka di jalan. Dikutip dari laman boredpanda.com, Husein telah menolong seekor anjing yang baru saja mengalami kecelakaan di jalan dekat rumahnya di Kilis, Turkey, pada 28 Februari 2017.

Awalnya Husein mendengar suara kecelakaan. Saat melihatnya, ternyata ada anjing yang telah ditabrak oleh sebuah mobil dan hanya diletakkan di tepi jalan oleh pengemudi mobil. Husein pun mendatangi anjing tersebut. Anak yang belum genap 10 tahun itu lalu mengambilkan sebuah selimut untuk anjing dari rumahnya. Tak hanya itu saja, Husein yang ternyata seorang pengungsi dari Suriah ini dengan tulus menunggu anjing hingga bantuan yang lebih baik datang.

Beruntung, beberapa saat kemudian bantuan yang lebih baik datang. Beberapa orang dari lembaga perlindungan hewan memberikan pertolongan pada anjing dan membawanya ke klinik hewan terdekat. Sayang, anjing tersebut tak bisa diselamatkan. Anjing yang malang itu mati dalam perjalanan menuju klinik hewan.

Walau anjing yang diselamatkan oleh Husein mati, anak tersebut telah menjadi seorang anak yang patut diberikan apreasiasi. Anak tersebut telah menunjukkan bahwa saling membantu adalah hal yang penting dilakukan. Bahkan Ozdemir, wali kota Kilis, Turkey mengatakan, "Mungkin apa yang dilakukannya tidak begitu besar. Tapi, apa yang dilakukannya adalah wujud nyata dan terbaik dari kemanusiaan. Ia adalah anak yang sangat baik."

Dari laporan yang ada, Ozdemir sempat berkunjung ke rumah Husen dan orang tuanya beberapa waktu yang lalu. Sang wali kota ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga Husein. Ladies, apa yang dilakukan Husein benar-benar mulia ya. Semoga, masih ada banyak orang lain di dunia ini yang sebaik Husein dan senantiasa melakukan kebaikan terhadap sesama maupun siapa saja yang ada di sekitarnya.

Selamatkan Anjing Yang Tercebur Di Parit


Aksi heroik selanjutnya adalah Kisah seorang wanita berjilbab yang selamatkan seekor anjing di dalam parit sedalam 2 meter, walaupun wanita ini Trauma air dan tidak bisa berenang.

Kejadian ini viral setelah Akun facebook Pekanbaru Doglovers mengunggah sejumlah foto penyelamatan seekor anjing oleh seorang wanita berjilbab di tanggal 3 Januari 2018.


Diceritakan dalam keterangan postingan tersebut, bahwa aksi wanita yang diketahui bernama Muriati Lim ini berawal dari laporan warga di kawasan Medan, Sumatera Utara ke Kontak Pekanbaru Doglovers bahwa ada seekor anjing yang diperkirakan sudah dua hari terjebak di parit atau saluran air sedalam sekitar 2 meter.



Begitu dapat laporan, Muriati Lim langsung bergerak menuju lokasi. Tanpa peduli dengan kondisi parit yang bau dan kotor, ia langsung terjun ke dalam parit. Anjingnya terlihat sangat trauma, kaki anjing dalam keadaan bengkak dan terlihat gemetar. Sesampainya di lokasi wanita berjilbab hitam itu lantas turun ke bawah parit. Dia kemudian terlihat menggendong anjing berbulu coklat berpadu putih.

Anjing pun akhirnya selamat dan langsung mendapatkan perawatan. Aksi heroik Muriati Lim ini menuai banyak pujian dari wargenet.

***

Kisah orang-orang yang menolong binatang pernah dikisahkan dalam sejarah pada jaman Nabi besar Muhammad SAW, dosa-dosa mereka diampuni karena menolong meskipun pada binatang sekalipun.

Hal ini juga pernah dicontohkan oleh Wanita pezina dari kalangan Bani Israel yang melihat Anjing yang kehausan. Ia pun melepas sepatunya dan mengambil air untuk memberi minum pada anjing yang kehausan tersebut, maka Allah Subhanahu Wata’ala pun mengampuni dosanya atas tindakannya ini.

Abu Hurairah radhiallahu 'anhu meriwayatkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:


بَيْنَمَا كَلْبٌ يُطِيفُ بِرَكِيَّةٍ كَادَ يَقْتُلُهُ الْعَطَشُ إِذْ رَأَتْهُ بَغِيٌّ مِنْ بَغَايَا بَنِي إِسْرَائِيلَ فَنَزَعَتْ مُوقَهَا فَسَقَتْهُ فَغُفِرَ لَهَا بِهِ

Artinya:
"Tatkala ada seekor anjing yang hampir mati karena kehausan berputar-putar mengelilingi sebuah sumur yang berisi air, tiba-tiba anjing tersebut dilihat oleh seorang wanita pezina dari kaum bani Israil, maka wanita tersebut melepaskan khufnya (sepatunya untuk turun ke sumur dan mengisi air ke sepatu tersebut-pen) lalu memberi minum kepada si anjing tersebut. Maka Allah pun mengampuni wanita tersebut karena amalannya itu" (HR Al-Bukhari no 3467 dan Muslim no 2245)

Begitu pula sesuai kabar yang di sampaikan oleh Rasulullaah –shallallaahu ‘alayhi wa sallam- tentang Pahala yang akan diraih seseorang yang menolong ANJING yang sangat kehausan :

Berikut ini Haditsnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:


بَيْنَا رَجُلٌ يَمْشِي فَاشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطَشُ فَنَزَلَ بِئْرًا فَشَرِبَ مِنْهَا ثُمَّ خَرَجَ فَإِذَا هُوَ بِكَلْبٍ يَلْهَثُ يَأْكُلُ الثَّرَى مِنْ الْعَطَشِ فَقَالَ لَقَدْ بَلَغَ هَذَا مِثْلُ الَّذِي بَلَغَ بِي فَمَلَأَ خُفَّهُ ثُمَّ أَمْسَكَهُ بِفِيهِ ثُمَّ رَقِيَ فَسَقَى الْكَلْبَ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ

Artinya:
“Ada seorang laki-laki yang sedang berjalan lalu dia merasakan kehausan yang sangat sehingga dia turun ke suatu sumur lalu minum dari air sumur tersebut. Ketika dia keluar didapatkannya seekor anjing yang sedang menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan. Orang itu berkata: “Anjing ini sedang kehausan seperti yang aku alami tadi”. Maka dia (turun kembali ke dalam sumur) dan diisinya sepatunya dengan air dan sambil menggigit sepatunya dengan mulutnya dia naik keatas lalu memberi anjing itu minum. Maka Allah membalas kebaikannya (diterima amalnya) dan Allah pun mengampuninya”

Baca Juga : Mengintip Kisah Sukses Pemuda Tuna Netra Inspiratif Yang Kini Jadi Peselancar Profesional

Para sahabat bertanya:

يَا رَسُولَ اللَّهِ وَإِنَّ لَنَا فِي الْبَهَائِمِ أَجْرًا

“Wahai Rasulullah, apakah kita meraih pahala dengan berbuat baik kepada hewan?”

Beliau shallallaahu ‘alayhi wasallam menjawab :

فِي كُلِّ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

“(Berbuat baik) terhadap setiap makhluq bernyawa diberi pahala.” (HR. Al-Bukhari & Muslim. Dan ini lafazh Al-Bukhari)

Maka dari itu, Janganlah meremehkan amalan meskipun nampak kecil, Apalagi dalam memberikan pertolongan sesama hamba Allah termasuk pada binatang. Semoga kisah heroik ini menginspirasi. (vb)


Disadur dari :
solopos.com, fimela.com, detik.com