Rabu, 03 Januari 2018

Para Tersangka Kasus Kejahatan Paling Aneh Yang Pernah Ada Di Dunia

Kejahatan sering diartikan sebagai perilaku pelanggaran aturan hukum dengan konsekuensi bagi yang melanggarnya akan kena hukuman. Dalam perspektif ini, berarti pelaku kejahatan terkesan aktif, yakni manusia. Namun, bagaimana jika pelakunya bukan manusia?


VIRALSBOOK.COM - Ketika berbicara tentang sebuah kasus kejahatan, umumnya ada tindakan mengidentifikasi pelaku dan korbannya. Pelaku adalah orang yang melakukan tindakan melanggar, sedangkan korban adalah orang yang terlanggar atau dirugikan. Dalam hal ini, dapat disebut sebuah kejahatan apabila seseorang melanggar hukum baik secara langsung maupun tidak langsung, atau bentuk kelalaian lainnya yang dapat berakibat pada hukuman.

Tapi bagaimana jika satu kasus Kejahatan, terutama pelaku kejahatannya - yang biasanya identik dengan yang namanya manusia, ternyata bukan makhluk sosial yang berakal? Tindakan hukumannya akan seperti apa?

Mungkin selama ini yang kita tahu tuduhan kepada para pelaku kejahatan, yang kemudian diberi sanksi sesuai pelanggarannya karena diduga melakukan tindak kejahatan hanya ditujukan kepada yang namanya manusia saja. Namun faktanya tidak seperti itu sahabat viralsbook, kenyataannya tidak hanya manusia yang pernah ditetapkan menjadi tersangka karena diduga melawan hukum. Tumbuhan dan hewan pun juga pernah mengalami hal yang serupa, menjadi tersangka sebuah kasus kejahatan.

Percaya gak? Inilah 5 Kasus dengan tersangka pelaku kejahatan paling aneh yang pernah ada di dunia yang viralsbook rangkum dari berbagai sumber.

1. Kambing Perampok Mobil Di Nigeria

Pada tahun 2009 di wilayah Ilorin, Nigeria, pernah terjadi penangkapan sebuah kasus kejahatan dengan pelaku paling unik. Saat itu, polisi Nigeria tengah mengejar kawanan perampok mobil. Beberapa dari kawanan perampok mobil lari, namun ada seorang perampok menyelinap di suatu tempat. Setelah digrebek polisi, yang terjadi malah kejadian aneh diluar dugaan.


Seekor kambing ada di tempat persembunyian tersebut. Humas Kepolisian Negara Bagian Kwara, Tunde Muhammad, mengungkapkan Kepolisian Nigeria langsung menangkap kambing yang diduga sebagai jelmaan salah satu dari kawanan perampok yang diburu.

Walaupun kepolisian Nigeria belum bisa memastikan apakah kambing malang tersebut merupakan jelmaan manusia atau tidak, namun ada akhirnya, Kambing ini tetap dijadikan tersangka juga karena polisi menduga kuat bahwa si kambing termasuk salah satu perampok yang memiliki ilmu hitam dan menjelma menjadi seekor kambing.

Di beberapa bagian wilayah Nigeria, kepercayaan akan ilmu sihir masih sangat kuat. Kejadian aneh ini mengundang kerumunan warga datang ke kantor polisi untuk melihat si kambing yang dijadikan tersangka. Entah mimpi apa kambing ini semalam. Harusnya di kandang, ini malah ada di sel tahanan polisi.

2. Kucing Penyelundup Di Penjara Arapiraca
Di tahun 2013, Penjara kota Arapiraca, Brazil, terlihat pemandangan yang tak biasanya. Apa pasal? Penjara itu kedatangan tahanan yang tidak biasanya. Tahanan tersangka kasus kejahatan tersebut bukanlah manusia, melainkan seekor kucing.

Kucing putih tersangka penyelundup ini tertangkap petugas saat hendak melintasi gerbang penjara utama. Di punggungnya terikat sejumlah barang selundupan untuk tahanan. Barang yang berhasil disita dari si kucing penjahat diantaranya dokumen, ponsel dan pengisi daya, termasuk bor.

Diduga, alat-alat selundupan tersebut rencananya akan digunakan untuk membantu tahanan kabur dari penjara atau untuk komunikasi ke luar penjara. Kejadian unik ini sangat sulit untuk diselidiki lebih lanjut motif kejahatannya dan siapa yang ada dibalik aksi si kucing. Alasannya, karena jika pelaku kejahatannya diintergoasi, bisa dipastikan polisi akan sulit menerjemahkan bahasa kucing. Ada-ada saja.

3. Pohon Beringin Terpenjara Di Pakistan
Di barak tentara inggris yang berada di Landi Kotal, wilayah bagian Pakistan, dapat ditemui sebatang pohon beringin yang dirantai ke tanah. Sepintas terlihat, mungkin rantai itu hanya hiasan semata, namun faktanya rantai itu merupakan bentuk hukuman kepada Pohon Beringin, karena pohon beringin menjadi terdakwa kasus kriminal pada tahun 1898, dan telah menjalani hukuman rantai selama 120 tahun.

Ketika itu Pakistan masih berada di bawah kekuasaan Inggris, seorang perwira militer bernama James Squid tengah mabuk dan merasa pohon beringin tersebut mengancam dirinya. Seketika itu juga ia memerintahkan petugas untuk menangkap pohon beringin tersebut. Pohon beringin ditangkap secara resmi kemudian dijatuhi hukuman rantai lebih dari seabad lamanya. Di pohon itu pula digantung papan bertulisan ‘I am under arrest’ atau 'Saya tahanan'.

Kejadian aneh tersebut disinyalir merupakan satu bentuk peringatan Inggris atas Frontier Crimes Regulation pada masa itu. Saat itu, pemerintah kolonial mengisyaratkan berhak menghukum satu keluarga atau bahkan seluruh suku pribumi jika salah satu anggotanya melakukan pembangkangan terhadap pemerintah kolonial.

Menurut warga sekitar, tindakan ini pada dasarnya tersirat bahwa jika ada yang berani melawan Raja, maka mereka juga akan dihukum dengan cara yang sama. Benar-benar nyeleneh, apapun yang dirantai adalah sesuatu yang bisa bergerak sebagai tanda agar ia tidak bisa pergi ke mana-mana. Nah, kalau pohon beringin?

4. Lumba-Lumba Agen Rahasia Israel
20 Agustus 2015, tersiar sebuah kabar dari stasiun radio Israel. Diberitakan bahwa pasukan Hamas telah menangkap seekor lumba-lumba yang mereka curigai sebagai mata-mata Israel. Kabarnya lumba-lumba tersebut ditangkap di pesisir Gaza oleh unit angkatan laut sayap militer Hamas dan ditangkap ke daratan.

Berita koran Al-Quds hari itu juga menulis bahwa Kelompok Islamis militan Palestina yang menguasai Gaza tersebut menyatakan mamalia agen rahasia israel ini dilengkapi alat mata-mata, termasuk kamera. Tak hanya itu, ditemukan pula sebuah senjata yang bisa menembakkan sejumlah anak panah berukuran kecil.

Baca Juga

Kasus Hukum Paling Unik Di Dunia Yang Menggugat Makanan dan Minuman

    Pernahkah anda memesan makanan, dan apa yang anda inginkan tidak sesuai dengan harapan? Jika hal tersebut terjadi pada Anda, mungkin biasanya reaksi paling jauh hanya sebatas menggerutu atau menegur lang...
Selengkapnya
Hamas menduga bahwa Lumba-lumba itu sebagai mata-mata Mossad, badan intelejen Israel. Namun kebenaran berita tersebut masih simpang siur, pemerintah Israel pun tidak menanggapinya.

Hal semacam ini bukan kali pertama terjadi di Timur Tengah. Sebelumnya, pemerintah Mesir pernah menuduh Israel mengirim sejumlah ikan hiu untuk menyerang turis di pantai-pantai Semenanjung Sinai demi menghancurkan industri wisata Mesir. Dua tahun sesudahnya, ganti Sudan yang mengabarkan telah menangkap seekor burung elang yang digunakan Mossad untuk memata-matai negeri itu. Pada tahun 2013 pun, kelompok Hezbollah Lebanon mengklaim telah menangkap seekor burung elang yang telah dilatih untuk melakukan tugas mata-mata Mossad.

5. Burung Merpati Pembawa Surat Ancaman
3 Oktober 2016, penjaga perbatasan India mengabarkan bahwa telah menangkap seekor merpati yang datang dari Pakistan, dengan surat yang ditujukan kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi.


Merpati kelabu tersebut ditemukan oleh Tentara Keamanan Perbatasan (BSF) di Pathankot dekat Negara Bagian Punjab, lokasi militan Pakistan. Surat yang terikat pada tubuh merpati ditulis dalam bahasa Urdu dan berisi ancaman kepada sang Perdana Menteri India.

Hal Ini ternyata bukan kali pertama burung terlibat dalam konflik berkepanjangan antara Pakistan dan India. Tahun sebelumnya polisi India pernah menyita seekor burung merpati yang diduga dipakai untuk mata-mata oleh Pakistan.

Pada 2013 pun pasukan keamanan India menemukan seekor burung elang yang mati dan di tubuhnya dilengkapi dengan kamera pengintai kecil. Pada 2010 seekor merpati juga ditahan atas tuduhan mata-mata. (www.viralsbook.com)

Referensi : Oddee, Amusing Planet, Mirror
Baca Juga