Rabu, 31 Maret 2021

Pakai Istilah Kimia Hingga Sejarah Tahanan PBB, Ternyata Ada Kisah Dibalik Nama Unik Ini

Memberikan nama anak dengan menggunakan istilah anti mainstream bukan hal baru lagi di indonesia. Seperti apa kisah dibalik fenomena unik ini?


VIRALSBOOK.COM - Apalah arti sebuah nama? Sebuah ungkapan William Shakespeare penyair Inggris yang begitu melegenda. Ini dapat dimaknai, memberi nama anak tidak perlu indah, cukup standar saja. Namun kenyataannya sejak jaman dulu, orang tua menyematkan nama pada anaknya ada harapan yang bermakna baik dan terselip doa kelak berguna di masa depan.

Tetapi bagaimana jika nama anak yang diberikan orang tua sedikit unik, anti mainstream dan jarang digunakan orang? Viralnya nama unik saat ini seperti menjadi fenomena baru di jagat media sosial. Masyarakat indonesia memang penuh kejutan tak terduga, dan kali ini kejutan itu sedikit unik dan mengundang senyum.

Seperti apa kisah dibalik nama anak yang unik lagi trend saat ini? Simak kisahnya berikut.

1. Nama Unik Dari Istilah Kimia

Kisah nama unik yang pertama, yakni perempuan yang memiliki nama unik yang ada unsur senyawa Kimianya. Lantaran kecintaan ayahnya terhadap pelajaran Kimia waktu sekolah dulu, berefek pada nama yang disandangnya kini. Perempuan yang tinggal di Kabupaten Jember, Jawa Timur ini bernama lengkap Chlorida Metana Ayu, sehari-harinya dipanggil Metan.

Sepintas mendengar nama wanita ini, maka yang terlintas dibenak sahabat viralsbook yakni satu zat kimia bernama Metil klorida, yang biasa disebut juga sebagai klorometana, R-40 atau HCC 40. Senyawa kimia organik yang termasuk dalam kelompok haloalkana. Senyawa ini dulu digunakan sebagai pendingin, yang berbentuk gas tak berwarna dan mudah terbakar. Karena sifatnya racun, maka senyawa ini tak digunakan lagi pada produk-produk rumah tangga.

Diketahui, alasan ayahnya memberikan nama tersebut sebab sang ayah sangat menyukai pelajaran kimia. Selain itu alasan lain ayahnya memberikan nama itu kepada dirinya karena jarang dimiliki oleh orang lain.

Tidak hanya itu, menurut Metan nama itu diberikan ayah kepadanya, agar ia banyak dikenali oleh lingkungan sekolahnya. Ia pun mengaku, walaupun ia merasa bangga memiliki nama yang berbeda namun ia masih berberat hati dengan nama ini, terutama pada arti senyawa kimia di nama pemberian ayahnya tersebut.

Menurut pengakuan Metan, pada mulanya sang ibu tidak mengetahui makna dari namanya ketika diberikan ayahnya. Hingga satu saat, seorang saudaranya yang kebetulan kuliah teknik kimia memberitahu kalau namanya itu merupakan salah satu unsur kimia.

Pun demikian dengan Metan, pada mulanya ia tidak mengetahui nama tersebut merupakan sebuah istilah kimia. Hingga akhirnya, ia mengetahui arti tersebut dari para guru yang mengajarnya saat masih di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Semenjak itu sampai saat ini, ia mengatakan hampir seluruh guru yang mengetahui namanya mengaku heran.

Tidak hanya para guru yang dibuat heran saat mengetahui namanya, namun para temannya juga merasakan hal yang serupa. Metan menuturkan, teman-temannya mengaku terkejut dan banyak yang tertawa saat mengetahui makna dari namanya. Kendati demikian, ia tidak pernah mendapatkan ejekan dari teman-temannya.

Diketahui, perempuan yang kini berusia 20 tahun ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Namun, hanya dirinya lah yang memiliki nama yang unik dengan unsur senyawa kimia.

2. Nama Unik Pakai Istilah Biologi

Kisah nama unik yang kedua hampir mirip dengan yang pertama, hanya saja kisah yang kedua ini nama satu keluarga terinspirasi dari Bahasa Latin Tumbuhan, yang biasanya kita pelajari dalam mata pelajaran Biologi.

Ya, dalam kartu keluarga yang viral di medsos Twitter pada September 2019 lalu, terlihat nama-nama yang unik dan jika ditelaah lebih jauh, sepertinya orangtua mereka, Budi Purnasaptato dan Pipien Affriani Sarah Kusnadi terinspirasi dari bahasa latin tumbuhan.

Tak tanggung-tanggung, ada 6 nama latin tanaman yang digunakan pada nama anaknya dan semuanya punya maknanya sendiri lho.

Nama anak pertama adalah Oryza Sativa Purnaeka. Menilik kata ‘eka' pada namanya, kemungkinan dia adalah anak yang pertama. Oryza Sativa sendiri adalah nama latin untuk tanaman padi, yang setelah diolah akan menjadi beras, makanan pokok orang Indonesia.

Nama anak yang kedua adalah Avena Sativa Purnamasari. Avena Sativa adalah nama latin untuk tanaman sejenis gandum bernama haver, atau oat dalam bahasa Inggris, tepatnya ialah Havena Sativa. Oat adalah menu sarapan populer di Amerika Serikat dan dianggap lebih sehat daripada Oryza Sativa, si kakak. Karena kadar gula dan karbohidrat yang lebih ringan, makanya Oat biasa direkomendasikan untuk menu diet sehat.

Zea Mays Allium Purna Marwan adalah anak yang ketiga. Zea Mays adalah nama latin tumbuhan Jagung. Makanan pokok warga asli Amerika Serikat sebelum kedatangan orang kulit putih dari Eropa. Warga Meksiko masih banyak yang memakan jagung seperti orang Indonesia memakan nasi. Kalau dibaca lagi, namanya memang cantik, ya?

Baca Juga : 10 Orang Dengan Nama Unik di Indonesia, dari 'Tuhan', 'Nabi' hingga 'Pintu Pemberitahuan'

Saccharum Officinarum Purwasih adalah yang keempat. Saccharum Officinarum adalah tanaman Tebu dalam bahasa latin. Tanaman ini merupakan salah satu sumber pemanis yang biasanya digunakan dalam produksi Gula.

Anak kelima bernama Canova Vera Purnapanca dan yang ini sedikit berbeda. Berbeda karena dia satu-satunya yang adalah tanaman bunga. Canova Vera adalah bunga bewarna magenta dengan kelopak yang besar, tebal, dan cantik.

Dan terakhir, anak keenam adalah Cassava Esculenta Purnalailatul. Mungkin nama ini sudah familiar di kuping sobat viralsbook. Ya, Cassava Esculenta adalah tanaman singkong yang populer dijadikan kripik dan gorengan di Indonesia. Cukup familiar karena banyak dituliskan pada kemasan keripik singkong di pasaran.

Udah tau maknanya kan sobat viralsbook? Nama tumbuhan-tumbuhan yang dipilih pun yang memiliki banyak manfaat. Mungkin ini adalah doa dari orang tua agar anak-anaknya kelak menjadi orang yang bermanfaat di lingkungannya.

Tak diketahui di mana keluarga ini bermukim, namun potret kartu keluarganya yang beredar di Twitter sukses membuat warganet tergelitik.

3. Nama Unik Pakai Istilah internet

Setiap nama yang diberikan orang tua untuk anaknya pasti memiliki arti. Seperti halnya dengan nama anak unik yang ketiga ini. Kisahnya viral di media sosial tiktok pada awal tahun 2021. Kakak beradik memiliki nama belakang yang anti mainstream, cukup unik dan langka serta tak pernah terpikirkan dibenak orang lain untuk menggunakannya.

Uniknya dimana sobat viralsbook? Di bagian nama belakang kakak beradik ini di beri imbuhan "dot com" seperti domain website. Wah, jangan-jangan orang tua mereka menghadirkan ketiga anaknya di dunia ini dengan cara di download ya? Ada-ada saja.

Dari Kartu Keluarga terlihat, anak pertama diberi nama Salsabila Shofwah Alamak Dot Com, lalu anak kedua bernama Mustaghfirin Nazhmi Ramadhan Dot Com, dan anak ketiga namanya adalah Daffa Fawwaz Robbani Dot Com. Ketiga nama ini diklaim bukan nama samaran atau alias, melainkan nama asli pemberian kedua orang tuanya.

Rupanya sobat viralsbook, nama-nama unik dari kakak beradik yang tinggal di Gresik, Jawa Timur ini, maknanya sangat dalam. Penamaan tersebut tidak sembarangan dan memiliki kenangan tersendiri bagi orang tua mereka.

Menurut Rama anak kedua dari tiga bersaudara ini, rupanya orang tua mereka dipertemukan dalam sebuah situs website bernama 'Alamak dot com' pada tahun 1999 silam. Pertemuan mereka lewat chatting dan Alamak dot com, hingga akhirnya menikah. Untuk mengenang pertemuan itu, maka ia bersama kedua saudaranya pun namanya ditambahkan 'Dot Com'.

Rama mengaku awalnya sempat malu memiliki nama unik karena kerap kali menjadi bahan ledekan teman-temannya. Namun, seiring bertambahnya usia, kini ia justru bangga memiliki nama unik yang mudah dikenal orang.

Sama halnya kisah Rama dan saudaranya yang menyandang nama unik dari istilah teknologi internet, pasangan dari Bekasi Jawa Barat ini, memberikan nama bayi laki-laki mereka yang lahir pada 30 November 2018 dengan nama menggunakan istilah yang ada di internet juga, yakni "Google".

Tentunya pemilihan nama unik tersebut memiliki makna bagi sang Ayah, Andi Cahya Saputra (31). Sebelumnya diketahui, seluruh keluarga ragu-ragu dengan keputusan memilih nama ini pada anak mereka, terutama ibunya, Ella Karina yang berusia 27 tahun. Namun, pada akhirnya sang ayah dari bayi laki-laki bernama 'Google' tersebut, memiliki pandangan sendiri mengenai pemberian nama putranya.

Sang ayah percaya bahwa dengan pemberian nama 'Google', ia berharap putranya akan menjadi pemimpin yang baik dan menjadi berguna di kemudian hari. Sejak saat kelahiran sang buah hati tersebut, Andi sang ayah mengungkapkan bahwa pemberian nama hanya menggunakan 'Google' saja dan tanpa nama belakang.

Sang Ibunda Ella, awalnya tidak mengakui nama Google selama tiga bulan pertama setelah ia lahir. Ia hanya mengatakan, "bayi laki-laki" sebagai balasan kepada orang yang menanyakan namanya. Kakek bayi itu pun, ayah Andi, pada awalnya juga tidak menerima nama yang tidak konvensional seperti 'Google'.

Dan sang kakek memberi tahu Andi untuk setidaknya memberi putranya nama terakhir ketika mendaftarkan namanya, tetapi ayah bocah itu menolak untuk melakukannya. Namun seiring berjalannya waktu, nama anak bernama 'Google' itu berangsur diterima di anggota keluarganya.

4. Nama Unik dari Istilah Patriotik

Pria berusia 26 tahun, lulusan mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang ini memiliki nama yang cukup unik, yakni Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila. Nama unik itu pun mendadak viral di media sosial WhatsApp pada Juli 2018 silam. Bahkan diketahui, dua saudaranya juga memiliki nama unik yang menggunakan istilah Patriotik.

Nama-nama unik yang patriotik ini pemberian orangtuanya, Prayitno Putro dan Eni Widayati yang tinggal di Jalan Cilosari Perum Tembok Indah Kota Pasuruan.

Selain Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila, ada kakak Ganyang bernama Bela Nusa Bangsa yang berusia 29 tahun dan adik Ganyang, bernama Bara Tegak Keadilan yang berusia 22, yang juga menjadi mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Menurut orang tua Ganyang, Pemberian nama-nama unik ini pada dirinya dan kedua saudaranya, karena terinsipirasi gerakan politik sebelum jatuhnya rezim Orde Baru.

Ternyata sahabat viralsbook, ayah dari anak-anak dengan nama istilah patriotik ini adalah seorang guru sejarah. Dan diyakini ia memberi nama-nama anaknya dengan nama unik tersebut secara sadar. Mungkin ada makna tersendiri bagi ayah mereka memberikan nama seunik ini.

Menurut pengakuan Ganyang sendiri, nama uniknya kerap mengundang tanya bagi yang mendengarnya. Sejak awal masuk atau menjadi mahasiswa baru, Ganyang sudah menjadi perbincangan antar temannya. Sebab, memiliki nama unik dan kurang begitu familiar. Kampus sendiri ketika awal menerima berkas penerimaan Ganyang, sempat mempertanyakan kebenarannya.

Ganyang sendiri sangat yakin, orang tuanya memberikan nama ini tentunya memiliki alasan kuat untuk menyandangkan nama yang begitu tak lazim kepada dirinya dan 2 saudaranya. Semangat dari makna di dalam nama itu, kemungkinan diharapkan menjadi penyemangat Ganyang dan saudara-saudaranya dalam menjalani kehidupan.

5. Nama Unik dari Pelajaran Sejarah

Kisah dua bocah kakak beradik ini sempat viral dan menjadi sumber pemberitaan berbagai media massa pada tahun 2017 silam. Pasalnya, nama yang diberikan orangtua mereka dianggap tak lazim bagi masyarakat indonesia, yakni dengan nama "Tahanan PBB" dan "Tahanan PBB Nomor Dua". Unik bukan?

Usut punya usut, ternyata nama itu diberikan oleh sang ibu yang mengaku jengkel terhadap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mengapa demikian? Rupanya, PBB, UNHCR dan IOM pernah menolak permintaan suaka keluarga ini, lantas menjadikan mereka tahanan.

Diketahui ayah dan ibu Tahanan PBB yakni Mohammad Yaqub dan Akilah, lari dari Afganistan karena perang dengan cara menumpang perahu. Dalam pelarian berlabuh sering diterpa ombak keras. Beruntung selamat dan tiba di Indonesia yang pada akhirnya dibawa ke Manado.

Selama menjadi pelarian, keluarga ini sering mengalami banyak penderitaan akibat penolakan permintaan suaka oleh PBB. Dalam kondisi buruk dan serba kesusahan ini, lahirlah 2 anak yang kemudian diberi nama "Tahanan PBB" yang lahir pada tanggal 31 Agustus 2003 dan adiknya bernama "Tahanan PBB Nomor 2".

Menurut Tahanan PBB, awalnya kedua orangtuanya ditahan di Rudenim Sumbawa. Lalu tahun 2010 dipindahkan ke Rudenim Manado. Ia dan adiknya bernama Tahanan PBB Nomor Dua sama-sama dilahirkan di dalam sel atau penjara.

Tahanan menjadi penghuni Rudenim Manado bersama 139 imigran lainnya yang bermasalah. Kebanyakan dari mereka adalah imigran asal Afganistan. Selain itu berasal dari Sudan, Eritrea, Ethiopia, Somalia, Pakistan, Suriah dan Myanmar. Kebanyakan dari mereka adalah pencari suaka. Hingga kini, permohonan suaka mereka ditolak dan tetap jadi tahanan PBB.

Keluarga ini bertahan hidup di indonesia, karena kebaikan warga Manado. Tahanan yang sudah sangat fasih berbahasa Indonesia dialek Manado itu kini bersekolah di SMP Negeri 2 Manado. Sewaktu sekolah dasar ditempuh di SDN 54 Manado.

6. Nama Unik Pakai Bahasa Inggris

Kisah ini viral di tahun 2016 silam, satu keluarga memiliki nama unik menggunakan bahasa Inggris berkalimat lengkap subyek-predikat-obyek. Rupanya, hal unik ini telah menjadi ciri khas Bullking (69 tahun) menyandangkan nama-nama ini kepada anaknya.

Ia menikah tiga kali dan dikarunia 10 anak. Diantara anak-anaknya, yang memiliki nama unik yakni August Dedy My House (40), Happy New Year (37), Andy Go To School (30), Rudy A Good Boy (29), Friday Back To School (6), dan Effendy My School (13 bulan).

Ada juga anak perempuannya yang bernama Tutut In The Classroom, yang kemudian disingkat menjadi Tutut Ermaningrum. Menurut Bullking, nama-nama anaknya muncul kadang sesuai dengan konteks kelahiran. Misalnya, Friday lahir pada hari Jumat dan August lahir bulan Agustus.

Bullking mengakui, motivasinya memberi nama anak-anak dengan menggunakan bahasa Inggris Itu berangkat dari sejarah nama ia sendiri. Ayahnya memberi nama ”Bullking” yang artinya Raja Banteng karena ia aktivis Partai Nasional Indonesia, yang berlambang banteng, sekaligus pengagum Bung Karno.

Baca Juga : Hewan-Hewan Yang Tercatat di Berbagai Peristiwa dan Punya Andil Dalam Torehan Sejarah

Selain itu, Bullking dulunya sempat diolok-olok karena namanya dianggap lucu. Tak tahan, lulus STM, Bullking pindah ke Kecamatan Borobudur dan bertekad tidak akan kembali ke kampung halamannya di Desa Salamkanci, Kecamatan Bandongan.

Dia sering memakai kata ”school” pada nama anaknya sebagai pengingat agar anaknya kelak rajin belajar dan pergi ke sekolah. Pesan itu ditangkap baik oleh salah satu anaknya bernama Goto atau Andy Go To School yang kini berpangkat brigadir di Kepolisian Resor Magelang Kota.

Uniknya lagi sobat viralsbook, Rupanya, kebiasaan Bullking itu ditiru anaknya Goto. Dia memberi nama anak sulungnya bernama Virgenio Silvero Goes To Paradise (4), dengan harapan kelak anaknya akan menjadi kendaraan bagi keluarganya untuk naik ke surga. Anak keduanya diberi nama Lucky Star Beloved Mother. Sayangnya, Lucky lahir prematur dan hanya berusia empat hari.

Anak ketiga Andy yang lahir secara caesar pada 3 Mei 2017 juga menyusul diberikan nama yang tidak kalah unik dari kedua kakaknya. Nama Alexa Dmyesha Heaven's Angel, yang berarti bidadari surga pembawa kedamaian.

7. Nama Unik dari Istilah Otomotif

Selanjutnya nama anak yang unik diambil dari berbagai jenis merk mobil sepertinya lagi trending di Indonesia. Salah satunya yang terjadi di tahun 2018 silam. Nama bayi dari merek mobil disematkan Pasangan Cherry Indryanto dan Selva Angraini kepada bayinya, dengan nama ‘Toyota Fortuner Tangguh’.

Nama bayi tersebut langsung viral di media sosial, bermula ketika sang ayah, Cherry mengunduh foto dan akta kelahiran bayi-nya di Facebook. Lalu dibagikan ke halaman milik klub mobil Toyota Fortuner bernama Toyota Fortuner Club of Indonesia.

Anehnya, walaupun tidak memiliki mobil Toyota Fortuner karena alasan mahal dan super mewah, namun pria asal Pekanbaru, Riau ini justru senang memberi nama anaknya itu Toyota Fortuner Tangguh.

Rupanya, Cherry memilih nama karena fanatisme Cherry terhadap Toyota Fortuner. Tidak hanya sekedar memberikan nama saja, ada arti dibalik nama Toyota Fortuner Tangguh ini. Fortuner atau fortun sama dengan fortuna artinya nasab atau keberuntungan. Tangguh atinya kuat atau hebat.

Sebelumnya pada Mei 2017 juga viral pasangan suami istri Muhammad Muis Iskandar dan Novi Yanti memberi nama bayi mereka menggunakan salah satu model Sport Utility Vehicle (SUV) keluaran Mitsubishi yaitu Pajero Sport.

Ada juga yang sempat viral nama bayi bernama ‘Confero’ yang diambil dari Wuling Confero. Merunut lebih jauh, juga sudah ada pasangan yang memberi nama anaknya dari merek mobil asal Jepang yaitu Toyota Celica.

Adalah Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana yang merupakan Bupati Kabupaten Karawang. Pemberian nama Celica didasari karena kegemaran sang ayah dengan mobil sport tersebut. Tidak cukup sampai disitu, adik kandung dari Cellica pun diberi nama dari merek mobil yaitu Ferrari.

Di Temanggung, Jawa Tengah ada juga pasangan suami istri yang memberi nama anaknya dari nama mobil. Lucunya tidak hanya satu merek, tapi dua merek mobil sekaligus yaitu Honda Suzuki Impalawati. Anak dari hasil pernikahan Hariyoto dan Asti Wigati ini lahir pada tanggal 30 Juli 2008. Selain itu ada juga anak yang diberi nama Benedicta Xenia Sihombing yang lahir pada 30 Juli 2008.

***

Fenomena dan kisah yang unik ya, sobat viralsbook? Dan ini sepertinya menjadi trend baru di jagat media sosial (medsos).

Menurut Sosiolog UGM, Arie Sujito, trend menyematkan nama unik sebenarnya sejak dulu, cuma kali ini mudah fenomenal karena viral lewat medsos.

Ia pun melihat pemberian nama unik di era saat ini sebagai bentuk ekspresi orang tua, yang berharap dengan pemberian nama unik untuk anaknya ini agar mudah diingat. Selain nama anak itu ekspresi imajinasi dan cita-cita, juga bagian identitas yang memudahkan diingat. Karena keunikannya akan menciptakan kesan tersendiri. Bagaimana menurut sobat viralsbook? (vb)


Disadur dari berbagai media:
carmudi.co.id / wowkeren.com / id.theasianparent.com / tribunnews.com / news.detik.com / lifestyle.okezone.com / grid.id / genpi.co