Senin, 27 November 2017

Entah Kebetulan atau Tidak, 12 Peristiwa Mengerikan Ini Terjadi di Hari Jumat Tanggal 13

Di Eropa, Friday The 13th atau hari Jumat tanggal 13 selalu menjadi hari yang ditakuti. Pasalnya, hari tersebut dianggap sebagai hari sial. Karena anggapan itulah, orang-orang terlanjur percaya dengan takhayul Friday the 13th meski tak begitu jelas asal usul mengapa tanggal itu dikeramatkan.


VIRALSBOOK.COM – Dalam hidup kita sehari-hari, segala peristiwa dapat datang kapan saja, dimana saja tanpa perduli situasi dan kondisi sekitarnya. Itupun dapat terjadi dan tentunya dengan cara yang berbeda-beda pula. Anehnya, kejadian yang sangat mengerikan dapat terjadi hanya pada setiap tanggal 13 dan selalu jatuh pada hari Jumat. Sebuah kebetulan kah?

Di negara-negara eropa, banyak yang menganggap hari Jumat tanggal 13 menjadi salah satu hari paling sial dalam tahun itu. Bahkan, para psikolog menemukan ketakutan ini telah meluas. Mereka memberi nama untuk rasa takut terhadap Jumat tanggal 13 dengan sebutan friggatriskaidekaphobia. Nama itu diambil dari dewi cinta dan kesuburan Nordik Frigga yang menjadi dasar penamaan Friday. Selain itu, fobia terhadap angka 13 disebut triskaidekaphobia.

Tak hanya itu, bahkan sejarah telah mencatat peristiwa-peristiwa mengerikan yang pernah terjadi di hari Jumat tanggal 13, sehingga lebih meyakinkan mereka bahwa kesialan di Friday 13th tersebut ada benarnya. Sahabat viralsbook, tak perlu panjang lebar lagi, berikut 10 kejadian mengerikan yang terjadi tepat pada hari Jumat tanggal 13 yang kami rangkum dari berbagai sumber resmi.


1. Kehancuran Ksatria Templar, 13 Oktober 1307


Knight of Templar merupakan pasukan terbaik dan terkuat eropa sepanjang sejarah dengan perlengkapan tempur kuda berlapis baja. Dengan senjata yang lengkap ini, Kelompok Ksatria Templar ini sangat berpengaruh di dunia. Dikatakan mereka ini adalah tentara terkuat pada masa Perang Salib, menjadi pasukan yang cukup ditakuti. Namun, satu kejadian mengerikan menimpa para Ksatria Templar.

Tepat terjadi pada hari Jumat tanggal 13 Okteber 1307, para Templar ini diserang, ditangkap, dan dipenjara oleh pasukan King Philip IV. Banyak para Templar yang dieksekusi, termasuk sang pimpinan tertinggnya yang bernama Jacques de Molay. Para ksatria ini ditangkap atas tuduhan melakukan kegiatan ilegal. Meski tuduhan ini hanya fitnah dan tidak terbukti, para ksatria tersebut tetap disiksa hingga terpaksa mengaku.


2. Kematian Sam Patch, 13 November 1829


Nama Sam Patch terkenal karena hobinya yang gemar melompat dari tempat yang tinggi. Hal tersebut membuat dirinya mendapat julukan Daredevil. Daredevil merupakan salah satu tokoh superhero dari Marvel yang buta namun suka beraksi dengan melompati gedung-gedung tinggi. Untuk membuat aksi yang heboh, Sam memutuskan untuk melompat ke sungai Genesee.

Baca Juga : Kematian 5 Tokoh Dunia Yang Misterius dan Masih Menyisakan Banyak Pertanyaan

Sungai Genesee merupakan sungai besar yang mengalir di kota New York. Sebelumnya Sam pernah melompat dari Air Terjun Niagara dan berhasil meraih sejumlah uang. Sahabat viralsbook, aksi melompatnya di Sungai Genesee bukannya membawa keberuntungan, justru maut yang diraih. Salah melompat, Sam meninggal tepat pada hari Jumat 13 November 1829.


3. Kebakaran "Black Friday", 13 Januari 1939


Mungkin Anda pernah mendengar black friday dari australia. Ya, Black friday merupakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Negara Bagian Victoria, Australia. Musibah ini terjadi pada tanggal 13 Januari 1939, tepat di hari Jumat.

Kebakaran ini menewaskan 36 orang dan menghanguskan 1.300 bangunan, karena memang hampir 75% wilayah Victoria dilalap oleh api. Peristiwa ini pun dianggap sebagai salah satu kebakaran alami terparah sepanjang sejarah bahkan termasuk 10 bencana paling mematikan dalam sejarah.


4. Bom Di Buckingham Palace, 13 September 1940


Seiring berjalannya Perang Dunia II, kubu Nazi Jerman memulai perangnya menyerang Inggris dengan serangan bom. Serangan bom yang dilakukan oleh Jerman dipusatkan pada ibukota Inggris yaitu London. Ada banyak lokasi penting di London yang diledakan oleh Jerman, salah satunya yaitu Buckingham Palace.

Berlokasi di Westminster, Buckingham Palace adalah tempat diadakannya segala macam kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan negara Inggris. Sahabat viralsbook, oleh Jerman, Buckingham Palace diledakkan tepat pada hari Jumat tanggal 13 September 1940. Ledakan tersebut berhasil menghancurkan bagian dalam dari Royal Chapel. Tiga orang cedera ringan, satu orang mengalami cedera parah.


5. Perang Dingin, 13 Juni 1952


Di tahun 1952 terjadi perang dingin yang melibatkan blok barat yang meliputi Amerika Serikat dengan aliansinya dan blok timur yang meliputi Uni Soviet beserta aliansinya. Di tengah-tengah terjadinya Perang Dingin, situasi sempat memanas setelah Uni Soviet menembak jatuh pesawat militer milik Swedia, tepat hari Jumat 13 Juni 1952.

Pesawat militer milik Swedia tersebut jatuh dan menewaskan 8 orang. Pemerintah Swedia menganggap Uni Sovietlah yang menembak jatuh pesawat tersebut. Tapi Uni Soviet mengelak dan menuduh balik itu adalah pesawat tempur Swedia. Jelas saja Swedia juga mengelak dengan mengatakan bahwa itu hanyalah pesawat untuk latihan terbang.


6. Kematian Kitty Genovese, 13 Maret 1964


Insiden pembunuhan Kitty Genovese memicu rasa pilu banyak orang. Pasalnya, wanita 28 tahun itu diperkosa secara brutal dan dibunuh pada sebuah apartemen di New York, pada hari Jumat tanggal 13 Maret 1964. Hal yang paling aneh sekaligus menyedihkan, ada 30 orang yang menyaksikan kejahatan pembunuhan tersebut. Namun tak ada yang berani bertindak atau menolong wanita malang ini dengan berusaha mencegah pembunuhan, menangkap si pelaku atau memanggil polisi.

Baca Juga : Ungkap Misteri Di Balik Kostum 'Plague Doctor' yang Ikonik Saat Wabah Pes Melanda Eropa

Sahabat viralsbook, Peristiwa ini memunculkan sebuah istilah sindrom baru dalam dunia psikologis, yaitu Sindrom Genovese. Teori ini berasumsi bahwa kemungkinan seorang individu untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan, ternyata berkaitan juga dengan seberapa banyak orang yang menjadi saksi akan kejadian tersebut pada waktu yang bersamaan. Dengan kata lain, seseorang menjadi merasa lebih kecil keinginannya untuk membantu seseorang jika ia bukan satu-satunya orang yang melihat orang yang membutuhkan pertolongan tersebut.



7. Topan Di Bangladesh, 13 November 1970


Sebuah badai mematikan pernah menyerang kota Bangladesh pada 13 November 1970. Coba tebak, bencana badai tersebut terjadi pada hari apa? Ya, badai tersebut terjadi tepat pada hari Jumat tanggal 13. Bencana badai tersebut merenggut korban jiwa kurang lebih sebanyak 500.000 orang.

Topan Bhola dengan kecepatan angin 185 km/h tersebut meluluh lantahkan kota Bangladesh dalam sekejap. Tidak hanya diserang oleh badai, Bangladesh juga diterpa oleh air setinggi 5 meter. Tidak ada jalan untuk dievakuasi, warga Bangladesh terpaksa menaiki benda tinggi seperti pohon supaya tidak terseret arus air.


8. Kecelakan Andes, 13 Oktober 1972


Pada tanggal 13 Oktober 1972, sebuah kecelakaan pesawat parah terjadi. Kecelakaan pesawat tersebut dialami oleh Uruguayan Air Force Flight 571, menimpa tim rugby Old Christians. Pesawat yang membawa tim Old Christians tersebut jatuh menabrak Pegunungan Andes yang berada di Amerika Selatan.

Hampir 1/4 penumpang pesawat meninggal akibat kecelakaan tersebut. Terjadi pada tanggal 13 Oktober 1972, para korban tersisa baru bisa diselamatkan pada tanggal 23 Desember. Sahabat viralsbook, sebanyak 16 orang yang selamat dari kecelakaan tersebut terpaksa harus menjadi kanibal dengan memakan sesama korban yang selamat untuk bisa bertahan hidup. Kecelakaan tersebut sempat difilmkan dengan judul Alive tahun 1993.


9. Virus Friday The 13th, 13 Januari 1989


Siapapun pasti akan kesal apabila komputernya terserang virus. Komputer yang terserang virus bisa menurunkan performa kerjanya. File hilang, rusaknya hardware, dan masih banyak hal merugikan lainnya yang bisa disebabkan oleh virus. Coba kalian bayangkan bagaimana jika sebuah virus menyerang kantor seperti IBM.

Kantor raksasa komputer IBM di Inggris pernah terserang virus mematikan yang bernama Friday The 13th. Kejadiannya tepat terjadi di hari Jumat pada tanggal 13 Januari 1989. Virus ini jelas sangat merugikan IBM. Sebanyak ratusan komputer yang berisikan data penting perusahaan hilang akibat virus Friday The 13th.


10. Kematian Tupac Shakur, 13 September 1996


Tupac Shakur adalah seorang penyanyi hip-hop terkenal asal Amerika. Dirinya merupakan rapper terkenal di era 90an. Meski banyak orang yang menganggap bahwa Tupac hanya rapper biasa, banyak orang lain justru menganggap bahwa Tupac adalah rapper terbaik di dunia. Tepat pada hari jumat 13 September alias Friday The 13th, Tupac meninggal dunia.

Tupac meninggal dunia di rumah sakit Las Vegas karena mengalami luka tembak yang parah. Dirinya ditembak tepat setelah Tupac selesai menonton pertandingan tinju Mike Tyson. Sahabat viralsbook, pelaku penembakan Tupac diduga merupakan anggota geng atau orang-orang yang memiliki hubungan bisnis dengan Tupac.


11. Badai Charley, 13 Agustus 2004


Baca Juga : Percaya atau Tidak, Inilah 12 Penyihir Paling Terkenal dan Menakutkan Sepanjang Masa

Salah satu bencana hebat terjadi di Florida bagian selatan. Sebuah bencana Topan Charley menyerang dan menghancurkan bangunan yang ada di kota Florida. Sudah jelas yang namanya topan pasti akan banyak memakan korban jiwa dan merugikan negara.

Topan Charley menyerang Florida Selatan pada tanggal 13 Agustus 2004. Topan Charley menyerang Florida secara terus-menerus selama 6 hari. Kerugian yang dialami diperkirakan lebih dari 11 miliar USD.


12. Tenggelamnya Costa Concordia, 13 Januari 2012


Menaiki kapal pesiar yang mewah adalah keinginan dari banyak orang. Sungguh tidak bisa dibayangkan bagaimana bahagianya bisa berlibur bersama keluarga naik kapal pesiar. Begitulah kira-kira yang ada dipikiran orang-orang yang menaiki kapal pesiar Costa Concordia. Kebahagiaan tersebut sirna seketika ketika kapal tersebut tenggelam.

Tepat pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2012, kapal pesiar Costa Concordia yang berlayar di tepi pantai Tuscan, Italia mengalami kecelakaan parah dan memakan korban sebanyak 32 korban jiwa. Penyebab tenggelamnya Costa Concordia adalah karena kapal tersebut menabrak sebuah batu karang di Isola de Giglio. Akibatnya, kapal tersebut langsung miring. Sebagian penumpang berhasil diselamatkan menggunakan helikopter.

***

Sahabat viralsbook, yakin dengan Friday 13th adalah hari sial? Intinya kesialan sebenarnya bisa dihindari, kuncinya percaya bahwa hal-hal buruk tidak bakal terjadi sepanjang kita memikirkan hal-hal yang positif. Lagipula, sugesti jelek orang-orang akan Friday the 13th sendirilah yang berpengaruh terhadap "kesialan" banyak orang. Iya gak? Wallahu a'lam bish-shawabi. (www.viralsbook.com)


referensi artikel:
kincir.com dan tahupedia.com
Baca Juga