Rabu, 29 November 2017

Percaya atau Tidak, Inilah 12 Penyihir Paling Terkenal dan Menakutkan Sepanjang Masa

Mendengar kata penyihir, pasti yang terlintas di benak kita adalah sosok Harry Potter, atau penyihir jahat yang ada di dongeng-dongeng Disney. Jika sosok hantu itu diakui benar-benar ada, maka begitu pula dengan yang namanya penyihir.


VIRALSBOOK.COM - Penyihir dan ilmu sihir sudah ada di antara kita sejak ribuan tahun. Dan kebanyakan kaum wanitalah yang sering dituduh sebagai penyihir. Di abad pertengahan, masa kegelapan eropa, banyak wanita wanita yang dituduh sebagai tukang sihir, dan mereka dieksekusi mati, tanpa pengadilan yang adil. Kita tidak pernah tahu wanita mana yang benar-benar tukang sihir dan mana yang tidak, tapi yang jelas adalah, lebih banyak wanita-wanita tak bersalah saat itu menemui ajalnya hanya karena dituduh tukang sihir di zamannya.

Tukang sihir wanita ada di semua mitos dan legenda di seluruh dunia. Rata-rata mereka digambarkan sebagai wanita yang kecantikannya menggoda, namun adapula yang digambarkan seburuk Iblis. Sahabat viralsbook, meskipun saat ini kita memiliki beberapa petunjuk tentang kehidupan para penyihir paling terkenal di dunia, kita tidak pernah tahu pasti siapa yang benar-benar memiliki kekuatan sihir dan mana yang hanya kisah fiktif belaka. Silahkan Anda memutuskannya sendiri.


1. Agnes Waterhouse


Di tanah Inggris, tidak ada orang yang tak mengenali Agnes Waterhouse. Agnes Waterhouse terkenal karena dirinya memiliki hubungan dengan iblis, gemar mengutuk orang, dan membunuh orang yang benci dengan menggunakan ilmu sihir yang dimilikinya. Agnes memiliki hewan peliharaan kucing yang bahkan dinamainya dengan nama Satan atau dalam bahasia Indonesia artinya Setan.

Sahabat viralsbook, Agnes menjadi satu-satunya penyihir di Inggris yang dihukum mati lewat pengadilan. Meski sempat menjalani hukuman uji coba, Agnes sama sekali tidak bertobat. Barulah ketika hendak digantung, dirinya mengaku bahwa dirinya pernah mencoba membunuh seorang pria namun gagal karena sang pria dilindungi oleh Tuhan. Barulah saat itu Agnes berdoa dan memohon pengampunan pada Tuhan.


2. Merga Bien


Balthasar von Dernbach merupakan seorang pangeran dari kota mistis Fulda di Jerman. Dirinya dikenal sebagai salah satu pemburu penyihir yang handal. Balthasar hanya aktif pada tahun 1603 sampai 1606. Dan Marga Bien adalah sang pewaris sah dari si pemburu penyihir tersebut. Meski sang pendahulunya merupakan pemburu penyihir, tapi Marga Bien justu malah memutuskan untuk menjadi seorang penyihir.

Baca Juga : Nyata, Kisah Horor Sopir-Sopir Taksi Yang Bikin Merinding Saat Antar Jemput Penumpang

Setelah menjadi penyihir, Marga Bien lalu membunuh suami kedua beserta anaknya. Sahabat viralsbook, hal itu dilakukannya sebagai bentuk penyembahan kepada setan. Bersama dengan Marga Bien, sebanyak 250 orang yang diduga sebagai penyihir turut dihukum mati dengan cara dibakar. Meski Marga Bien saat itu tengah mengandung, oleh banyak orang, bayi tersebut dianggap sebagai bayi Iblis.


3. Malin Matsdotter


Swedia memiliki hukuman yang sadis untuk para penyihir. Orang-orang yang diketahui mempelajari ilmu hitam, semuanya akan dijatuhi hukuman mati dengan cara dibakar. Hukuman itulah yang dialami oleh Malin Matsdotter. Malin Matsdotter dianggap sebagai penyihir jahat yang harus dimusnahkan dari tanah Swedia.

Berbeda dengan berbagai kasus lainnya dimana sang penyihir akan mengakui dirinya sebagai penyihir, Malin Matsdotter justru menolak mengakui bahwa dirinya adalah penyihir. Anak perempuan Malin membuat pengakuan bahwa ibunya bukanlah seorang penyihir. Malin hanyalah seorang janda miskin. Namun orang-orang menganggap lain. Mereka percaya bahwa penyihir yang dibakar hidup-hidup tidak akan berteriak karena mereka tidak bisa merasakan sakit. Dan itupun terjadi pada Malin yang sama sekali tidak berteriak ketika dibakar.


4. Joan of Arc


Salah satu tokoh penting dalam Perang 100 Tahun adalah Santa Joan of Arc. Berkat dirinyalah Inggris jadi gagal menguasai Perancis. Santa Joan mengaku bahwa dirinya mendengar suara dari malaikat untuk bertemu dengan raja Perancis dan meminta ditempatkannya sejumlah pasukan di beberapa wilayah penting Perancis.

Bagi Perancis, Santa Joan dianggap sebagai pahlawan, tapi bagi pihak lawan, dirinya dianggap sebagai sosok penyihir yang menakutkan. Santa Joan ditangkap oleh orang Burgundians. Burgundians merupakan suku Vandal yang tinggal di Polandia pada era Romawi. Sahabat viralsbook, Santa Joan yang dianggap penyihir akhirnya dihukum dengan cara dibakar.


5. Marie Laveau


Memiliki nama lengkap Marie Catherine Laveau, wanita ini lahir di Louisiana pada tahun 1801. Tahun 1801 merupakan tahun dimana ilmu voodoo sedang menjadi pembicaraan hangat. Dan Marie Laveau diketahui sebagai salah satu penyihir yang terkenal akan sihir voodoonya.

Menurut cerita, Marie Laveau merupakan sosok penyihir yang cantik namun sangat mematikan. Marie bisa mengintimidasi siapapun bahkan pihak yang berwajib. Sebagai penyihir, banyak pemimpin negara yang datang padanya meminta saran. Selain ahli voodoo, Marie juga ahli membuat ramuan sihir, mengendalikan pikiran orang, telekinesis, dan memiliki banyak pengikut. Marie meninggal dengan tenang di kediamannya pada tahun 1881.


6. Entjen Gillis


Bekerja sebagai bidan, Entjen Gellis mengaku bahwa dirinya telah membunuh banyak janin dan bayi selama masa Roermond di tahun 1613. Belanda saat itu sedang memasuki masa kelam terutama bagi para penyihir. Semua penyihir ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Ketakutan orang-orang pada saat itu bukan tanpa sebab. Banyaknya penyakit ditambah dengan ratusan bayi meninggal, orang tua, dan juga binatang.

Baca Juga : Menguak Misteri Lukisan 'The Crying Boy' Yang Diklaim Sebagai Lukisan Kutukan

Salah satu solusi yang terpikirkan saat itu ialah menangkap semua penyihir yang ada. Sahabat viralsbook, sebanyak 63 penyihir berhasil ditangkap. Semuanya dijatuhi hukuman mati tanpa terkecuali. Sebelum dihukum mati, para penyihir mengaku bahwa iblislah yang menyuruh mereka untuk melakukan tindakan kejahatan tersebut.



7. Raymond Buckland


Gardnerian Wicca merupakan ilmu sihir yang dilakukan oleh orang-orang Neo-Pagan. Karena dianggapnya menarik, Raymond Buckland memutuskan untuk mempelajari ilmu sihir tersebut. Raymond kemudian mengembangkan sendiri ilmu sihir yang dipelajarinya tersebut dan menyebutnya sebaga Seax-Wicca.

Hidup sebagai penyihir, Raymond hidup disebut-sebut memiliki pengikut yang sebagian besar adalah perempuan di tahun 1960an. Di tahun 1992, Raymond memutuskan untuk berhenti mempelajari sihir. Sisa hidupnya dihabiskan sebagai pembicara tentang sihir. Dirinya juga menulis sejumlah buku bertemakan sihir.


8. Mother Shipton


Mother Sipton adalah nama yang diberikan oleh orang-orang di Yorkshire, Inggris kepada seorang perempuan bernama Ursula Southeil. Ibu Ursula melahirkan dirinya ketika masih usia belasan. Ursula kemudian lahir dengan tubuh yang cacat. Kakinya bengkok, kepala besar, dan pipi cekung. Cocok sekali dengan gambaran penyihir masa lalu yang menyeramkan.

Sahabat viralsbook, hidup antara tahun 1488 sampai 1561, Ursula yang buruk rupa dianggap sebagai anak iblis dan dituduh mempelajari ilmu sihir. Terbukti dengan banyaknya kejadian aneh yang terjadi di sekitar dirinya. Hidup sebagai orang buangan, Ursula memiliki kemampuan hebat yakni bisa meramal masa depan.


9. Walpurga Hausmannin


Perancis memiliki masa lalu yang kelam dimana terdapat seorang perempuan yang tidak hanya terkenal sebagai seorang pembunuh berantai sadis, tapi juga seorang penyihir. Walpurga Hausmannin, begitulah nama dari perempuan yang memegang status janda tersebut. Awalnya Walpurga diduga sebagai pembunuh anak kecil, tapi setelah diinterogasi, dirinya mengakui bahwa ia mempelajari ilmu hitam sekaligus seorang vampir.

Walpurga mengaku bahwa dirinya pernah berhubungan intim dengan iblis dan menandatangi kontrak yang membuatnya jauh dari miskin. Walpurga mengaku telah membunuh 40 anak kecil dengan cara menghancurkan dahi mereka. Cara lain yang digunakan Walpurga untuk membunuh anak-anak adalah dengan menghisap darah mereka, layaknya vampir. Walpurga akhirnya dihukum mati dengan dimutilasi. Tubuhnya kemudian dibakar dan abunya dibuang ke sungai.


10. Moll Dyer


Keberadaan Moll telah menjadi legenda dan hidup di dalam cerita tutur bangsa Irlandia. Namun di dalam cerita tersebut ia dilukiskan sebagai seorang perempuan terhormat yang tinggal di Maryland, untuk melarikan diri dari masa lalunya.

Baca Juga : Kematian 5 Tokoh Dunia Yang Misterius dan Masih Menyisakan Banyak Pertanyaan

Setibanya di tempat barunya, namun tak beberapa lama, sikapnya membuat penduduk setempat curiga. Diceritakan bahwa Moll sangat paham akan kegunaan dari berbagai jenis tumbuhan yang pengetahuan itu tidak dipahami dan dimiliki oleh penduduk setempat. Sahabat viralsbook, akhirnya penduduk mengejar dan memburunya, yang saat itu sedang berlangsung musim dingin. Dalam pelariannya Moll akhirnya tewas akibat kedinginan, ia tewas membeku pada tahun 1697.


11. Circe


Karakter terkenal dari cerita Odyssey oleh Homer. Circe adalah seorang penyihir yang tinggal disebuah pulau bernama Aeaea. Dia memiliki hobi yang aneh, yaitu mengubah pelaut yang singgah dipulaunya menjadi serigala, singa, dan berbagai macam hewan, setelah membuat Circe membius mereka.

Saat Odysseus mengunjungi Aeaea, Circe mengubah orang-orangnya menjadi babi, tetapi untungnya Odysseus sendiri tidak mempan karena telah diberikan tanaman ajaib oleh para dewa sehingga Circe tidak dapat mengubahnya. Setelah membuat Circe berjanji untuk tidak mengkhianatinya, Odysseus dan orang-orangnya hidup dibawah perlindungan Circe selama setahun sebelum pulang kembali ke Ithaca.


12. Maggie Wall


Maggie adalah seorang penyihir yang paling misterius di dunia. Ia adalah salah satu dari 4.000 perempuan yang dituduh sebagai penyihir lalu dieksekusi, terjadi di Skotlandia. Walaupun demikian, Maggie memiliki sebuah monumen kenangan untuk diingat. Yakni, sebuah tulisan yang menyebutkan namanya, "Di sini telah dibakar seorang penyihir, Maggie Wall, 1657".

Namun dengan disebutkannya nama Maggie maka semakin banyak orang yang penasaran dan bertanya akan keberadaan dan figurnya. Siapa Maggie? Kenapa ia dibakar hidup-hidup? Kenapa monumen ini dibangun ditempatnya dibakar? Sahabat viralsbook, jawabannya tidak ada yang tahu hingga kini.

Tidak ada cerita setempat pun yang memberikan keterangan secara jelas mengenai Maggie. Namun sepertinya ada seseorang yang sepertinya mengenal Maggie, hal ini terbukti dari setiap tahun selalu saja ditemukan rangkaian kalung bunga yang ditinggalkan di monumen tersebut. Ia pun meninggalkan sebuah pesan, "Untuk mengenang Maggie Wall, yang dibakar atas nama agama Tuhan". Hingga sekarang tidak ada yang mengetahui siapa seseorang yang menuliskan pesan tersebut. (www.viralsbook.com)


Sumber Referensi: tahupedia.com

comments