Senin, 27 November 2017

Misteri 10 Fenomena Alam Aneh yang Mengiringi Setiap Bencana Besar di Dunia

Pikiran manusia kerap menciptakan versi lain tentang sebuah tragedi atau kejadian yang mengguncang, seperti penampakan dan fenomena aneh yang konon muncul sebelum atau setelah kejadian. Benarkah?


VIRALSBOOK.COM - Tsunami, gempa, tanah longsor merupakan bencana yang tak bisa disangka-sangka datangnya. Seketika sebuah bencana melanda suatu daerah, warning atau peringatan bisa mempengaruhi negara tersebut dan area sekitarnya. Tanpa bermaksud untuk menggunakan metode cocoklogi, biasanya kerap kali terdapat laporan mengenai sesuatu yang aneh dan di luar nalar yang konon terjadi meliputi kejadian bencana itu.

Misalnya, muncul sejumlah laporan penampakan dan fenomena aneh yang konon muncul beberapa hari atau pekan setelah kejadian beberapa bencana di seluruh dunia. Atau ada cerita tentang iblis yang terbebas dari dasar bumi, cahaya aneh di langit, atau penglihatan makhluk kasat mata dikait-kaitkan dengan bencana tersebut.

Sudah pasti banyak yang mempertanyakan kebenarannya, mungkin termasuk Anda salah satunya. Tapi tak sedikit pula yang menyangsikan, bahkan turut menjadi saksi mata. Hanya saja, namanya sedang terjadi bencana, bisa saja apa yang kita lihat hanya sekelebat saja. Ujung-ujungnya keanehan tersebut malah menjadi misteri yang menyisakan tanda tanya. Makin penasaran? Berikut ulasan singkat 10 bencana yang dikait-kaitkan dengan fenomena-fenomena aneh yang viralsbook sadur dari laman Listverse.com


1. Penampakan makhluk aneh sebelum runtuhnya Silver Bridge


Hampir dua dekade sebelum ledakan Chernobyl, muncul berita penampakan makhluk terbang mirip burung bermata merah di Amerika Serikat. Penampakan itu mendahului runtuhnya Silver Bridge di Point Pleasant, negara bagian West Virginia, pada 15 Desember 1967 dan merenggut nyawa 46 korban. Mahluk itu terlihat terbang di atas lokasi beberapa hari sebelum bencana, walaupun penampakan pertamanya sudah sejak November 1966 ketika 5 orang pegawai pemakaman di Clendenin mengaku melihatnya di atas pepohonan.

Penampakan mahluk 'Mothman' yang pertama tercatat dilaporkan oleh pasangan Roger dan Linda Scarberry dan pasangan Steve dan Mary Mallette. Laporan ini bahkan dituliskan dalam harian Point Pleasant Register. Ya, lagi-lagi mahluk mirip burung dengan mata merah. Penampakan berhenti segera setelah jembatannya ambruk. Penulis buku America's Beastiary yang bernama J.M. Connor menyebutkan ada sekitar 100 penampakan makhluk aneh ini antara 1966 dan 1967.

Sejumlah pihak lain, termasuk ahli kisah rakya bernama Jan Harold Brunvand, menuduh Connor mengada-ada karena laporan penampakkannya berasal dari sumber tak dikenal. Sahabat viralsbook, yang menarik, ketika Ohio UFO Investigators mengulang menanyai mereka yang sebelumnya ditanyai oleh Connor, para penjawab memberikan cerita seperti sebelumnya.


2. Makhluk penyelamat sebelum runtuhnya tambang Freiburg


Menurut legenda, hari kerja biasa bagi para pekerja tambang di Freiburg, Jerman, pada September 1978 nyaris menjadi yang terakhir bagi mereka. Sesosok makhluk hitam bersayap menghalangi pintu masuk tambang. Para pekerja mendekat tapi kemudian mundur ketika mahluk itu mengeluarkan suara “seperti 50 orang sedang menjerit”.

Baca Juga : Entah Kebetulan atau Tidak, 12 Peristiwa Mengerikan Ini Terjadi di Hari Jumat Tanggal 13

Mereka menunggu-nunggu sekitar 1 jam karena tidak tahu harus berbuat apa, lalu terdengar ledakan dari dalam tambang. Tambang tempat tugas mereka runtuh. Seandainya mereka masuk tambang seusai jadwal, mereka pasti sudah meninggal. Sahabat viralsbook, sepertinya mahluk aneh itu mencegah mereka masuk guna menyelamatkan nyawa para pekerja tambang. Tambangnya memang tetap runtuh, tapi tidak sampai menjadi bencana kemanusiaan.

Kemudian, banyak pekerja yang mengalami masalah serius kejiwaan dalam beberapa bulan sesudah peristiwa itu. Tentang ini, para peneliti tidak bisa sepakat. Ada beberapa foto para pekerja di tambang itu, tapi tidak ada satupun penyebutan nama tambang. Padahal, Freiburg punya beberapa tambang batu bara pada masa itu. Lagipula, para pekerja hanya disebut sebagai pekerja. Tidak ada nama-nama. Bahkan tidak ada laporan-laporan resmi kejadian tersebut.


3. Penampakan sebelum ledakan reaktor nuklir Chernobyl


Bencana Chernobyl pada April 1986 bisa dikatakan sebagai bencana nuklir terburuk pada zaman modern. Anehnya, beberapa hari sebelum bencana ledakan reaktor nuklir Chernobyl, para pekerja dan warga Pripyet di dekatnya melaporkan penampakan makhluk aneh serupa burung bermata merah melayang di udara. Lebih aneh lagi, banyak warga melaporkan menerima panggilan telepon aneh yang hanya memperdengarkan suara berdesis sebelum sambungan kemudian mati. Beberapa orang mengaku menjadi sering bermimpi buruk.

Para petugas pemadam kebakaran dan penolong kedaruratan yang dikirim ke tempat bencana mengaku melihat makhluk aneh bersayap melayang-layang di udara di antara kepulan asap ketika mereka sedang melakukan penyelamatan. Lebih aneh lagi, ada benda besar berbentuk seperti cerutu yang mengamati di atas lokasi ledakan selama beberapa jam setelah kejadian.


4. Penampakan UFO dan sosok mirip manusia sesudah Gempa Chile


Pada malam gempa maut di Chile pada tahun 2010, setidaknya ada 16 penampakan UFO dilaporkan oleh warga. Peneliti UFO bernama Rodrigo Fuenzalida meluangkan waktu menyelidiki hal itu. Ada pasangan yang menolak tidur dalam apartemen pada malam itu dan malah berdiam di jalan, karena ada benda yang terang seperti bulan melayang dekat bangunan mereka.

Cerita lain juga mirip. Bahkan ada laporan dari para penumpang bus tentang penampakan beberapa sosok besar mirip manusia di Iquique. Para penumpang bercerita tentang beberapa "manusia berpendar" yang mendadak muncul entah dari mana. Fuenzalida mengaku mendengar lebih banyak lagi, tapi kebanyakan orang-orang tidak berani melaporkan karena khawatir tidak dipercaya.

Sahabat viralsbook, lebih menarik lagi, ada laporan kelompok obrolan internet dari seorang wanita yang mengaku bahwa pada pagi hari gempa tersebut, ia membuka pintu depan rumah dan terkejut melihat ada 3 sosok setinggi 2,5 meter sedang masuk ke air pada jarak kira-kira 100 meter dari rumahnya. Menurut saksi itu, sosok-sosok itu berwarna biru gelap, ramping, dan agak berpendar.


5. Penampakan 'Iblis' saat Gempa Christchurch


Pada bulan September 2010 dan Februari 2011, Christchurch dan wilayah Canterbury di Selandia Baru mengalami gempa bumi yang kuat sehingga menelan ratusan korban jiwa. Pihak Christchurch Paranormal Investigators mengaku menerima laporan penampakan dan pengalaman tak biasa sesudah dua kejadian tersebut. Anton Heyrick, pendiri kelompok itu, menduga dua gempa tadi telah melepaskan roh-roh orang yang sudah lama mati kembali ke dunia orang hidup.

Allan Bennetts dan Sandra, istrinya, baru saja pindah ke daerah tersebut dan telah melakukan renovasi rumah. Beberapa hari sebelum gempa, konon mereka didatangi seorang pria berbaju hitam dan mengenakan kaca mata gelap. Dalam suatu acara televisi, pasangan itu mengaku pria asing tadi memberikan sehelai foto hitam-putih rumah itu pada 1930. Allan kemudian merobek-robek foto itu beberapa hari setelah kunjungan. Esoknya, gempa pertama datang dan rumah mereka rusak berat.

Selain itu, Allan mengaku atmosfer di rumah sudah berubah, seakan ada suatu yang "jahat" bercokol di sana. Suatu malam, baru lewat jam 3 pagi, Allan terbangun karena mendengar suara keras pada ranjang mereka. Mereka berdua kemudian menyaksikan jejak-jejak kaki mendatangi mereka dan mendadak Allan merasa ada yang mencekiknya. Ketika merasa akan mati, cengkeraman dilepas dan 'zat' itu seperti raib. Penyidikan Heyrick menduga ada iblis di tempat itu. Identitas pemberi foto juga masih menjadi misteri.

Sahabat viralsbook, pengalaman serupa dialami oleh Haris Sohail, seorang pemain kriket dari Pakistan yang mengaku diserang hantu dalam kamar hotel tempatnya menginap. Hotel itu baru dibangun sesudah gempa 2011. Menurut karyawan hotel, hanya Soheil yang pernah mengalaminya.


6. Penampakan aneh setelah Tsunami Jepang


Gempa bumi di lepas pantai Jepang dan dampak tsunami pada tahun 2011 disaksikan seluruh dunia. Selama beberapa bulan sesudahnya, cuplikan-cuplikan berita dibanjiri oleh para peneliti UFO dan kegiatan paranormal. Ada benda besar mirip cerutu yang kelihatan melayang-layang di ats PLTN Fukushima, sementara sebuah benda yang mirip melayang di atas daratan ketika sedang diterjang bah. Sahabat viralsbook, seminggu sebelumnya, ada 4 benda aneh yang teramati dan dilaporkan melayang di atas bandara Haneda.

Baca Juga : Kematian 5 Tokoh Dunia Yang Misterius dan Masih Menyisakan Banyak Pertanyaan

Selain UFO dan cahaya-cahaya aneh, ada beberapa penampakan makhluk-makhluk tak wajar tertangkap kamera, sehingga ada yang percaya bahwa kejadian ini telah mengusik mereka dari dunia roh atau dimensi lain. Suatu video yang beredar di YouTube menayangkan sosok seperti hantu merangkak keluar dari air dan naik ke atap bangunan, lalu menghilang.

Para pakar memeriksa video itu dan mengungkapkan bahwa cuplikan direkam sepanjang sungai Okawa, tepatnya di Kesennuma, oleh seorang pria bernama Kenichi Murakami. Film itu disimpulkan asli, tapi penampakan itu disimpulkan hanya sekedar uap.


7. Penampakan UFO sebelum Tsunami Samudra Hindia


Gempa 9 SR yang mengguncang daerah-daerah pantai sepanjang Samudra Hindia pada tanggal 26 Desember 2004 merupakan kejadian terbesar selama 40 tahun. Bencana itu merenggut nyawa lebih dari 300 ribu orang. Ada beberapa pihak yang mengajukan teori bahwa gempa bumi itu tidak alamiah, tapi sebagai akibat eksperimen militer yang dilakukan jauh di dalam samudra.

Peneliti Joe Vialls mengajukan pemikiran itu dalam tulisan "Did New York Orchestrate The Asian Tsunami?". Menurutnya, tidak sulit menyebabkan tsunami menggunakan suatu ledakan kedalaman di air. Profesor Michel Chossudovsky dari Kanada juga mempertanyakan seakan Angkatan Laut AS (US Navy) "sangat sadar adanya gelombang maut" sebelumnya, sehingga bisa mengirim peringatan ke pangkalan mereka di Diego Garcia.

Kebetulan, walaupun berada di lintasan tsunami maut, pangkalan itu dilaporkan tidak mengalami kerusakan ataupun jatuhnya korban jiwa. Ada beberapa laporan cahaya-cahaya aneh dan kegiatan UFO di kawasan itu selama bertahun-tahun, termasuk laporan yang disusun sesaat sebelum bencana pada 2004. Para nelayan di daerah itu melihat gejala aneh di udara dan melaporkan kesaksian mereka melalui kanal radio yang kemudian terganggu ketika berada di laut lepas.


8. Suara-suara dan fenomena aneh selama Badai Katrina dan Sandy


Badai Katrina pada 2005 dan Sandy pada 2012 sama-sama tragis dan merusak dengan tingginya angka kematian dan kerusakan parah pada infrastruktur. Keduanya sama-sama diduga terkait dengan cahaya-cahaya aneh yang terlihat beberapa hari sebelum bencana. Di New York, beberapa hari sebelum Sandy, banyak orang mengaku melihat cahaya-cahaya aneh di langit. Deron Williams, pemain basket Brooklyn Net, mengumukan melihat "kilatan hijau melintasi langit" beberapa jam sesudah badai menghantam kota.

Kemudian ada laporan suara aneh seperti geraman logam sehingga beberapa pihak menduga topan ini sebagai bagian eksperimen pemerintah terkait modifikasi cuaca, terutama program HAARP. Lalu ada yang mengkaitkan dengan pelatihan awal dalam program itu tentang cara menanggapi bencana seperti itu. Pelatihan pada tahun 1997 itu dinamai "Proyek Sandy". Cahaya-cahaya serupa pada 2012 juga telah terlihat pada Agustus 2005 sebelum kejadian badai Katrina, disertai laporan penglihatan suatu barisan UFO di lepas pantai Louisiana.

Dalam bencana itu, beberapa hari sesudah bencana, ada pesawat berbentuk cerutu melintas di atas kawasan yang babak belur, seakan sedang mengamati kerusakan. Sahabat viralsbook, lebih aneh lagi, beberapa tahun setelah Katrina, banyak pihak melaporkan bukan hanya penampakan UFO, tapi juga penculikan oleh alien sewaktu Katrina sedang mencabik-cabik New Orleans.


9. Penampakan makhluk bersayap sebelum runtuhnya Jembatan I-35W


Beberapa orang mengaku bahwa makhluk yang sama dengan yang terlihat 40 tahun dalam peristiwa runtuhnya Silver Bridge hadir kembali di Jembatan I-35W beberapa minggu sebelum ambruk pada 2007. Dalam kecelakaan itu, korban jiwa mencapai 13 orang dan cedera 100 orang. Kejadian ini dianggap sebagai salah satu yang terburuk dalam sejarah Minnesota, apalagi karena dikaitkan dengan kurangnya perawatan dan salah rancang.

Baca Juga : 10 Kecelakaan Pesawat Terbang Terdahsyat dan Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Beberapa hari setelah ambruk, pihak radio Coast to Coast AM menerima sejumlah panggilan telepn dari orang di sekitar tempat kejadian yang mengaku melihat makhluk aneh bersayap dekat jembatan, beberapa minggu sebelum kejadian. Seorang penelepon menjelaskan melihat sosok yang mirip Bigfoot dengan gada di tangannya. Seorang lagi mengatakan mereka melihat makhluk bersayap dengan bentangan hingga seukuran mobil keluarga.

Dua penampakan itu disebut-sebut terjadi pada bulan Juni, kira-kira sebulan sebelum ambruknya jembatan. Ada juga beberapa penampakan serupa di Minnesota pada 1968. Larry Hawkins mengaku melihat "sosok seperti manusia berbulu" ketika mengemudi di jalan. Brad Steiger menyelidiki dan menuliskan tentang pengakuan Hawkins dan sejumlah orang lainnya.


10. Penampakan benda aneh sebelum Tornado Oklahoma 2013


Pada 20 Mei 2013, sebuah tornado berukuran 3,2 kilometer mengoyak Oklahoma dan menewaskan 91 orang. Bangunan-bangunan pun rata dengan tanah. Tak sampai 48 jam sebelumnya, ada beberapa laporan benda-benda aneh berpendar dan cahaya-cahaya di atas langit Moore, Oklahoma. Beberapa saksi bahkan menyebut-nyebut adanya "armada" UFO terbang berbaris pelan-pelan di atas daerah itu.

Teori awal menyebutkan bahwa cahaya-cahaya aneh itu tidak lebih dari sekedar lentera, walaupun para pencinta UFO mengkaitkan penampakan itu bukan kebetulan. Bahkan disebut-sebut sebagai peringatan untuk kejadian masa depan. Ada beberap laporan serupa selama setahun sebelumnya di Oklahoma, demikian menurut National UFO Research Center. Misalnya, satu laporan dari Moore tentang “benda bola api” yang terlihat pada Juni 2012.

Kebanyakan tampilan UFO di AS berkutat pada cahaya-cahaya aneh, bukan benda pejal. Tidak jelas apakah cahaya-cahaya yang tampak beberapa hari sebelum tornado sekedar kebetulan.

***

Sahabat viralsbook, Benar atau tidaknya fenomena-fenomena aneh yang terjadi sebelum, sesudah atau saat bencana-bencana tersebut masih kerap menimbulkan tanda tanya. Semua kebenaran hanyalah tuhan yang tahu. (www.viralsbook.com)

referensi artikel: listverse.com

comments