Minggu, 26 November 2017

10 Kecelakaan Pesawat Terbang Terdahsyat dan Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Musibah bisa datang kapan saja dan di mana saja. Tak ada satupun orang bisa menghindari musibah-musibah yang datang secara mendadak. Manusia berusaha, tetapi Tuhan yang menentukan. Itulah pepatah yang pada intinya ingin menyatakan kalau sekuat apapun manusia berusaha, selalu ada rintangan yang siap menghadang.


VIRALSBOOK.COM - Banyak hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Baik itu karena kesalahan manusia, cuaca atau serangan teroris. Kecelakaan pesawat yang akan dijelaskan berikut ini merupakan kecelakaan pesawat paling mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Dampak dari kecelakaan pesawat tersebut tidak hanya materi tapi juga ratusan bahkan ribuan nyawa manusia ikut melayang karenanya. Berikut daftar lengkapnya yang viralsbook rangkum dari berbagai sumber.

1. Turkish Airlines Flight 981 Tahun 1974


Sebanyak 346 orang meninggal atas kecelakaan pesawat yang terjadi di luar kota Paris pada tanggal 3 Maret 1974. Kecelakaan mengerikan yang memakan banyak korban jiwa ini dialami oleh pesawat Turkish Airlines Flight 981. Menurut investigasi, kecelakaan disebabkan karena kargo belakang pesawat meledak.

Ledakan yang terjadi pada kargo mengakibatkan pesawat mengalami dekompresi, memutuskan sejumlah kabel, dan membuat pilot kehilangan kendali pesawat. Kargo pesawat Turkish Airline terbuka ke arah luar dan menyebabkan tekanan udara keluar. Terbukanya kargo pesawat diperkirakan merupakan kesalahan mekanisme kunci pada kargo pesawat.

2. Tenerife Disaster Tahun 1977


Pada tanggal 27 Maret 1977, terjadi sebuah ledakan bom di dekat Gran Canaria Airport. Hal ini membuat 2 penerbangan yakni KLM Flight 4805 dan Pan Am flight 1736 mengalihkan penerbangannya menuju Los Rodeos yang kini telah berganti nama menjadi Tenerife North Airport. Di Tenerife North Airport inilah terjadi sebuah kecelakaan pesawat mengerikan yang tidak pernah dibayangkan orang.

Baca Juga : Lebih Memilih Untuk Menikah Dengan Benda Mati, Inilah 10 Ikatan Pernikahan Teraneh di Dunia

Pada saat di Tenerife North Airport, kabut tebal menyelimuti bandara dan juga cuaca buruk menganggu komunikasi airport dan beberapa penerbangan. Karena 2 faktor inilah, kedua pesawat Boeing 747 saling bertabrakan ketika hendak berangkat. Sahabat viralsbook, sebanyak 248 penumpang pesawat KLM meninggal dunia bersama dengan 335 penumpang dari Pan Am flight. Dengan total korban jiwa sebanyak 583 orang, kecelakaan pesawat ini dianggap sebagai kecelakan pesawat paling mengerikan sepanjang sejarah penerbangan.

3. Saudia Flight 163 Tahun 1980


Hanya berselang 6 menit setelah pesawat Saudia Flight 163 lepas landas dari Riyadh, sebuah peringatan diberikan melalui radio. Dikatakan bahwa muncul asap mencurigakan dari kargo pesawat. Kru pesawat berusaha untuk mencari tahu apa penyebab munculnya asap tersebut dan tindakan apa yang harus dilakukan.

Setelah kembali ke airport, kerusakan yang disebabkan oleh asap itu memaksa mereka untuk mematikan mesin pesawat. Pesawat sebenarnya berhasil mendarat dengan selamat, tapi terdapat korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Sebanyak 301 penumpang meninggal dunia akibat terlalu lama menghirup asap yang muncul dari pesawat. Peristiwa tragis ini terjadi pada tanggal 19 Agustus 1980.

4. Air India Flight 182 Tahun 1985


Kecelakaan pesawat mengerikan lainnya dialami oleh Air India Flight 182. Kecelakaan ini terjadi ketika Air India Flight 182 tengah terbang di udara, diantara kota London dan Montreal. Pesawat dengan rute Kanada-London, Inggris-Delhi mengalami kecelakaan pada tanggal 23 Juni 1985.

Sahabat viralsbook, Kecelakaan yang dialami Air India Flight 182 disebabkan oleh sebuah bom yang meledak di dalam pesawat. Bom diperkirakan dipasang oleh sebuah anggota militan Sikh. Bom tersebut meledakan pesawat yang akhirnya jatuh di samudra Atlantic, tepi pantai Irlandia.

5. Japan Airlines Flight 123 Tahun 1985


Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang bandaranya selalu sibuk. Pada tanggal 12 Agustus 1985, terjadi sebuah kecelakaan pesawat mengerikan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 520 orang. Kecelakaan pesawat tersebut terjadi setelah penerbangan Japan Ailines Fligh 123 lepas landas. Kecelakaannya sendiri terjadi di dekat gunung Ogura.

Penyebab kecelakaan pesawat yang menewaskan ratusan orang ini dikarenakan pesawat mengalami dekompresi. Dekompresi tersebut merusak sistem hidrolik dan ekor pesawat. Akibatnya, pilot tidak lagi sanggup mengontrol pesawat terbang.

6. Iran Air Flight 655 Tahun 1988


Iran Air Flight 1988 mengalami kecelakaan mengerikan dimana pesawat tersebut ditembak jatuh di atas teluk Persia. Saat itu memang sedang terjadi perang antara Iran dengan Irak. Akibatnya, sebanyak 290 orang menjadi korban dari kecelakaan tersebut.

Kecelakaan mengerikan tersebut terjadi pada tanggal 3 Juli 1988. Diduga karena terjadi kesalahan komunikasi, kapal USS Vincennes akhirnya menembak jatuh pesawat Iran Air Flight 655. Menurut berita, pasukan NAVY telah mencoba menghubungi Iran Air Flight 655 namun tidak ada jawaban. Baik penumpang dan kru pesawat tidak ada yang selamat.

Baca Juga : 10 Rahasia Unik Dibalik Bioskop Yang Wajib Kamu Ketahui, Jangan Berani Ngaku Pecinta Bioskop Kalau Belum Tahu Rahasianya

7. Air Africa Crash 1988 Tahun 1996


Pada tanggal 8 Januari 1996, kecelakaan pesawat dialami oleh Iran Air Flight 1988 di Kinshasa, Kongo, memakan korban jiwa antara 225 sampai 348 orang. Dikarenakan lokasi kecelakaan pesawat yang termasuk di daerah ilegal, membuat informasi lengkap mengenai kecelakan mengerikan ini tidak terlalu banyak diperoleh.

Kecelakaan diperkirakan karena pesawat kelebihan beban, kemungkinan membawa senjata untuk pasukan militer Angola. Pesawat jatuh mengenai sebuah pasar, kemudian meledak membentuk bola api besar. Kecelakaan ini membunuh kira-kira 225 sampai 348 orang dan mengakibatkan luka parah lebih dari 500 orang.

8. Charkhi Dadri Tahun 1996


Kecelakaan pesawat berikutnya terjadi di udara Pada tanggal 12 November 1996, ketika pesawat Saudi Arabian Airline dan Kazakhstan saling bertabrakan di sebelah barat kota New Delhi. Dalam kecelakaan mengerikan tersebut, penumpang kedua pesawat semuanya tewas secara tragis. Kecelakaan pesawat disebabkan karena kurangnya kemampuan berbahasa Inggris dari kedua pilot.

Kecelakaan yang merenggut 349 penumpang ini terjadi pada November 1996. Pesawat Saudi Arabian Ailine berangkat dari kota New Delhi dan sudah diberi peringatan untuk terbang di ketinggian 1.042 meter, namun pesawat terbang tersebut malah semakin menaikan ketinggian hingga mengenai pesawat Kazakhstan. Akhirnya kecelakaan kedua pesawat sudah tidak bisa lagi dihindari.

9. Tragedi WTC 11 September 2001


Masih ingatkah kalian dengan kecelakaan pesawat yang terjadi di Amerika Serikat pada 11 September 2001? Kecelakaan pesawat mengerikan tersebut terjadi bukan hanya 1 melainkan 4 pesawat. Keempat pesawat tersebut adalah 2 pesawat 767 yang terbang dari Boston, 757 yang terbang dari Wahsington, dan 757 yang terbang dari Newark.

Sahabat viralsbook, dikabarkan bahwa pesawat tersebut dibajak oleh sekelompok teroris yang menyebut diri mereka Al-Qaeda. Keempat pesawat tersebut menabrak gedung World Trade Center yang berada di New York. Mengakibatkan kebakaran hebat dan runtuhnya gedung WTC. Korban jiwa berjatuhan termasuk 33 kru pesawat dan 214 penumpang pesawat, 125 orang di Pentagon, dan lebih dari 2.700 kematian dan kehilangan di New York.

Baca Juga : OMG! Inilah Penampakan 10 Buah dan Sayur-Sayuran Raksasa Terbesar dan Paling Berat di Dunia

10. Iran Ilyushin II 2003


Kecelakaan pesawat yang terjadi di Iran ini disebut-sebut sebagai salah satu kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan yang pernah terjadi dengan korban jiwa yang jatuh sebanyak 302 orang. Kecelakaan pesawat Iran Ilyusin II ini terjadi pada 19 Februari 2003 di dekat Kerman, Iran.

Tidak ada informasi yang jelas tentang kecelakaan pesawat satu ini. Namun dipercaya oleh orang bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh faktor cuaca. Angin kencang dan kabut tebal membuat pandang terbatas yang akhirnya berujung pada kecelakaan.

***

Nah, Sahabat viralsbook, itulah 10 kecelakaan pesawat terdahsyat yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Kini dengan kemajuan teknologi, transportasi udara ini kini sudah mengalami perbaikan safety di badan pesawat hingga pada SDM. Sehingga tak perlu khawatir untuk naik pesawat di kemudian hari. (vb_02)
Baca Juga