Senin, 11 Desember 2017

Karya-Karya Foto Yang Asli dan Natural Tapi Terlihat Seolah Ada Rekayasa Digital

Di zaman sekarang ini, sebuah foto sangat sulit dicari keasliannya, karena adanya sebuah perangkat lunak yang bisa merekayasa hasil foto pada komputer yang disebut Adobe Photoshop. Tapi foto-foto berikut adalah foto asli tanpa rekayasa digital, walaupun terlihat tidak masuk akal.





VIRALSBOOK.COM - Foto adalah gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu obyek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. Zaman sekarang sudah banyak software edit foto yang bisa mempermudah kita untuk mengubah atau mempercantik hasil jepretan kamera, salah satunya adalah Adobe Photoshop.

Photoshop sendiri adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Dan terkadang foto yang sebenarnya asli hasil jepretan kamera tidak kita percayai keasliannya, karena bisa saja foto tersebut hampir diluar akal kita. Dan berikut beberapa foto hasil jepretan asli yang bukan rekayasa photoshop yang viralsbook rangkum dari berbagai sumber.


Foto Karya Katerina Plotnikova


Katerina Plotnikova adalah seorang fotografer seni muda yang berbasis di Moskow yang membawa hewan dan manusia bersama dalam fotografi spiritual dan magisnya. Karya-karyanya yang terinspirasi oleh dongeng menciptakan kembali ikatan yang telah lama hilang atau sudah lama terlupakan antara hewan dan manusia.


Pemilihan binatang yang tidak biasa dalam karya mencolok Plotnikova dan interaksi lembut mereka dengan manusia membuat fotografi tampak seperti karya seni yang disempurnakan secara digital. Namun, semua hewan seperti harimau, serigala, beruang, gajah, ular, burung hantu dan hewan buas lainnya itu nyata dan hidup. Ide liar Plotnikova diwujudkan dengan bantuan pelatih hewan serta pemahaman dan model profesional yang setia.

Baca Juga : Percaya Gak Sih? 12 Hasil Foto Gabungan Objek Smartphone dan Dunia Nyata Ini Sangat Mengagumkan


Sahabat viralsbook, kontras hewan liar dan pasangan manusia mereka yang rapuh membuat pemandangan tampak tenang, mistis dan nostalgia, mengingatkan kita akan kedekatan mendasar semua makhluk hidup.


Foto Karya David Maitland


Dalam rantai makanan sudah ditakdirkan bahwa katak yang akan jadi santapan ular. Tetapi tidak semua ular mendapatkan kenyataan ini, seperti terlihat pada foto yang diambil oleh David Maitland. Dalam karyanya yang spektakuler yang tentu saja tanpa polesan software digital ini menyampaikan seekor katak pohon langka Morelet yang menolak keras menjadi makan malam ular bermata kucing.

Sahabat viralsbook, foto ini berhasil memenangkan kontes Wildlife Photographer of The Year tahun 2008 bernama "Deadlock", dimana foto dengan objek ular akan menyantap katak ini diambil pada tengah malam di hutan hujan Belize, pesisir timur Amerika Tengah. David Maitland menyaksikan di tengah malam hingga 03:00 sebagai moment langka dari seekor katak pohon yang menolak untuk menjadi makan malam ular.


Foto Karya Martin Le May


Seorang fotografer amatir dari Essex, Martin Le May, mengabadikan perilaku hewan mengagumkan. Dari area Hornchurch Country Park di London timur, Kamera Martin Le May menangkap momen dan mengabadikan seekor musang (Mustela nivalis) yang sedang menunggangi burung pelatuk (Picus viridis) yang sedang terbang.

Sahabat viralsbook, foto itu kemudian tersebar di media sosial. Di Twitter, foto itu di-retweet ribuan kali. Sang fotografer mengatakan pemandangan ini mungkin memang terlihat sangat menggemaskan, namun kelihatannya burung pelatuk itu tengah berusaha melarikan diri dari binatang kecil itu. Apakah foto tersebut asli atau palsu melalui olah digital? Hany Farid, peneliti forensik digital dari Darthmouth University, mengungkapkan bahwa foto itu asli.

Baca Juga : Daftar 10 Foto Di Instagram Yang Paling Banyak Disukai Tahun 2017

Hany Farid mengungkapkan bahwa butuh sebuah kebetulan yang langka sehingga foto musang dan burung bisa digabungkan menjadi satu. Fakta bahwa Le May mengunggah beberapa foto juga mendukung dugaan bahwa foto memang asli. Farid juga melihat konsistensi foto.


Foto Karya Gavin Oliver


Santai di atas pohon itu jauh lebih nikmat. Kata-kata ini mungkin sangat sempurna untuk sekawanan kambing-kambing yang terlihat dalam foto karya Gavim Oliver. Bagaimana tidak, beberapa kambing nekad menaiki pohon setinggi 17 kaki dan kemudian bersantai di beberapa ujung batang pohon.

Momen yang menunjukkan 9 ekor kambing petualang yang lagi santai di atas pohon ini berhasil diabadikan oleh fotografer Gavin Oliver di erat Todra Gorge, Maroko. Meskipun cabang pohon tersebut berisiko patah, tampaknya kambing-kambing tersebut tidak begitu khawatir dan malah menikmatinya. Kambing-kambing ini terlihat seolah-olah mereka telah diangkat ke atas pohon melalui polesan digital. Namun, pada kenyataannya, kambing mendaki sendiri ke atas pohon, dengan melompat cara mereka sampai cabang untuk mencari buah zaitun.


Foto Karya Jonathan Blair


Foto yang diambil oleh fotografer National Geographic Jonathan Blair di atas benar-benar fantastis sekaligus greget. Bagaimana tidak, seekor buaya Nil tampak bersiap menyambut mangsanya dengan membukakan mulutnya. Bukannya menghindari mulut buaya, seekor katak malah menggelantung di bawah mulut buaya tersebut.

Sahabat viralsbook, foto ini diambil di St. Lucia Estuary, Afrika Selatan. Buaya Nil dalam karya foto Jobathan dikenal sebagai buaya biasa, walaupun mayoritas reptil besar di sebagian besar Afrika telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu yang paling ganas dan mematikan di planet ini. Sebuah karya asli yang natural dan terlihat seolah ada polesan digital.

Baca Juga : Gemes! 12 Foto Kucing Didandani Ala ‘Bintang Zodiak’, Dijamin Bikin Kamu Greget Pengen Peluk

Foto Hiu Besar Di Bawah Kano


Ketika foto ini pertama kali diterbitkan di Geographic Afrika, BBC Wildlife dan kemudian di Paris Match dan Daily Mail itu mengakibatkan sebuah pertanyaan besar dan mulai banyak e-mail, telepon dan surat dari seluruh dunia menanyakan apakah gambar itu palsu. Foto ini menjadi yang paling banyak dibicarakan dari sharkphotograph yang pernah ada.

Foto seekor Hiu dibawah kano adalah nyata dan benar adanya, tidak ada campur tangan Photoshop, tidak ada manipulasi digital, tidak ada apa-apa, diambil menggunakan kamera Nikon F5 dan lensa 17-35 mm.

***

Sahabat viralsbook, itulah karya foto yang menakjubkan tanpa rekayasa digital. Alam menyimpan banyak hal yang mengagumkan dan manusia bisa melihat dan mengabadikannya secara langsung jika akrab dengan alam tanpa harus merekayasanya melalui photoshop. (vb_04)

comments