Minggu, 03 Desember 2017

Viral, Buaya Makan Kerupuk di Sungai Mancung, Sambil “Joget” Bila Dengar Musik Dambus

Viral, Buaya Makan Kerupuk di Sungai Mancung, Sambil “Joget” Bila Dengar Musik Dambus

VIRALSBOOK.COM - Buaya termasuk reptil bertubuh besar yang hidup di air dan secara ilmiah menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara.

Kita ketahui bahwa buaya adalah predator ganas yang menjadikan daging sebagai santapannya. Di alam liar, buaya ditakuti binatang lainnya. Sekali kena gigitan, jarang yang bisa selamat.

Namun, buaya di Sungai Mancung Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini lain dari yang lain dan mungkin hanya kawanan buaya di tempat ini yang boleh dibilang unik.

Buaya yang suka makan kerupuk yang viral di facebook (foto/Aurel)


Pasalnya, buaya yang tinggal di bawah jembatan Sungai Mancung ini senang menyantap kerupuk. Buaya doyan kerupuk tentunya jarang terdengar.

Meski makanan utamanya tetap mangsa berbahan daging tetapi saat disodori kerupuk, sang buaya tak menolak. Bahkan menurut warga sekitar buaya sungai Mancung lebih doyan makan kerupuk ketimbang daging..

Untuk 'memancing' buaya muncul ke permukaan, warga tak perlu memakai umpan daging. Buaya sudah muncul jika diberikan umpan kerupuk.

Kebiasaan warga membuang kerupuk yang tak laku dijual diduga sebagai penyebabnya.

Kisah buaya suka makan kerupuk ini sontak saja menarik perhatian warga. Tak hanya itu, buaya ini juga ngetop di media sosial. Videonya telah diunggah di laman Youtube dan Facebook.

Kemunculan reptil ganas ini tentunya sesuatu yang jarang terjadi, karena biasanya buaya liar sangat jarang menampakan diri.

Dilansir dari laman tribun, Kades Mancung, Karman mengatakan jika kebiasaan tak lazim ini telah berlangsung sejak tiga tahun silam yang berawal saat sejumlah pedagang yang kerap singgah dan membuang kerupuk-kerupuk kedaluwarsa ke sungai Mancung.

"Sudah sejak tiga tahun lalu buaya mondar-mandir di sungai bawah jembatan. Ceritanya pedagang-pedagang kerupuk yang dari pangkalpinang sering membuang kerupuk yang sudah tak laku ke sungai itu. Jadi sampai sekarang kebiasaan itu terus berlanjut. Bahkan buaya itu lebih doyan kerupuk dari pada daging ayam," jelas Karman.

Hanya saja, hebohnya baru saat ini melalui akun media sosial.

Video ini pertama kali diunggah oleh akun facebook Aurel Yudhi Haryanto, warga Pangkalpinang yang kebetulan sedang ada pekerjaan di Desa Mancung. Dia langsung mengabadikan momen unik kemunculan buaya hanya dengan umpan kerupuk.

Ia yang kemudian merekam video kemunculan buaya tersebut menggunakan perangkat smartphone miliknya.

"Warga sekitar Mancung Kecamatan Kelapa memang heboh kabar ini. Makanya saya coba pancing pakai kerupuk, ternyata muncul," kata Aurel Yudhi Haryanto.

Video itu kemudian ia sebarkan ke media sosial miliknya.

"Buaya itu sekitar 3 meter ukurannya, mungkin masih remaja, masih anaknya," katanya.

Yudhi mengatakan, ketika ada seorang pemain dambus tiba dan memainkan musik, buaya tersebut seperti gembira.

"Ia joget berputar-putar, muncul ke permukaan. Warga pun berbondong-bondong melihatnya, jadi heboh," kata Yudhi.

Video itu saat ini menjadi viral dan dibagikan oleh netizen.

Penasaran seperti apa buaya makan krupuk? Tonton salah satu videonya dibawah ini. (vb_02)


comments