Jumat, 05 Januari 2018

Fakta Menarik Tentang 5 Logo Terkenal dan Populer di Dunia yang Ternyata Dibuat Dengan Harga Terlalu Murah

Ternyata ada logo-logo populer yang tidak memerlukan biaya besar dalam pembuatannya. Berikut 5 logo terkenal di dunia dengan biaya pembuatan termurah


VIRALSBOOK.COM - Logo dalam perspektif bisnis, memang sesuatu yang bisa dibilang tak terpisahkan. Sebagai bagian dari pencitraan serta filosofi sebuah brand, logo dibutuhkan agar sebuah bisnis dikenali publik dan dapat berjalan baik.

Logo juga berfungsi mengingatkan khalayak mengenai bisnis yang kita miliki. Logo juga biasanya dibuat unik dan tidak sama satu dengan lainnya, karena logo berfungsi sebagai identitas perusahaan, membedakan antara satu bisnis dengan yang lainnya.

Logo sendiri sebenarnya adalah simbol atau lambang khusus, yang mewakili perusahaan atau sebuah organisasi. Nah, biasanya logo memiliki arti dan makna tertentu. Namun postingan kali ini bukan membahas tentang arti dan makna logo-logo tertentu.

Ternyata, beberapa perusahaan di dunia dapat membuat logo dengan biaya yang sangat murah. Bahkan ada yang gratis tanpa harus keluar biaya ekstra! Padahal kalau kita lihat logonya sangat keren dan ikonik. Serta sudah menjadi identitas perusahaan dan produk tertentu karena sudah dikenal oleh hampir seluruh orang di dunia. Inilah 5 Logo Terkenal di Dunia Dengan Biaya Pembuatan Termurah Sedunia.


1. Logo Nike

Kamu pasti kenal logo di atas? Ya, benar! Logo NIKE ini bernama Swoosh. Nike “Swoosh” adalah sebuah desain yang diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University. Dan digunakan sebagai motif pada sepatu olahraga sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda centang pada desain logo perusahaan terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1995 dan menjadi identitas bagi produk Nike.


Nike Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Maria Sharapova dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, Arsenal, Inter Milan, Barcelona, Atl├ętico de Madrid, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, FC Porto dan Paris Saint-Germain.

Phil Knight, pendiri Nike membeli logo tersebut dari Carolyn Davidson dengan harga cuma 35 dolar, atau hanya sekitar 470 ribu rupiah saja. Saat membeli logo tersebut, Phil Knight berkata, "Aku tidak menyukainya, tapi aku pikir logo ini akan berkembang bersamaku."

Baca Juga : 5 Teori Konspirasi Gila yang Ternyata Benar-Benar Terjadi, Bukti bahwa Teori Ini Tak Selamanya Omong Kosong

Pada tahun 1983, Phil Knight memberikan cincin berlian dengan ukiran Nike Swoosh kepada Carolyn Davidson, sang desainer sebagai penghargaan atas karyanya. Ia juga menerima sejumlah saham perusahaan Nike.


2. Logo Twitter


Anda mungkin berpikir bahwa pembuatan logo Twitter yang pertama mengeluarkan biaya tinggi. Ternyata tidak! Pada tahun 2006, Twitter hanya mengeluarkan biaya 15 dolar atau sekitar 200 ribu-an rupiah untuk membeli hak cipta gambar burung biru tersebut dari iStockphoto. Pencipta gambar burung tersebut bahkan mungkin hanya mendapatkan sekitar 6 dolar.
Pencipta si burung biru ini adalah salah seorang ilustrator yang bernama “Simon Oxley”. Dari dulu memang ia biasa mempublikasikan gambar – gambarnya di situs iStockphoto, yang konon situs ini menjual foto.

Nah, suatu ketika seseorang dari perusahaan twitter yang melihat gambar burung kecil itu, burung Oxley berbentuk ramping, terlihat tenang, dihiasi hanya dengan mata bergaya dan bertengger di sebuah cabang pohon. Dan orang tersebut membelinya untuk diletakkan di halaman twitter. Saat itu orang tersebut membeli gambar burung biru itu dengan harga 6 Dolar, atau hanya sekitar Rp.60.000.


3. Logo Google

Logo pertama Google dibuat oleh Sergey Brin, salah satu pendirinya pada tahun 1998. Ia menggunakan GIMP, sebuah program editing grafis gratis. Logo berupa tulisan Google dengan warna huruf berbeda-beda memang terlihat sederhana. Namun, ternyata Google akhirnya menuai kesuksesan yang luar biasa hingga hari ini.

Desain logo ini apabila diamati memiliki kesan sederhana dan mudah, mirip dengan konsep yang diambil Google sebagai mesin pencari yang cukup sederhana dan memberikan kemudahan. Sangat minimalis, dinamis dan modern.

Baca Juga : 5 Peristiwa Misterius yang Mengerikan dan Membuat Manusia Panik serta Menyangka Hari Kiamat Telah Tiba

Hingga akhirnya, sebuah logo yang terakhir adalah logo yang paling pas untuk melambangkan situs pencari, Google. Sangat sederhana dengan desain lembut dengan warna-warna yang semarak.

Untuk jenis font yang dipilih adalah Catull, sebab font tersebut menyatukan elemen tradisional dengan serif dan tak meninggalkan elemen modern dengan beberapa lengkungannya. Hal ini sesuai dengan prinsip pencarian oleh search engine yang mana untuk mencari informasi di masa lampau.


4. Logo Microsoft


Meskipun logonya keren, ternyata Microsoft tidak mengeluarkan biaya untuk memperbaharui desain logonya pada tahun 2012. Sebab, konsep desain dan pembuatan logonya dikerjakan oleh tim yang ada di dalam perusahaan. Jadi, tidak ada biaya khusus dan ekstra yang harus dikeluarkan Microsoft untuk mendesain ulang logonya, selain gaji normal para anggota tim yang terlibat.

Logo ini punya dua komponen, yaitu huruf dan lambang berupa kotak berwarna warni. Lalu apa artinya? Menurut keterangan Microsoft bahwa untuk tulisan logo menggunakan font jenis Segoe yang juga digunakan di produk dan marketing komunikasi. Simbol dengan kotak berwarna warni ditujukan untuk mengekspresikan portofolio produk perusahaan yang beragam.


5. Logo Coca-Cola

Ini dia logo klasik dan unik yang telah berusia hampir 130 tahun. Ya, logo Coca Cola dibuat sendiri oleh Frank M. Robinson, partner sekaligus akuntan dari John S. Pemberton, sang pendiri perusahaan. Frank M. Robinson bereksperimen dengan Spencerian Script, untuk membuat logo yang unik seperti kaligrafi, diciptakan pada pertengahan abad ke-19 . Itu adalah bentuk dominan dari tulisan tangan yang resmi di Amerika pada jaman itu. Bahkan, ia pula yang mengusulkan nama Coca Cola.

Baca Juga : Ngeri Banget, 5 Lagu ini Dipercaya Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyanyikan


Gambar logo Coca-Cola muncul dalam iklan untuk pertama kalinya di Atlanta Journal pada tahun 1915. Gambar logo Coca-Cola terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1887 dan sejak itu menjadi identitas eksklusif perusahaan.

Sampai hari ini, logo Coca Cola memang mengalami beberapa perubahan kecil agar lebih mudah diaplikasikan pada berbagai media. Namun, kesan klasik dari logo aslinya tetap tak bisa dihilangkan.

***

Itulah 5 logo terkenal yang ternyata dibuat dengan harga yang sangat murah, bahkan gratis. Memang sih, membuat logo yang baik dan dapat mencerminkan identitas suatu perusahaan membutuhkan proses yang tidak mudah. Tapi bukan berarti harus mahal. Semoga bermanfaat (vb_01)

comments