Kamis, 04 Oktober 2018

10 Legenda Hantu Paling Unik Asal Jepang, Tampak Lucu dan Konyol Namun Menyeramkan

Legenda misteri hantu yang ada di Jepang sepintas terlihat konyol dan bikin ngakak. Namun satu hal yang pasti, ternyata dibalik penampakan mereka yang unik dan suka usil terdapat kisah-kisah menyeramkan.


VIRALSBOOK.COM - Setiap daerah pasti memiliki cerita rakyat masing-masing, tak terkecuali kisah horornya. Jika di Indonesia ada kisah hantu seperti pocong, kuntilanak, suster ngesot dan lain-lain, maka Jepang pun juga memiliki kisah hantunya tersendiri. Uniknya, beberapa legenda hantu di Jepang justru tergolong lucu dan konyol. Namun dibalik penampakannya yang bikin ngakak, terdapat kisah-kisah yang menyeramkan. Bahkan hantu-hantu di Jepang masuk dalam katagori hantu paling aneh dan bahkan usil.

Penasaran seperti apa hantu-hantunya? Berikut deretan legenda hantu Jepang yang dihimpun viralsbook dari berbagai sumber. Oh iya sahabat viralsbook, sebelum dilanjutkan membaca ulasan tentang mitos hantu jepang ini, disarankan sebaiknya untuk tidak membacanya seorang diri. Jangan sampai hantunya tiba-tiba ada disampingmu. Hiiii ngeri!


1. Akaname – Hantu toilet


Akaname adalah hantu atau siluman legenda rakyat Jepang. Arti dari Akaname sendiri dalam bahasa Jepang adalah penjilat kotoran. Akaname juga dapat di terjemahkan seperti penjilat merah. Dari pengertian ini, Akaname sering digambarkan dengan makhluk mengerikan berwarna merah. Akaname merupakan hantu populer yang ada di Jepang dan tidak menjadikan manusia sebagai mangsanya. Lalu, apa yang dimakan oleh hantu merah berkuku tajam ini? Makanan yang dikomsumsi oleh Akaname adalah kotoran manusia. Namun, walaupun tidak memakan manusia penampakan hantu ini sangat menakutkan. Sehingga banyak orang yang lari tunggang langgang ketika melihat penampakannya yang memiliki lidah panjang.

Akaname akan muncul di tempat tinggal seseorang, apabila penghuninya tidak memperhatikan kebersihan kamar mandinya. Ia akan memakan habis kotoran yang masih berada di kamar mandi dengan lahapnya. Sebenarnya keberadaan Akaname ini sangat menguntungkan pemilik rumah. Mengapa? Karena dengan keberadaannya, kamar mandi akan senantiasa bersih. Setiap ada kotoran yang tertinggal di kamar mandi akan ia makan sampai bersih. Jadi, pemilik rumah tidak usah repot-repot dalam membersihkan rumahnya.

Tapi, dibalik ‘keuntungan’ tersebut, ternyata ada hal negatif mengapa masyarakat Jepang sangat antipati dengan makhluk satu ini. Apalagi kalau bukan mengenai bentuk fisiknya yang menyeramkan. Konon, banyak yang takut melihat penampilannya yang menyerupai monster Singa dengan rambut panjang, telinganya yang runcing, matanya yang sangar serta deretan giginya yang tajam. Sosoknya membuat siapapun yang melihatnya akan lari tunggang langgang, apalagi jika melihat lidahnya yang terjulur panjang.

Baca Juga : Ngerinya Kebangetan, Inilah 7 Film Horor Lawas Indonesia Terseram Sepanjang Masa

2. Okaburo – Hantu bencong


Okaburo atau sebutan lainya Okamuro, merupakan legenda hantu Okama atau bencong di Jepang yang sering bergentayangan di tempat prostitusi. Hantu ini menurut legenda rakyat jepang memiliki penampilan layaknya "Gadis Kamuro," gadis gadis yang dipekerjakan sebagai pelayan di rumah bordil. Okaburo memiliki ciri khas dandanan yang menor serta menggunakan kimono bermotif daun krisan.

Asal usul hantu ini sendiri sebenarnya tidak jelas, namun salah satu kisah yang paling populer adalah bahwa awal mula munculnya hantu Okaburo berasal dari salah satu anak di rumah bordil kaum gay yang biasa ditawarkan pada pria hidung belang. Sahabat viralsbook, anak laki-laki ini biasanya berpakaian seperti gadis kamuro, sambil menunggu pelanggan di depan rumah bordil.

Namun karena menyukai sesama jenis saat itu merupakan hal yang sangat tabu, mereka biasanya menggunakan kode khusus yaitu motif bunga krisan di kimono mereka. Pada zaman dulu bunga krisan sering dikonotasikan sebagai simbol kaum gay karena bentuk kelopak bunganya yang mirip dengan anus manusia. Sosok Okaburo sendiri dipercaya merupakan arwah gentayangan dari salah satu anak ini yang mati secara tak wajar dan menjadi hantu.


3. Tenjoname – Hantu langit-langit rumah


Legenda hantu asal jepang yang ketiga ini terlihat mirip hantu Akaname karena digambarkan sebagai sosok bertubuh tinggi besar dengan lidah yang menjulur dari mulutnya. Kebiasaanya pun sama, yakni senang menjilat-jilat. Bedanya, Akaname menjilat kotoran manusia di toilet dan Tenjoname adalah hantu yang suka menjilati langit-langit rumah.

Hantu ini merupakan salah satu legenda yokai yang pertama muncul pada abad ke-18. Kisah kemunculan Tenjoname sendiri bermula dari cerita seorang samurai di istana Tatebayashi yang mengaku berhasil memenangkan Tenjoname dan menggunakan hantu ini untuk membersihkan langit-langit istana.

Sejak saat itulah legenda Tenjoname mulai dikenal luas di Jepang. Konon katanya hantu ini biasanya akan muncul di rumah tua yang tak terawat dan memiliki banyak noda. Tenjonime dipercaya menyukai rumah yang kotor seperti ini karena sangat suka untuk memakan debu dan kotoran yang menempel di langit-langit. Konon, tanda-tanda munculnya Tenjoname bisa dilihat dengan adanya bercak hitam di langit-langit rumah.


4. Kasabake – Hantu payung


Kasabake merupakan hantu asal jepang berwujud payung dengan mata satu, kaki satu, dan memiliki dua tangan. Kasabake juga memiliki lidah yang menjulur Panjang dan memiliki beberapa sebutan lain, yaitu Karakasa Obake, Karakasa Kozo, dan Kasa Obake. Hantu ini cukup populer dikalangan rakyat jepang zaman dulu hingga kini. Saking populernya, Kasabake bahkan dikenal oleh orang-orang yang ada di luar Jepang.

Sayangnya sahabat viralsbook, literatur tentang hantu Kasabake tidak disertai dengan bukti-bukti, sehingga mereka dianggap hanya sebagai cerita rakyat yang dibuat-buat saja. Bahkan ada juga yang menganggap bahwa Kasabake hanyalah sekedar karakter manga. Permainan Hyakumonogatari Kaidankai sangat popular di Jepang, dan dalam permainan itu orang-orang diminta untuk menceritakan tentang kisah-kisah yang menyeramkan. Banyak yang menganggap Kasabake muncul sebagai salah satu kisah yang diceritakan oleh pencerita dalam permainan tersebut.

Namun sebenarnya dalam mitos Jepang, mereka mempercayai bahwa benda mati yang sudah tua akan berubah menjadi sosok siluman, atau memiliki kekuatan spiritual tertentu dan biasa di sebut dengan Tsukumogami. Beberapa literatur menganggap Kasabake adalah bagian dari mereka. Hingga kini, Kasabake sering dipakai sebagai penggambaran rumah-rumah angker, juga sering dipakai dalam karakter anime, manga, dan film. Apakah di rumah kalian terdapat benda-benda tua? Mungkin saja benda tersebut sewaktu-waktu dapat berubah menjadi seperti Kasabake.


5. Kowai – Hantu rakus


Kowai dalam bahasa Jepang sebenarnya merupakan kata yang merepresentasikan rasa takut. Namun kata ini juga memiliki arti lain yaitu merupakan nama dari sosok hantu yang ada dalam legenda Jepang. Menurut legenda yang ada, Kowai konon merupakan perwujudan dari jiwa manusia yang semasa hidupnya sangat rakus. Obsesi manusia tersebut pada makanan kemudian tetap ikut terbawa hingga ia mati dan akhirnya menjadi hantu yang kelaparan dan gentayang di dekat penjual makanan.

Baca Juga : 5 Makam Seram Ini Disebut Makam Terangker dan Bikin Bulu Kuduk Merinding

Secara penampilan Kowai sering digambarkan memiliki wujud seperti manusia hanya saja memiliki mata seperti rubah yang berwarna merah darah, gigi yang tajam dan lidah panjang yang selalu meneteskan air liur. Karena obsesinya terhadap makanan, Kowai selalu merasa kelaparan dan menghabiskan seluruh makanan yang ia lihat. Karena itu sosok hantu ini sering kali berkeliaran di dekat penjual makanan dan konon pula tak jarang menyerang mereka, khususnya pedagang yang berjualan hingga larut malam.

Dalam beberapa kisah lain, Kowai konon juga sering memakan bangkai di jalan ataupun sampah sisa makanan. Pokoknya apa saja asal bisa dimakan, maka hantu rakus ini akan mengejar dan memakannya. Wah, benar-benar hantu yang konyol banget.


6. Kanbari Nyuudou - Hantu genit


Malam Tahun Baru biasanya merupakan hari yang sangat meriah di Jepang. Namun hari spesial ini juga bisa jadi cukup menyeramkan, karena malam tahun baru juga merupakan hari dimana Kanbari Nyudo akan muncul. Kanbari Nyudo sendiri menurut legenda rakyat jepang merupakan sosok hantu genit yang suka mengintip toilet. Hantu ini digambarkan memiliki penampilan mirip dengan pendeta sinto, dengan jubah tebal dan kepala plontos.

Sejarah tentang hantu ini sendiri, sebenarnya sangat minim karena sosoknya yang digambarkan hanya muncul setahun sekali. Namun salah satu cerita yang paling terkenal mengenai asal usul Kanbari Nyuundou, adalah bahwa hantu ini sebenarnya dari dewa toilet dalam mitologi cina yaitu "Kakuto." Karakter penulisan huruf Kakuto ini di Jepang mirip dengan karakter kata dari burung Kukco. Suara burung inilah yang konon merupakan pertanda kedatangan Kanbari Nyundou di toilet.

Sahabat viralsbook, secara umum hantu ini digambarkan sebagai pembawa sial yang bisa membuat orang yang diintip olehnya ditimpa kemalangan. Selain itu Kanbari Nyudo juga sering digambarkan sebagai hantu mesum yang sering mencoba untuk meraba atau menjilati orang yang menggunakan toilet saat tengah malam. Di Jepang sendiri jika kita mendengar suara burung Kukco saat berada di toilet, maka itu dianggap sebagai pertanda sial, dan untuk menangkalnya kita harus menggonggong seperti anjing.


7. Rokurokubi - Hantu leher panjang


Rokurokubi sebenarnya adalah wanita biasa yang mendapat hukuman karena melanggar pantangan dalam ajaran Buddha. Pada siang hari hantu jepang ini nampak seperti layaknya manusia biasa. Mereka bisa membaur dengan masyarakat, bahkan ada yang mempunyai suami. Tapi waktu malam hari, leher mereka memanjang dan wajahnya dapat berubah jadi menyeramkan. Hantu jepang ini dikatakan gemar menakuti orang, biasanya mereka menampakkan diri dihadapan pemabuk atau orang yang sedang tidur. Rokurokubi juga terkadang suka menghisap darah.

Konon menurut mitos yang ada, hantu ini dapat menghisap kehidupan atau umur manuasia. Hati-hati jika kalian menikah, jangan sampai menikah dengan hantu ini, dan baru ketahuan ketika sedang tidur bersamanya di malam hari. Lehernya akan memanjang dengan sendirinya. Ketika Rokurokubi beraksi, dia tidak menyadari identitas dirinya yang sebenarnya, dan saat lehernya memanjang dimalam hari ia akan merasakan bahwa ia hanya bermimpi aneh.


8. Nukekubi – Hantu leher terlepas


Nukekubi hampir sama dengan hantu Jepang rokurokubi. Pada siang hari bisa menjadi manusia biasa dan membaur dengan masyarakat, namun pada malam hari kepala nekukebi bisa terpisah dari badannya. Setelah terpisah dari tubuhnya, kepala hantu legenda jepang ini bisa terbang untuk mencari manusia. Kepala yang terpisah ini akan menjerit dan menggigit korbannya. Dalam keadaan terpisah, tubuh hantu jepang nukekubi ini menjadi benda mati.

Dalam beberapa legenda, jika kepala hantu jepang ini tak bisa menemukan badannya kembali sampai matahari terbit, maka nukekubi itu akan mati. Sahabat viralsbook, cara untuk membedakan Nukekubi dengan orang biasa adalah adanya garis merah di leher, yang mana merupakan tempat terpisahnya kepala dengan badan. Nukekubi juga biasanya sering menyembunyikan tanda ini tersebut. Jika di Indonesia hantu ini sangat mirip dengan hantu Leak, Kuyang atau Penanggalan.

Baca Juga : Nyata, Kisah Horor Sopir-Sopir Taksi Yang Bikin Merinding Saat Antar Jemput Penumpang

Beberapa legenda juga sering menceritakan cara calon korban yang ingin selamat dan menggagalkan dari makhluk tersebut adalah dengan menghancurkan tubuhnya atau menyembunyikan tubuhnya ke tempat lain yang dimana tidak diketahui kepalanya, dan Nukekubi itu sendiri, akan mati sampai matahari terbit.


9. Isogashi - Hantu hiperaktif


Isogashi merupakan sosok hantu berwujud monster berkulit biru dengan telinga panjang, hidung besar dan lidah besar yang menjulur dari mulutnya. Dalam mitologi Jepang, Isogashi masuk dalam katagori "Tsukimono" yaitu jenis yokai yang bisa merasuki manusia. Hantu ini sendiri konon memiliki sifat yang tak bisa diam alias hiperaktif. Jadi kalau ada manusia yang dirasuki oleh Isogashi biasanya manusia itu akan jadi sangat gelisah dan tak bisa berdiam diri. Selain itu, orang yang dirasuki Isogashi akan merasa bersalah jika bersantai dan tak melakukan apa-apa.

Legenda Isogashi sendiri pertama kali muncul pada periode Muromachi, dimana sosoknya muncul dalam sebuah lukisan kuno yang tak bernama. Dalam lukisan tersebut terdapat 2 jenis yokai yaitu Tenjoname dan Isogashi yang memiliki ciri fisik nyaris sama namun merupakan jenis yokai yang berbeda.


10. Shirime – Hantu mata bokong


Shirime merupakan salah satu kisah urban yang terkenal di Jepang sejak jaman dahulu, dikatakan bila Shirime merupakan hantu tanpa wajah dan hanya memiliki satu mata besar yang terletak di bokongnya. Karena sosoknya yang sedikit tidak wajar ini, Shirime juga sering menjadi candaan dalam cerita-cerita rakyat di Jepang. Shirime sering menakuti orang-orang di malam hari terutama para orang yang berpergian. Dalam bahasa Jepang “Shiri” yang berarti Bokong dan “me” yang berarti Mata, sehingga Shirime secara lengkap memiliki arti Mata Bokong.

Legenda Shirime merupakan sebuah cerita hantu yang aneh dan lucu, kisahnya populer sejak dulu yang menceritakan seorang samurai yang sedang berjalan di malam hari dan bertemu dengan seorang pria menggunakan kimono berdiam di depannya menghalangi jalan. Sang Samurai yang merasa curiga dan waspada karena khawatir bila sosok didepannya tersebut adalah musuh yang ingin menyerang.

Orang misterius tersebut menjawab dan berkata apakah sang samurai memiliki waktu sebentar untuk dirinya, tanpa sempat menjawab sosok misterius tersebut langsung membalikan badan dan menjatuhkan bajunya dan kemudian memperlihatkan mata besar yang berada di bokongnya, sang Samurai yang kaget lalu berteriak ketakutan dan melarikan diri secepat kilat. Karena penampakannya yang aneh, hingga kini kisah hantu Shirime banyak menjadi candaan rakyat jepang kepada anak-anak mereka. Shirime juga dipercaya tidak melukai korbannya dan hanya menakuti-menakuti saja.

***

Sahabat viralsbook, itulah 10 legenda horor jepang tentang hantu yang kebiasaannya cukup unik bahkan konyol. Menurut Anda, manakah hantu yang paling lucu namun menyeramkan?


disadur dari berbagai sumber: idntimes.com, kumparan.com, juragancipir.com, terseram.com, artforia.com, ceritaseramhoror.blogspot.com

comments