Minggu, 31 Desember 2017

24 Tradisi Terunik dan Paling Aneh Dalam Menyambut dan Merayakan Tahun Baru di Berbagai Belahan Dunia (Bagian 1)

Selain resolusi dan kembang api. Setiap negera memiliki keunikannya sendiri dalam menyambut datangnya tahun baru. Penasaran?




VIRALSBOOK.COM - Perayaan tahun baru memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang di seluruh belahan dunia. Banyak yang berharap agar di tahun berikutnya mereka dapat menjadi lebih baik lagi baik secara materi maupun spiritual.

Momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Selalu ada ritual atau perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini dalam bentuk yang berbeda-beda.

Penasaran seperti apakah perayaan dalam menyambut Tahun Baru di berbagai belahan dunia? Berikut 24 Tradisi Perayaan Tahun Baru dari yang unik hingga yang aneh di berbagai belahan dunia, bagian yang pertama versi viralsbook.


1. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Permainan Mencari Jodoh di Belarusia


Selama perayaan tahun baru, perempuan yang belum menikah di Belarusia akan bermain game untuk memprediksi siapa yang akan menikah di Tahun Baru. Dalam satu pertandingan, tumpukan jagung ditempatkan di depan wanita, dan beberapa ayam jantan dilepas.

Tumpukan jagung yang didekati ayam adalah tanda wanita yang akan pertama menikah di tahun depan. Dalam pertandingan lain, seorang wanita yang sudah menikah menyembunyikan barang-barang tertentu di sekitar rumahnya untuk teman-teman yang belum menikah. Dan bagi yang menemukan roti, diduga akan menikahi seorang suami yang kaya, sedangkan orang yang menemukan cincin akan menikah dengan pria tampan.


2. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Tradisi Pijakan Pertama di Skotlandia


Skotlandia memiliki tradisi tahun baru yang sangat unik dimana mereka akan menyanyikan lagi klasik Skotlandia yakni "For Auld Lang Syne", kemudian mereka akan melakukan parade yang disertai dengan mengayunkan tonggak atau tiang berapi yang dipercaya membuat tahun yang akan datang lebih baik.

Namun, di antara berbagai tradisi Skotlandia, ada 1 tradisi yang sangat mencolok, yakni Pijakan Pertama atau The First-Footing.

Pada tradisi tersebut, pengunjung pertama yang menginjakkan kaki di depan pintu rumah Anda haruslah seseorang yang tinggi serta hitam, ia juga harus membawa batu bara, kue, garam, roti hitam dan wiski. Ini berasal dari tradisi Viking dimana para rakyat lokal akan menghindari pengunjung beramput pirang yang kasar.


3. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Memecahkan Piring di Pintu Teman di Denmark


Memecahkan piring bukanlah hal yang menyenangkan, baik pada saat Anda kecil maupun beranjak dewasa. Tapi hal ini tidak berlaku di Denmark pada saat malam tahun baru. Mereka yang mempunyai banyak teman akan menumpuk piring mereka hingga malam tahun baru dan kemudian memecahkannya di pintu teman-teman mereka.


Keluarga yang rumahnya memiliki tumpukan piring terbanyak justru akan senang, karena mereka percaya bahwa semakin banyak tumpukan pecahan di pintu mereka maka sebanyak itulah keberuntungan pada tahun berikutnya.

Baca Juga : Heboh! Duduk Di Pelaminan Dengan 3 Wanita, Pria Ini Viral di Media Sosial

Ini karena tumpukan pecahan tersebut menandakan teman yang setia. Tidak terbatas hanya pada piring saja, pecahan juga dapat berasal dari gelas, cangkir, mangkuk, dan berang pecah belah lainnya. Unik bukan?


4. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Membawa Koper Kosong di Kolombia


Sama seperti kebanyakan negara lainnya, Kolombia juga memiliki banyak tradisi tahun baru yang berbeda-beda. Di antara tradisi-tradisi itu, ada satu tradisi paling aneh yang dikenal dengan "maleta vacía".

Tradisi Maleta Vacia yakni tradisi orang-orang Kolombia yang akan membawa koper kosong dan berlari mengelilingi blok perkotaan pada saat tahun baru, hal ini untuk membuat tahun yang akan datang penuh dengan perjalanan.

Tradisi unik lainnya adalah "Champaña", dimana Sampanye akan dituangkan ke seluruh badan pada malam tahun baru yang melambangkan kemakmuran di tahun yang baru.


5. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Mengunjungi Makam di Chili


Tak seperti masyarakat kebanyakan di dunia yang memiliki tradisi saat pergantian tahun dengan merayakannya dengan gempita sorak sorai dan dibumbui kembang api, Masyarakat di Chili lebih memilih untuk mengunjungi makam saat perayaan malam tahun baru. Masyarakat Chili merayakan tahun baru bersama sanak saudara mereka yang telah meninggal dengan mengunjunginya.

Ini mungkin merupakan salah satu perayaan tahun baru teraneh. Di beberapa negara mengunjungi pemakaman dilakukan di malam Halloween atau di malam natal pada Finlandia, maka masyarakat Chili melakukannya di malam tahun baru.

Para keluarga di Chile akan merayakan tahun baru bersama dengan anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Mereka akan mendekorasi makam dengan berbagai hal seperti lilin dan para anggota keluarga akan berkumpul mengelilingi makam tersebut.

Hal ini berdasarkan kepercayaan bahwa orang tercinta setiap keluarga akan menunggu mereka di pemakaman dan memulai tahun baru bersama mereka. Dimulai sejak tahun 1995 oleh seorang keluarga yang melompati pagar pemakaman di tahun baru dan hingga sekarang, tradisi ini iikuti oleh lebih dari 5.000 orang, tepatnya di Talca, kota kecil di Chili.


6. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Berciuman di Amerika


Ini mungkin bukanlah sesuatu yang aneh namun cukup layak dimasukkan dalam tradisi unik dalam menyambut tahun baru. Ciuman telah menjadi lambang kasih dalam berbagai tradisi, dimulai dari bentuk salam hingga pernikahan.

Di Amerika atau negara dengan kebudayaan Barat lainnya, ini juga sudah menjadi tradisi Tahun Baru. Bertepatan dengan dimulainya tahun baru, maka berciuman dengan orang tercinta atau siapapun jika tidak memiliki pasangan sudah menjadi tradisi.

Hal ini untuk membuat tahun yang akan datang adalah tahun yang indah, membersihkan kenangan buruk dan memulai tahun penuh cinta.



7. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Barang Berbentuk Bulat di Filipina


Bagi Anda yang berniat merayakan tahun baru di Filipina maka janganlah heran jika kebanyakan barang yang Anda temukan mendekati malam tahun baru semuanya berbentuk bulat.


Baca Juga : Yuk Rencanakan Liburanmu, Inilah 12 Kota di Dunia Yang Menjadi Destinasi Hemat Bagi Wisatawan Sepanjang Tahun 2018

Dimulai dari makanan, buah, meja makan, perabotan hingga pola baju. Perayaan tahun baru yang aneh nan unik ini terjadi di Filipina dan dikaitkan dengan kekayaan serta keberuntungan.


8. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Mengenakan Celana Dalam Penuh Warna di Meksiko


Pada malam tahun baru di Meksiko, warna celana dalam yang dikenakan para wanita mungkin akan menjadi topik pembicaraan menyambut datangnya tahun yang baru. Ini karena para wanita di Meksiko akan secara khusus memilih warna dari celana dalam yang akan mereka kenakan. Setiap warna yang mereka pilih memiliki artinya masing-masing untuk tahun yang akan datang.

Merah berarti kehidupan cinta berjalan lancar, kuning berarti mendapatkan kekayaan, putih berarti kesehatan, dan seterusnya. Selain Meksiko, hal ini juga dilakukan di Brazil, Bolivia, dan beberapa negara Amerika Selatan.


9. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Membunyikan Lonceng Sebanyak 108 kali di Jepang


Biasanya sebelum jam menunjukkan tepat jam 12 malam, maka di beberapa negara jam atau bel terbesar akan mulai berdentang setiap detik atau hitungan mundur selama 12 kali hingga tepat jam 12 malam.

Namun beda halnya dengan di Jepang, bel-bel di kuil Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sesuai dengan kepercayaan Buddha di Jepang bahwa hal itu akan mengusir kejahatan dan dosa manusia. Perlu diketahui bahwa bel di Kuil itu juga tidaklah kecil, melainkan bel yang cukup besar.

Uniknya lagi, para orang dengan kepercayaan tinggi di Kuil Jepang, akan menggunakan kostum yang melambangkan Shio untuk tahun mendatang.


10. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Memakan 12 Buah Anggur di Spanyol


Di Spanyol, dikenal “Las doce uvas de la buena suerte” yang berarti 12 anggur keberuntungan dan telah menjadi tradisi tahun baru unik di Spanyol.

12 detik sebelum tepat jam 12 malam, maka orang-orang Spanyol akan memakan 1 buah anggur untuk setiap Dentang waktu yang berbunyi. Ini mewakili keberuntungan pada setiap bulan di tahun yang akan datang. Hal ini tidak hanya dilakukan di Spanyol, tradisi tahun baru seperti ini juga dapat dilihat di Chile dan Denmark.


11. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Adu Tinju di Peru


Tradisi perayaan tahun baru di Peru dinamakan Takanuy. Dalam tradisi ini, baik perempuan, laki-laki, maupun anak-anak sekalipun melakukan adu tinju beramai-ramai.

Baca Juga : 12 Peristiwa Skandal Seks Dan Kasus Perselingkuh Yang Menjerat Para Pemimpin Dunia dan Menggegerkan Publik

Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun sebelumnya.


12. Tradisi Menyambut Tahun Baru Dengan Membakar Orang-Orangan Sawah di Ekuador


Warga Ekuador mempunyai tradisi tersendiri dalam menyambut pergantian tahun, warga Ekuador merayakan tahun baru dengan api. Tetapi, di negara Amerika Latin api dipakai untuk membakar orang-orangan sawah yang umumnya terbuat dari himpunan kertas koran serta bilah-bilah kayu.

Mereka membakar orang-orangan sawah tepat pada pukul 00 : 00 waktu setempat, tepat pada waktu perubahan tahun, pembakaran orang-orangan sawah ini nyaris dilakukan disetiap rumah.

Mereka yakin, dengan membakar orang-orangan sawah, maka segala sesuatu yang buruk juga akan ikut terbakar dan menghilang. Orang-orangan sawah juga dipercaya bisa membuat takut nasib sial, sehingga pada tahun depan tidak ada nasib sial yang menghampiri namun sebaliknya, keberuntunganlah yang banyak menghampiri.

***

Nah, Itulah 24 Tradisi Perayaan Tahun Baru dari yang unik hingga yang aneh di berbagai belahan dunia, bagian yang pertama. Cukup aneh dan unik bukan?

Bersambung ke Bagian 2. (vb_05)

comments