Kamis, 07 Desember 2017

Mengintip Kisah Sukses Pemuda Tuna Netra Inspiratif Yang Kini Jadi Peselancar Profesional

Mengintip Kisah Sukses Pemuda Tuna Netra Inspiratif Yang Kini Jadi Peselancar Profesional




VIRALSBOOK.COM - Dilahirkan dengan kekurangan fisik, tidak menjadikan hal ini sebagai alasan dan penghalang baginya untuk mencapai cita-citanya. Dengan segala keterbatasan indera penglihatan, dia bisa buktikan bahwa dia mampu dan sukses menjadi peselancar profesional.

Dialah Derek Rabelo, pemuda yang lahir tahun 1992 di Brazil. Kisah hidupnya telah menginspirasi banyak orang. Meski terlahir buta atau tunanetra, Derek Rabelo tak pernah patah semangat untuk terus belajar dan berlatih. Keterbatasan fisiknya justru mendorongnya untuk terus melakukan yang terbaik dan terbaik.

Melansir laman odditycentral, Ketika dia lahir, ayahnya, Ernesto menamai Derek karena terinspirasi dari Derek Ho, juara dunia selancar pertama di Hawai.

 Derek Rabelo, peselancar profesional yang tuna netra (foto/odditycentral)


Rupanya Ernesto sendiri merupakan penggemar dunia selancar. Dia mengimpikan anaknya bisa seperti Derek Ho dan mewarisi bakat pamannya yang juga peselancar profesional. Sayangnya, Derek terlahir buta.

Namun, keadaan ini tidak menghentikan Ernesto dan keluarga untuk percaya bahwa Derek dapat melakukan apapun yang dia inginkan, bahkan jika ingin menjadi peselancar sekalipun.

 Derek Rabelo (foto/odditycentral)


Derek pun sukses mewujudkan impian ayahnya untuk menjadi peselancar profesional, walaupun Derek tak bersaing dalam kompetisi selancar. Derek memperoleh sponsor dari Billabong, dan dibayar untuk berkeliling dunia untuk menaklukkan ombak paling baik dan menginspirasi orang lain dengan kisahnya.
 
 Derek Rabeo (foto/odditycentral)


Dalam mewujudkan impian ini, Ernesto memperkenalkan Derek dengan air laut pada usia 2 tahun. Dia bermain di pantai Guarapari, Brasil, karena pantai itu terletak di belakang rumah mereka. Derek kecil selalu senang bermain air.

Di usia 17 tahun Derek pun mulai belajar mewujudkan mimpi ayahnya. Pemuda rendah hati ini begitu antusias belajar berselancar meski kedua matanya buta. Ayahnya mengajarkan Derek belajar hal-hal mendasar dalam berselancar dan mendorongnya untuk terus berlatih. Setelah berhasil berdiri di atas papan, Derek tahu bahwa dia harus menjadi lebih baik dan menjadi peselancar profesional.

Derek Rabelo saat beraksi (foto/odditycentral)


Menyentuh ombak membantu dia merasakan pergerakan ombak, mendengarkan deburan juga memberi tahu dia apa yang hendak terjadi, dan suara gelombang menyampaikan kepadanya kapan mesti menyelam. Sisanya datang secara alami.

Derek juga bergabung dengan sekolah selancar Praia do Morro, dan dia dilatih oleh Fabio Maru.

Aksi Derek Rabelo (foto/odditycentral)


"Pertama ayah saya mendorong dan membantu saya," kata Derek dilansir dari odditycentral. "Kami pergi ke laut bersama di pagi hari. Dia memasukkan saya ke kursus selancar untuk belajar dan berlatih. Saya juga banyak berlatih dengan teman-teman saya. Mereka selalu menganggap saya sama seperti diri mereka sendiri," lanjut Derek.

Setelah beberapa bulan belajar dan berlatih, Derek pun memberanikan diri untuk menaklukan ombak. Semua orang mengatakan bahwa itu terlalu berbahaya, tapi dia merasa bisa melakukannya. Derek pun melakukannya dan berhasil, bahkan keberhasilannya membuat kagum peselancar profesional legendaris seperti Kelly Slater dan Mick Fanning.

 Derek Rabelo (foto/odditycentral)


Sekarang Derek bahkan sudah bisa menaklukan ombak di Pipeline, Hawai. Cuplikan Derek Rabelo yang menangani Pipeline pada 2012, populer di kalangan penggemar olahraga ekstrem tersebut. Bahkan, seorang sutradara bernama Bryan Jennings membuat film dokumenter tentang Derek Rabelo.

Derek juga diundang ke berbagai acara berselancar di berbagai negara di dunia. Banyak orang yang mengakui kemampuan Derek. Kini, pemuda 24 tahun tersebut bahkan tak hanya profesional sebagai peselancar saja, ia juga profesional untuk olahraga sepeda dan berharap suatu hari dapat belajar snowboard.

Derek Rabelo (foto/odditycentral)


"Jika kamu memiliki mimpi, kamu harus percaya kamu bisa mewujudkannya. Jika tidak, maka kamu tak akan bisa melakukannya. Aku percaya Tuhan telah memberikan kelebihan buat kita. Gunakan kelebihan itu dengan penuh semangat dan ketekunan. Indra yang kuat juga menjadi anugerah terindah dari Tuhan. Tidak ada kekurangan yang tidak bisa diubah menjadi kelebihan," terang Derek.

Kisah yang begitu menginspirasi dan mengesankan. Terus semangat Derek, jadilah pemuda yang terus menginspirasi dan membuat semua orang pantang menyerang dalam menggapai mimpi mereka. (vb_05)

comments