Rabu, 29 November 2017

5 Pengacara Top Yang Dinilai Paling Kaya Dengan Tarif Bayaran Tinggi

5 Pengacara Top Yang Dinilai Paling Kaya Dengan Tarif Bayaran Tinggi

VIRALSBOOK.COM - Pengacara ibarat lidah dan tangan sambungan seseorang yang menyewa jasanya atas penyelesaian berbagai macam sengketa. Lewat kemampuannya berkelit serta memberikan argumen-argumen, seseorang bisa mendapatkan apa yang diinginkannya di mata hukum.

Dalam sebuah sistem peradilan, kecakapan seorang pengacara adalah hal penting. Cakap memberikan argumen, membeberkan bukti, serta analisa-analisa, akan mampu membuat sebuah kasus atau proses peradilan sesuai dengan yang diinginkan.

Hanya saja, tak banyak orang yang punya kemampuan seperti ini karena satu dan lain hal. Oleh karenanya kemudian jasa pengacara sangat dibutuhkan.

Di Indonesia sendiri, profesi pengacara katanya punya pendapatan yang tinggi. Ya, hal ini memang benar kalau dilihat dari deretan pengacara terkenal di negeri ini yang kehidupannya sangat mewah.



Berikut adalah deretan pengacara yang dianggap paling kaya di Indonesia versi viralsbook. Intip juga berapa bayaran mereka dan siap-siap ngiler untuk kemudian ngebet masuk fakultas hukum tahun depan.


1. Hotman Paris Hutapea

(Hotman Paris Hutapea : foto/showbiz)

Hampir setiap orang tahu nama ini. Alasannya, Hotman Paris selalu muncul sebagai tim pembela dari kasus-kasus besar sampai selebriti. Terakhir, ia menangani kasus Angeline sebagai kuasa hukum dari Agustay yang dituduh terdakwa.

Membicarakan kehidupan Hotman Paris, tentu saja bikin kita geleng-geleng. Bagaimana tidak, pria Medan ini seperti tidak pernah kehabisan uang. Hotman adalah penggemar mobil sport. Lamborghini hijau kesayangannya adalah salah satu koleksinya, belum lagi beberapa Ferari dan juga mobil luar negeri yang tersimpan rapi di garasinya.

Hotman pernah mengatakan jika semua itu adalah hasil jerih payahnya sebagai seorang pengacara. Tak pernah terlontar dengan jelas berapa tarif pengacara ini. Namun konon tergantung siapa kliennya. Makin terkenal dan penting kasusnya, bayarannya mungkin bisa di atas Rp 1 miliar bahkan lebih.


2. Hotma Sitompul

(Hotma Sitompul : foto/tempo)

Ada Hotman, tentu tak lengkap tanpa menyebut nama Hotma Sitompul. Dua orang ini adalah saingan berat, walaupun mereka sama-sama dari Medan dan tak pernah mengatakan deklarasi persaingan.

Hotma juga merupakan pengacara kondang yang sudah wara-wiri mengatasi kasus-kasus besar. Dia pernah menangani kasus Angeline sebagai kuasa hukum dari Margriet.

Sama seperti sang saingan utama, servis Hotma konon dibanderol dengan tarif yang melangit. Lagi-lagi, pengacara tidak ada yang akan pernah membuka mulutnya soal tarif. Namun dilihat dari hobinya yang juga doyan koleksi mobil seperti Hotman Paris, maka bayaran Hotma ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


3. OC Kaligis
 
 (OC Kaligis : foto/rmol)

Otto Cornelis Kaligis atau kondang dengan sebutan OC Kaligis. Namanya hangat jadi perbincangan di tahun 2016 silam, bukan lantaran ia menangani kasus besar, Dia diduga melakukan penyuapan terhadap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

Sebagai pengacara, OC Kaligis bisa dibilang menggila. Sudah tak terhitung berapa banyak kasus yang diselesaikannya, bahkan gara-gara itu ia mendapatkan julukan “Manusia Seribu Perkara".

Berbekal nama yang sudah terkenal, kiprahnya juga yang sangat diakui, maka hal ini pun berimbas kepada pundi-pundi uang yang mengalir ke kantongnya. Konon ia mendapatkan bayaran $ 500 atau hampir Rp 7 juta per jamnya. Itu hanya untuk konsultasi belum untuk mengurusi perkara yang lebih dalam lagi yang tarifnya jauh melambung.


4. Farhat Abbas

(Farhat Abbas : foto/tirto)

Banyak orang yang mengira jika sosok Farhat Abbas hanya bisa berceloteh dan menimbulkan kontroversi lewat opininya yang sering berseberangan dengan mayoritas. Padahal kalau kalau dipandang dari profesi yang dijalankannya, Farhat Abbas adalah seorang Pengacara Handal. Tercatat ada beberapa kasus besar yang pernah ditanganinya, termasuk para artis pula.

Berapa besar pendapatan Farhat tidak pernah diketahui dengan jelas, namun statusnya yang juga sebagai selebritis dan pencipta lagu, maka bisa dibilang ia punya bayaran yang lumayan tinggi. Bahkan pria yang merupakan anak seorang Hakim Agung itu juga punya kantor hukum sendiri.


5. Fredrich Yunadi

(Fredrich Yunadi : foto/indopos)

Nama Fredrich Yunadi mencuat ketika kasus Setya Novanto kembali bergulir. Namanya jadi hangat dikalangan publik ketika ia mengeluarkan pernyataannya soal gaya hidup mewahnya. Pernyataan Fredrich ini dengan cepat menyebar di media sosial dan menjadi perbincangan hangat netter.

Pengacara yang terkenal dengan gaya bicaranya yang blak-blakan ini pun mengklaim bahwa dia gak kalah dengan kehidupan mewah Hotman Paris.

Membuktikan kegemarannya soal hidup mewah, ia mencontohkan saat ia pergi ke luar negeri dengan sekali pergi budget minimumnya Rp 3 miliar sampai Rp 5 miliar. Bahkan tas Hermes yang harganya Rp 1 Miliar juga dibeli.

Fredrich dinilai sering memberikan pernyataan yang kontroversial terkait klien dan kasus yang sedang ditanganinya.

Ia juga sering menangani beberapa kasus besar, seperti kasus direksi Bank EXIM tahun 1998, PT. Inter World Steel Mills Indonesia (tahun 2000), dan pembebasan tersangka korupsi Wakil Ketua DPRD Sidoarjo tahun 2004.

Fredrich juga mengaku digaji paling tidak 100 juta per kasus, untuk corporate lawyer. Untuk menangani kasus sengketa tanah, bayarannya 50% dari nilai tanah yang disengketakan, kalau tanah 1 harganya 100 miliar, bisa dibayangkan berapa tarifnya.

***

Itulah deretan 5 pengacara kondang dengan bayaran tinggi dengan gaya hidup mewahnya versi viralsbook. Masyarakat umumnya selalu memandang buruk profesi ini. Anggapan cuma obrol omongan saja bisa dapat uang banyak, sampai kecaman ketika para pengacara ini menjadi kuasa hukum dari para tersangka kejahatan.

Terlepas dari semua itu, berprofesi sebagai pengacara sangat berat. Tak hanya menggenggam nasib klien-nya, tapi mereka juga punya tanggung jawab moral kepada Tuhan. (vb_01)
Baca Juga