Senin, 25 Desember 2017

10 Tradisi Perayaan Natal Terunik dan Aneh dari Berbagai Negara Di Seluruh Dunia, Mana Yang Menjadi Favoritmu?

Bagi umat Nasrani, saat Natal biasanya menghias pohon natal, atau menceritakan kisah Santa Claus. Namun ternyata di beberapa belahan dunia mempunyai budaya atau mitos yang tidak biasa dilakukan saat perayaan Natal. Penasaran?


VIRALSBOOK.COM - Natal adalah hari raya bagi umat Nasrani di seluruh dunia. Perayaan natal yang meriah selalu di tunggu-tunggu oleh umat Nasrani setiap tahun. Namun, tahukah Anda bahwa tradisi merayakan natal di setiap negara berbeda-beda?

Ya, setiap negara memiliki tradisi natal yang unik dan menarik untuk dibahas. Bahkan, beberapa di antaranya merayakan natal tidak pada tanggal 25 Desember saja.

Penasaran negara-negara apa saya yang memiliki tradisi natal unik? Berikut 10 Tradisi Perayaan Natal Terunik dan Aneh dari Berbagai Negara di Seluruh Dunia :


1. Tradisi melempar sepatu saat Natal untuk mendapatkan jodoh di Republik Ceko

Tradisi Natal Unik di Republik Ceko (foto/cosmopolitan)

Di Republik Ceko terdapat tradisi aneh saat Natal tiba. Tradisi ini umumnya dilakukan oleh kaum hawa yang masih single. Malam Natal mungkin dianggap sebagai malam yang keramat sehingga mereka memiliki ritual unik untuk menemukan pujaan hatinya. Mereka yang tidak ingin kesepian dalam merayakan Natal tahun berikutnya selalu melakukan ritual ini.

Tradisi ini bukan tanpa alasan, dipercaya tradisi ini untuk menentukan peruntungan dalam menentukan pernikahan.

Caranya adalah, saat malam Natal tiba mereka akan berdiri di bawah pintu dengan posisi membelakangi rumah. Kemudian mereka akan melempar sepatu ke arah belakang tubuh mereka. Nah jika sepatu menghadap pintu maka mereka akan segera mendapatkan pasangan dan menikah. Menariknya tidak ada petunjuk mengenai berapa lama mereka akan bertemu dengan pujaan hatinya.

Ada tradisi lain menentukan pernikahan di saat natal yaitu para perempuan ceko merendam batang pohon ceri pada tanggal 4 desember, kalau berbunga pada malam natal itu berarti perempuan itu akan menikah tahun depan.

Selain itu di Republik Ceko juga, rupanya ayam dan daging kurang diminati sebagai santapan malam natal. Tradisi unik yang sudah ada sejak abad ke-11 di Ceko dan masih dilakukan sampai sekarang adalah memelihara ikan hidup di bak mandi. Lalu, malam sebelum natal, ikan-ikan ini akan dipotong dan diolah menjadi santapan lezat untuk makan pagi di hari Natal.


2. Pohon Natal dari pohon pisang dan pohon mangga di India

Tradisi Natal Unik di India (foto/Tribun)

India bukanlah negara yang memiliki populasi penganut agama kristen yang besar. Hanya sekitar 2,3% saja warga India yang beragama kristen namun jumlahnya menjadi sangat banyak hingga 25 juta orang mengingat jumlah penduduk India yang sangat besar. Orang kristen di sana merayakan Natal seperti biasanya yakni dimulai dengan misa malam Natal dan memberi hadiah layaknya orang-orang di dunia.

Baca Juga : Waduh! 10 Seleb Cantik Ini Pernah Dituding Sebagai Perebut Laki Orang

Ada yang menjadi keunikan tersendiri dalam merayakan natal di India. Keunikan tersebut adalah pohon natal yang tidak biasa karena pohon natal di India ini dibuat dari pohon mangga atau pohon pisang, berbeda pada umumnya yang menggunakan pohon cemara.

Tidak hanya pohon natalnya yang terbuat dari pohon mangga, bahkan rumah para warganya pun akan dihiasi dengan menggunakan daun mangga ditambah dengan lampu minyak yang diletakkan di setiap atap rumah atau di atas tembok rumah masing-masing warganya.


3. Tradisi membuat patung kambing dari jerami di Swedia

Tradisi Natal Unik di Swedia (foto/Cola-Colacompany)

Tradisi membuat patung kambing dari jerami saat menjelang Natal sudah dilakukan di Swedia sejak tahun 1966. Patung kambing setinggi 13 meter ini dibangun di alun-alun kota Gavle. Sayangnya ada tengah malam Natal kambing habis terbakar. Namun orang-orang tidak pernah kapok untuk membuat patung yang sama setiap tahunnya begitu pula para orang yang jahil juga tidak pernah berhenti untuk membakarnya.

Hingga tahun 2011, patung kambing telah dibakar sebanyak 25 kali. Karena seringnya aksi pembakaran patung kambing tersebut maka banyak warga yang menjadikannya ajang untuk bertaruh. Mereka akan menebak umur kambing tersebut apakah akan sampai di hari Natal atau tidak. Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1988.

Anda ingin ikut bertaruh, kambing Natal Gavle tahun ini akan utuh hingga Natal atau tidak?


4. Tradisi pohon Natal jaring spiderman di Ukraina

Tradisi Natal Unik di Ukraina (foto/Robin)

Alih-alih berkilauan ornamen dan hiasan, pohon Natal Ukraina malah ditutupi dengan jaring spiderman buatan. Tradisi ini terlihat sangat eksentrik karena menghasilkan sesuatu yang berbeda. Namun apa alasan warga Ukraina mendekorasi pohon Natal mereka dengan jaring laba-laba?

Menurut cerita rakyat setempat, zaman dahulu ada seorang wanita miskin yang tidak mampu untuk menghias pohon Natal mereka. Namun keesokan harinya, anak-anaknya bangun dan melihat pohon yang ditutupi jaring laba-laba. Ketika cahaya mentari pagi di hari Natal menyinari jaring laba-laba seketika itu pula warnanya berubah menjadi emas dan perak.

Melihat kejadian itu keluarga tersebut tidak mau beranjak dari tempat tersebut dan selalu memandang kagum ke arah pohon itu. Mulai saat itulah warga Ukraina meyakini jika melihat jaring laba-laba di pagi hari saat Natal akan membawa keberuntungan.

Ada hal unik lain lagi dari negara ini, yaitu jika negara di dunia merayakan natal pada 25 Desember, maka berbeda dengan Ukraina. Ukraina merayakan natal pada tanggal 7 Januari. Hal tersebut terjadi karena penanggalan kalender Julian yang biasa digunakan oleh Gereja Ortodok.


5. Tradisi meletakkan hadiah di sepatu bukan kaos kaki di Filipina

Tradisi Natal Unik di Filipina (foto/Magical Holiday Home)

Natal dirayakan besar-besaran di Filipina sebab penganut agama kristen di sana mencapai 80% dari keseluruhan penduduknya. Perayaan akan berlangsung sepanjang jalan hingga bulan Januari. Namun mereka memiliki tradisi tersendiri yang keluar dari kelaziman perayaan Natal pada umumnya.

Anak-anak di Filipina tidak pernah menggantung kaos kaki mereka sebagai tempat meletakkan hadiah jika Santa datang. Mereka lebih memilih meninggalkan sepatu mereka yang mengkilap di kusen jendela untuk Santa yang akan melewati rumah mereka di malam hari untuk memberikan hadiah Natal. Mungkin maksudnya biar menampung hadiah lebih banyak.


6. Santa Claus digantikan penyihir di Italia

Tradisi Natal Unik di Italia (foto/nakita)

Di Italia ada pengganti Santa Claus yang disebut Babbo Natale, yakni sosok perempuan penyihir dengan sapu terbang.

Baca Juga : 10 Buah Ini Masuk Daftar Buah Paling Berbahaya di Dunia, Catat Dan Jangan Disantap!

Si penyihir bakal beraksi dua minggu setalah hari Natal untuk mengantarkan hadiah pada anak baik, dan menyiram abu pada anak nakal. Jika dibayangkan rasanya tradisi ini cukup mengerikan bagi anak-anak, tapi tidak demikian untuk anak-anak Italia


7. Tradisi mandi di sauna dan mengunjungi pemakaman dan menyalakan lilin di Finlandia

Tradisi Natal Unik di Finlandia (foto/cosmopolitan)

Perayaan Natal pergi ke sauna? Itulah yang dilakukan oleh warga Finlandia. Pada malam natal banyak warga Finlandia yang mandi di sauna.

Kebanyakan warga di Finlandia punya sauna sendiri di rumah karena warga Finlandia sendiri meyakini kalau tempat sauna adalah tempat bersemayamnya peri pelindung.

Tak hanya mandi di sauna ada tradisi lain yaitu mengunjungi kuburan anggota keluarga yang telah meninggal. Pada malam natal mereka akan mengunjungi pemakaman dan menyalakan lilin disana.

Selain itu, mereka juga menyiapkan makanan dan tidur di lantai agar orang-orang yang sudah meninggal bisa ikut makan enak dan tidur nyenyak saat dikunjungi keluarga yang masih hidup.


8. Tradisi bersepatu roda menuju gereja di Venezuela

Tradisi Natal Unik di Venezuela (foto/talkandmate)

Ketika seluruh umat yang merayakan Natal beribadah di gereja, masyarakat Caracas, ibukota Venezuela, memiliki cara yang unik menuju gereja.

Mereka pergi ke tempat ibadah itu menggunakan sepatu roda. Jalanan ditutup dan dikhususkan untuk masyarakat yang berbondong-bondong bersepatu roda menuju gereja.

Natal dirayakan sejak 16 Desember di Venezuela dengan berbagai kegiatan istimewa dan pelayanan gereja yang dilakukan hingga hari raya Natal.


9. Natal dirayakan dua kali setiap tahun di Lebanon

Tradisi Natal Unik di Lebanon (foto/okezone)

Di negara yang memiliki 18 agama ini, Natal dirayakan dua kali setiap tahun. Para pemeluk Kristen Maronit, Kristen Protestan, dan Katolik merayakan hari libur Natal pada 25 Desember.

Sedangkan umat Kristen Ortodoks Yunani di Lebanon dan sebagian besar populasi Armenia yang cukup banyak di negara Timur Tengah ini merayakan Natal di tanggal yang berbeda.

Mereka menggunakan kalender Gregorius sebagai patokan, sehingga Natal jatuh pada 6 Januari. Kedua tanggal itu telah resmi menjadi hari libur dalam rangka Natal di Lebanon.

Meskipun memiliki populasi Muslim yang besar, Lebanon, terutama di ibukota Beirut memasang pohon Natal yang besar di pusat kota, di sebelah masjid dan gereja katedral.


10. Tradisi membakar duri-duri semak di Irak

Tradisi Natal Unik di Irak (foto/Angelyna Heriman)

Umat kristen di Irak merayakan natal dengan cara berkumpul dan saling bergandengan seraya menyalakan lilin, hal itu dilakukan ketika malam natal. Dan pada saat itu, akan diceritakan sebuah kisah tentang bagaimana Yesus lahir ke dunia.

Baca Juga : 10 Rahasia Unik Dibalik Bioskop Yang Wajib Kamu Ketahui, Jangan Berani Ngaku Pecinta Bioskop Kalau Belum Tahu Rahasianya

Momen ini akan sangat terasa hangat ketika mereka berkumpul dengan bergandengan dan menyalakan lilin. Setelah cerita tentang Yesus dibacakan, mereka melanjutkan acara dengan mengadakan pembakaran duri-duri dari semak.

Acara itu menjadi simbol dan arti penting bagi umat kristen di Irak karena jika duri itu terbakar habis dan berubah menjadi abu, artinya keberuntungan akan menghampiri mereka ketika tahun baru. Jika apinya sudah mati, maka setiap orang yang berada pada acara itu akan melompat-lompat di atas permukaan abu sisa pembakaran sebanyak tiga kali sambil meminta permohonan dan doa, dan itu dipercaya doa yang mereka bacakan akan dikabulkan.

***

Menarik bukan? ternyata perayaan natal di setiap negara itu berbeda-beda dan dilakukan dengan cara mereka yang unik dan menarik. Silahkan Anda pilih negara mana yang akan jadi tujuan Anda untuk merayakan natal bersama keluarga, karena merayakan natal di luar negeri akan terasa sangat berkesan bagi Anda dan keluarga. Persiapkan dananya dari sekarang juga. (vb_05)

comments