Sabtu, 02 Desember 2017

Luar Biasa! Orang-Orang ini Pantas Menyandang Gelar Manusia Terkuat di Zamannya

Kontes dan Sirkus menjadi sebuah hiburan yang sangat dinanti-nanti di negara bagian eropa beberapa abad yang lalu, hanya karena sering menampilkan orang-orang yang terkuat saat itu dalam setiap pertunjukannya. Sekuat apakah mereka?


VIRALSBOOK.COM - Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan kondisi dan bentuk fisik yang berbeda-beda satu sama lainnya. Sejak pertama kali Tuhan menciptakan manusia hingga saat ini, tidak ada satu manusia pun yang memiliki bentuk fisik yang benar-benar sama persis dengan bentuk fisik manusia lainnya. Selain memiliki bentuk fisik yang berbeda–beda, manusia juga memiliki kecerdasan, kemampuan dan juga kekuatan yang berbeda satu sama lainnya.

Nah, berbicara mengenai perbedaan bentuk fisik dan kekuatan manusia, khususnya di negara bagian Eropa beberapa abad yang lalu, sirkus menjadi sebuah ajang untuk membuktikannya. Sehingga pertunjukan sirkus saat itu menjadi sebuah hiburan yang sangat dinanti-nanti bahkan menjadi favorit. Biasanya para warga menantikan pertunjukan sirkus, hanya demi melihat suatu pertunjukan unik yang menampilkan orang-orang terkuat di dunia.

Saking kuatnya, mereka bahkan mampu melakukan sesuatu yang membutuhkan kekuatan luar biasa dengan tujuan agar bisa terkenal dan mengejutkan dunia, bahwa dia adalah orang yang terkuat di dunia. Siapa saja mereka? Berikut orang-orang yang pantas menyandang gelar orang terkuat di dunia, disadur dari beberapa sumber resmi.


Louis Cyr


Orang kuat pertama yang pantas menyandang gelar orang terkuat di dunia adalah Louis Cyr. Louis Cyr adalah pria asal Kanada yang mendapat predikat Strongman atau orang kuat, karena kekuatannya yang melebihi kekuatan manusia normal. Kekuatannya yang diatas rata-rata itu sudah terlihat saat umurnya masih sangat muda. Louis Cyr yang lahir pada 1863 ini lahir dengan berat hampir 8,2 kilogram. Dia kemudian bekerja sebagai penebang kayu saat usianya baru 12 tahun.

Louis pun memulai kariernya sebagai Strongman pada usia 17 tahun. Saat itu Louis memiliki tubuh raksasa dengan tinggi sekitar 1,8 meter dan berat badan 104 kg. Kekuatan supernya mulai dikenal publik setelah dia membantu mengangkat kereta kuda yang sangat berat milik seorang petani, karena kereta itu terjebak dalam tanah berlumpur. Selain itu, Louis juga pernah mengalahkan Michaud of Quebec, seseorang yang pada saat itu dikenal sebagai orang terkuat di Kanada, dalam sebuah kontes mengangkat beban. Louis pada saat itu berhasil mengangkat beban yang terbuat dari batu seberat 220 kg.

Baca Juga : Gila! Mereka Sempat Mendokumentasikan Detik-Detik Terakhir Kematiannya Sendiri

Masuk usia 18 tahun, dia kembali mengikuti kontes orang kuat di Boston, Amerika Serikat. Di sana, dia berhasil mengangkat seekor kuda dengan bobot 0,68 ton atau 680 kg dari tanah. Aksinya itu jelas mengejutkan semua penonton yang hadir dalam kontes tersebut. Selama kariernya sebagai Strongman, Louis sudah mencatat berbagai macam prestasi dengan kekuatannya, seperti misalnya mengangkat satu papan dengan 18 orang berada di atasnya, sampai dengan melakukan hal yang terlihat mustahil dilakukan, yaitu mengangkat beban seberat 242 kg hanya dengan menggunakan satu jari. Bahkan sahabat viralsbook, Louis juga pernah bergulat dengan seseorang bernama Édouard Beaupré, yang dikenal sebagai pria raksasa. Louis pun memenangkan pertandingan gulat tersebut. Louis Cyr meninggal dunia pada tanggal 10 November 1912 karena penyakit ginjal kronis.


Alexander Zass


Orang terkuat berikutnya adalah Alexander Zass, seorang pria asal Polandia yang mendapat julukan Si Samson Besi. Alexander terinspirasi menjadi orang yang paling kuat di dunia setelah melihat aksi orang kuat lainnya dalam sebuah pertunjukan sirkus. Sejak saat itu, Alexander pun mulai giat berlatih fisik, seperti berlari membawa barbel, memanjat pohon, dan membengkokkan cabang-cabang pohon.


Alexander pernah menjadi seorang prajurit saat Perang Dunia I. Dia merupakan prajurit Rusia, yang melawan pasukan Austria. Alexander juga sempat tertangkap dan dipenjara sebanyak 4 kali, dan sebanyak itu juga dia berhasil melarikan diri dari penjara. Selama di penjara, dia juga berlatih fisik agar menjadi lebih kuat. Akhirnya, dengan kekuatannya membengkokkan jeruji besi penjaranya, dia berhasil kabur.

Setelah berhasil lolos dari penjara dan keadaan sudah tak lagi dalam kondisi perang, Alexander pun kemudian bergabung dalam sebuah grup sirkus. Dalam aksinya di dalam grup sirkus tersebut, Alexander mampu membawa dua ekor singa di bahunya, mengangkat grand piano beserta pemain pianonya dan juga seorang penari, mematahkan rantai dan juga membengkokkan batang baja. Alexander Zass meninggal dunia pada tanggal 26 September 1962 dan dimakamkan di Inggris.


Eugen Sandow


Eugen Sandow, atau nama lahirnya Friedrich Wilhelm Müller, lahir pada tahun 1867 di Prusia, yang kini menjadi Kaliningrad. Pada tahun 1885, dia pun meninggalkan Prusia untuk menghindari wajib militer dan berkeliling ke seluruh Eropa. Saat itulah dia mengubah namanya menjadi Eugen Sandow sebagai nama panggungnya.

Ketika berada di Brussels, Belgia, dia pun mengunjungi Ludwig Durlacher, yang juga merupakan orang kuat. Saat itu, Ludwig melihat potensi dari Eugen, dan kemudian menjadi mentor dari Eugen. Tahun 1889, Ludwig pun meyakinkan Eugen agar mau ikut kontes orang kuat di London, Inggris, Eugen pun setuju. Ternyata, Eugen bisa dibilang menang cukup mudah dalam kontes tersebut. Dari sinilah popularitasnya mulai menanjak. Dia mendapatkan tawaran untuk tampil dalam berbagai macam pertunjukan di seluruh Inggris untuk memperlihatkan kekuatannya.


Dalam suatu kesempatan, seseorang bernama Florenz Ziegfeld, seorang produser asal Amerika Serikat, menawarkan Eugen untuk bekerja sama dengannya. Bedanya, kali ini Eugen bukan memperlihatkan kekuatannya, namun lebih ke memamerkan otot tubuhnya. Sahabat viralsbook, dari sinilah awal mulanya ada pertunjukan binaraga, atau yang disebut dengan Muscle Display Performances.

Pada tahun 1901, Eugen menyelenggarakan kontes binaraga pertama. Kontes tersebut diadakan di Royal Albert Hall di London dengan Eugen sebagai salah satu jurinya, bersama dengan Sir Charles Lawes dan Sir Arthur Conan Doyle, sang penulis legendaris yang melahirkan tokoh Sherlock Holmes. Tentu saja, kontes tersebut sukses besar, terlihat dari banyaknya peserta dan penonton yang memenuhi lokasi kontes itu berada.

Kepopuleran Eugen terus menggema di seluruh Eropa sampai pada tahun 1925, di mana pada tahun tersebut, tepatnya pada tanggal 14 Oktober, dia meninggal dunia karena mengalami stroke setelah mendorong mobilnya keluar dari lumpur. Ada juga dugaan bahwa dia meninggal karena penyakit silis. Usianya saat meninggal dunia adalah 58 tahun.


Siegmund Breitbart


Siegmund Breitbart adalah orang kuat berikutnya dalam daftar ini. Lahir dari keluarga Yahudi Orthodox di Polandia pada 1882, Siegmund memiliki kekuatan luar biasa yang tak dimiliki oleh manusia normal. Dia pun berkeliling Eropa dan Amerika bersama dengan kelompok sirkusnya yang bernama Circus Busch. Aksinya dalam sirkus itu adalah pamer kekuatan, menunjukkan dirinya yang dulu berprofesi sebagai pandai besi.

Baca Juga : Mengerikan! 7 Aksi Sulap Gagal Total Yang Berakhir Dengan Kematian Tragis

Dalam aksinya, Siegmund sukses membengkokkan palang besi hingga membentuk pola bunga, menggigit rantai hingga putus, mengangkat seekor bayi gajah saat menaiki tangga, sampai membelah sepatu kuda menjadi dua bagian. Tak hanya itu, aksi Siegmund yang lainnya adalah mampu mengangkat seekor kuda, menarik satu kereta kuda yang penuh dengan orang hanya dengan giginya, dan ditindih mobil di punggungnya, dengan mobilnya berisikan 10 penumpang.

Sahabat viralsbook, tragisnya, Siegmund akhirnya meninggal dunia dalam salah satu pertunjukannya. Saat itu, Siegmund sedang memalu paku ke jalur kereta api dengan tangan kosong melalui 5 papan setebal masing-masing 25 mm yang diletakkan di atas lututnya. Siegmund pun melakukan kesalahan, sampai pakunya ternyata menancap di lututnya. Akibat terkena paku itu, lukanya menjadi infeksi, dan kemudian darahnya mengalami keracunan. Infeksi yang dideritanya bahkan tak bisa dihentikan setelah melakukan 10 kali operasi dan kedua kakinya diamputasi. Akhirnya, Siegmund meninggal dunia pada bulan Oktober 1925 dan dimakamkan di Berlin, Jerman.


Thomas Topham


Thomas Topham adalah salah satu orang kuat paling terkenal di abad ke-18. Thomas sendiri adalah pria kelahiran London, Inggris pada tahun 1710. Thomas merupakan anak tukang kayu, dan merupakan pemilik Red Lion Inn. Sayangnya, bisnis tak berjalan mulus, dan penginapannya harus ditutup. Kegagalannya itu tak lama, karena beberapa saat kemudian dia menjadi orang yang sukses karena memiliki kekuatan yang luar biasa.

Thomas pernah melakukan pertunjukan yang memamerkan kekuatannya seperti mengangkat beban seberat 101 kg di atas kepalanya dengan hanya menggunakan jari-jarinya yang kecil, dan menekuk tumpukan kartu poker tebal dengan lengan bawahnya. Pertunjukan kekuatannya yang paling terkenal terjadi pada tanggal 28 Mei 1741, saat Topham mengangkat tiga tong besar berisi air dengan berat keseluruhan 606 kg.

Ternyata, popularitasnya tak berjalan sebanding dengan kehidupan pernikahannya. Istri dari Thomas diketahui selingkuh, dan kemudian Thomas pun membunuhnya dengan pisau. Thomas pun juga terluka cukup parah saat berkelahi dengan istrinya itu. Beberapa hari kemudian, Thomas pun meninggal dunia. Thomas meninggal dunia pada tanggal 10 Agustus 1749 dan dimakamkan di Shoreditch, Inggris.


John Holtum


Orang kuat berikutnya adalah John Holtum, berjuluk Cannonball King atau manusia meriam. Pria kuat asal Denmark ini pun memiliki kekuatan yang membuat banyak orang merasa kaget dan takjub saat melihatnya. Bagaimana tidak tembakan meriam yang begitu dekat yang mengarah dan menerpa tubuhnya membuatnya kokoh dan bertahan dari hempasan biji meriam tersebut. Aksi yang sangat berbahaya dari pria ini tentu membuat banyak orang takjub akan kekuatan yang dimilikinya.

Sahabat viralsbook, meskipun sangat berisiko dan bahkan telah menghilangkan 3 buah jarinya, Holtum sangat dikenal oleh banyak orang-orang penting dikawasan Eropa era 1845 – 1919 dan kemudian menjadi orang kuat dan sukses di Amerika. Para penonton yang menantangnya dengan imbalan senilai 3.000 franc. tek gentar membuatnya menampilkan pertunjukkan yang menantang maut itu.

Baca Juga : Kisah Manusia Berkulit Buaya, Ritual Tradisional Papua Nugini di Sepanjang Tepian Sungai Sepik

Angus MacAskill


Pria kuat dan tinggi yang satu ini berasal dari pulau Beneray, Skotlandia, yang cukup fenomenal di era 1825 – 1863 dan kemudian hijrah ke Nova Scotia. Saat diusia 20 tahun sudah cukup membuat dirinya terkenal sebagai orang yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan ukuran 223 cm hingga pada 236 cm pada puncak dari pertumbuhan ukuran tubuhnya dengan besar badan mencapai 580 pon. Ia pun bergabung pada perkumpulan sirkus P.T. Barnum pada tahun 1849 dan kemudian bergabung pada salah satu kempo sirkus besar General Tom Thumb dengan aksi dari kekuatan manusia tinggi besar ini.

Pada pertunjukkannya berat jangkar kapal dengan bobot 2800 dan gentong dengan bobot 300 pada tangan kanan dan kiri mampu diangkat olehnya. Ia pun dengan hormat di undang ke Kastil Windsor oleh Ratu Victoria saat kemampuannya tersebar luas. Kemampuannya yang luar biasa membuatnya dinobatkan oleh sang ratu sebagai manusia terbesar, tertinggi dan terkuat yang pernah masuk dalam kastil dan mempertunjukkan kemampuan yang dimilikinya.


***

Sahabat viralsbook, sekuat apa pun mereka, hanya tuhan dan orang-orang yang pernah menyaksikan atraksi mereka di zaman dulu yang tahu. Kita sebagai manusia yang hidup di zaman sekarang hanya bisa berfantasi bagaimana kuatnya orang-orang ini melalui catatan sejarah. Semoga menghibur. (www.viralsbook.com)


Disadur dari berbagai sumber resmi: okezone.com, legendarystrength.com, breakingmuscle.com, keepfitkingdom.com, oldtimestrongman.com, allthatsinteresting.com

comments