Minggu, 07 Juni 2020

5 Jenis Ikan Bergigi Aneh dan Unik, Bahkan Ada Yang Bergigi Mirip Manusia

Ikan merupakan kelompok vertebrata poikilometrik atau berdarah dingin yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. Tapi tahukah kalian, jika dari 27.000 ini ada beberapa jenis ikan yang memiliki gigi unik?


VIRALSBOOK.COM - Ikan merupakan hewan air yang pastinya tidak asing bagi manusia. Ada begitu banyak jenis ikan yang sudah diketahui oleh manusia. Mereka dapat ditemukan di laut, sungai, danau, kolam ikan atau bahkan lumpur. Karena ikan terdiri dari beragam jenis, masing-masing ikan pun memiliki ciri fisik yang unik untuk membantunya beradaptasi di habitatnya.

Gigi adalah contoh dari ciri fisik yang dimaksud karena pola makan yang berbeda memerlukan gigi yang berbeda pula. Berikut ini, 5 ikan yang memiliki bentuk gigi unik diantara beberapa spesies ikan yang ada di dunia. Mungkin diantara sahabat viralsbook belum ada yang mengetahuinya dan bakal dibuat tercengang.

1. Ikan Lamprey
Lamprey adalah nama dari sejenis ikan yang penampilannya bakal mengingatkan kita akan belut. Pasalnya, lamprey memiliki tubuh yang panjang seperti halnya belut. Namun kemiripan antara lamprey dengan belut hanya sampai disana. Jika kepala keduanya dibandingkan, kita akan langsung mengetahui kalau lamprey sebenarnya tidak sama dengan belut.

Lamprey memiliki mulut berbentuk bundar dengan gigi-gigi tajam yang mencuat. Karena ikan ini tidak memiliki rahang, maka mulut lamprey pun senantiasa berada dalam kondisi terbuka. Lamprey kerap dianggap sebagai fosil hidup karena fosil lamprey berusia 360 juta tahun yang pernah ditemukan oleh manusia memiliki wujud yang amat mirip dengan lamprey yang hidup di masa kini.

Sahabat viralsbook, Ada alasan khusus mengapa lamprey memiliki mulut berbentuk demikian. Berkat mulutnya yang berbentuk bundar dan dipenuhi gigi tajam, lamprey bisa berpegangan pada kulit ikan lain untuk menghisap darahnya. Mirip dengan lintah yang juga menempel pada korbannya dengan memakai mulutnya.


Keunikan ikan lamprey belum berhenti sampai disana. Saat masih kecil, ikan ini hidup di air tawar. Namun saat sudah dewasa, ikan ini akan pergi ke laut untuk menghisap darah ikan-ikan laut. Saat sudah waktunya untuk berkembang biak, lamprey akan berenang kembali ke sungai untuk kawin dan menghasilkan keturunan. Benar-benar unik.

2. Ikan Serigala
Ikan serigala atau Anarhichas lupus adalah nama dari sejenis ikan laut dan hanya dapat ditemukan di Samudera Atlantik, tepatnya di perairan dangkal Eropa dan Amerika Utara. Mereka yang baru pertama kali melihat ikan ini mungkin bakal merasa ngeri, atau justru malah merasa lucu.

Sebabnya adalah ikan serigala memiliki mulut yang lebar dengan gigi-gigi panjang. Karena giginya nampak serupa dengan gigi serigala, ikan ini pun dijuluki sebagai ikan serigala. Kemiripan antara ikan serigala dengan serigala sungguhan bakal semakin nampak jika tulang tengkorak ikan ini dibandingkan dengan tengkorak serigala.

Ikan serigala memiliki gigi yang besar dan tajam karena makanan ikan ini terdiri dari hewan-hewan berkulit keras seperti kerang, kepiting, bintang laut, hingga landak laut. Saat sedang tidak mencari makan, ikan serigala akan berdiam di dasar laut atau di dalam gua bawah laut. Karena ikan ini memiliki kebiasaan berdiam di dasar laut, ikan serigala pun kerap tersangkut pada jaring laut dalam.

Akibatnya, populasi ikan ini sekarang berada dalam kondisi terancam. Jika ikan serigala sampai benar-benar punah, dikhawatirkan akan terjadi gangguan pada ekosistem setempat mengingat ikan ini memiliki peran penting dalam mengendalikan populasi landak laut.

3. Ikan Kakatua
Ikan Kakatua merupakan ikan yang hidup di terumbu karang dengan sisiknya yang berwarna-warni dan nampak indah. Ikan dari famili Scaridae ini, memperoleh nama demikian karena gigi ikan ini nampak seperti paruh burung kakatua. Ikan kakatua adalah hewan herbivora yang makanan utamanya terdiri dari alga laut, khususnya yang tumbuh di permukaan terumbu karang. Seperti halnya gigi kelinci, gigi ikan kakatua terus tumbuh sepanjang hidupnya.

Supaya giginya tidak tumbuh menjadi terlalu panjang, ikan kakatua memiliki kebiasaan mengunyah batu keras yang permukaannya dipenuhi oleh rumput laut. Ikan kakatua juga memiliki gigi tambahan di kerongkongannya untuk menghancurkan batu menjadi serpihan-serpihan kecil.

Alga yang sudah dimakan oleh ikan kakatua akan ditelan, sementara serpihan batu dan benda lain yang tidak bisa dicerna akan dimuntahkan. Selain memakan alga, ikan kakatua juga memakan spons dan polip koral.

Hal yang tidak kalah unik juga dapat dijumpai oleh sahabat viralsbook dari perilaku reproduksi ikan ini, yakni Ikan kakatua diketahui bisa mengubah kelaminnya sendiri. Wow, membayangkannya saja sepertinya tidak masuk akal. Jika ikan kakatua saat masih muda memiliki jenis kelamin jantan, maka saat sudah tua ia akan berubah menjadi betina.

Pada spesies ikan kakatua lain, siklus serupa juga terjadi, namun dengan jenis kelamin yang terbalik. Ikan kakatua hidup membentuk kelompok yang biasanya terdiri dari beberapa ekor ikan betina dan satu ekor pejantan sebagai pemimpinnya.

4. Ikan Triggerfish
Jenis ikan yang memiliki gigi unik keempat ini benar-benar akan membuat kita tercengang. Pasalnya, bentuk gigi ikan ini memiliki struktur gigi mirip manusia lho. Bahkan bukan hanya giginya saja yang mirip, ikan ini diklaim memiliki bibir mirip manusia.

Ya, ini jenis ikan triggerfish yang memiliki nama ilmiah atau masuk dalam klasifikasi Balistidae. Ada 40 spesies ikan ini yang tersebar di lautan dunia dan kerap ditemui oleh para penyelam. Jenis terbesar dari ikan ini adalah Stone triggerfish, yaitu dapat memiliki panjang hingga 3,3 kaki dan biasanya ditemukan di wilayah perairan Pasifik Timur, dari Meksiko hingga Chile.

Triggerfish dewasa memakan jenis-jenis invertebrata bercangkang keras. Triggerfish menemukan mangsa dengan menggali, yaitu seperti kepiting dan cacing. Mereka mengibas-ngibaskan sirip dan menyemprotkan air dari mulut mereka. Ikan ini juga menggunakan gigi dan rahang yang sangat kuat untuk mengambil bulu babi dan membaliknya, untuk memperoleh bagian perut. Selain itu, mereka juga dapat memakan udang dan lobster.

Baca Juga

Hewan-Hewan Yang Tercatat di Berbagai Peristiwa dan Punya Andil Dalam Torehan Sejarah

    Beberapa peristiwa sejarah paling penting di dunia biasanya melibatkan manusia sebagai aktornya, dan ini merupakan hal yang biasa. Namun bagaimana jika yang punya peran penting dalam menorehkan sejarah hanyalah seekor hewan? Percaya gak?...
Selengkapnya
Triggerfish merupakan jenis ikan yang cenderung menyendiri, tetapi saling bertemu di tempat tertentu saat musim kawin, yaitu bergantung pada bulan dan pasang surut. Jantan dari sebagian spesies ini membangun wilayah pada tempat pemijahan (proses pengeluaran sel telur oleh induk betina dan sperma oleh induk jantan yang kemudian diikuti dengan perkawinan) dan menyiapkan sarang dasar laut guna menampung puluhan ribu telurnya nanti.

Jantan dan Betina dari triggerfish akan saling melingkari satu sama lain di dalam sarang dimana terjadi perubahan warna dengan cepat dan disimpan telur-telur hasil perkawinan. Sahabat viralsbook, Betina Triggerfish dapat menyimpan rata-rata sekitar 772.415 telur. Wow.

5. Ikan Viper
Laut dalam terkenal sebagai salah satu tempat paling misterius di Bumi. Pasalnya wilayah ini tidak terjangkau oleh cahaya matahari sehingga wilayah laut dalam senantiasa dipenuhi oleh kegelapan abadi. Akibatnya, plankton nabati tidak bisa hidup di sana dan makanan pun menjadi hal yang amat langka.

Meskipun laut dalam memiliki kondisi yang kurang bersahabat, nyatanya tetap ada hewan laut yang tinggal di kedalaman. Ikan viper adalah contoh dari hewan laut yang hidup di laut dalam. Manusia yang baru pertama kali melihat ikan viper bakal merasa takjub sekaligus ngeri karena mulut ikan ini dipenuhi oleh gigi-gigi yang tajam sekaligus besar.


Karena habitatnya yang berada di laut dalam, ikan viper bukanlah ikan yang berbahaya bagi manusia terlepas dari penampilannya yang nampak buas. Ikan viper sendiri memiliki gigi-gigi berukuran besar untuk memudahkannya mencaplok mangsa.

Telah diulas sebelumnya kalau kawasan laut yang dalam merupakan kawasan yang langka akan makanan. Jadi supaya setiap makanan yang berhasil dicaplok oleh ikan viper tidak sampai terlepas, maka ikan ini pun dilengkapi dengan gigi-gigi yang berukuran besar. Kalaupun makanan sedang sulit didapat, ikan viper bisa hidup selama berhari-hari tanpa makanan. Luar biasa.

Referensi:
bbc.com, wikipedia, seasky.org
Baca Juga