Kamis, 07 Juni 2018

Kocak Banget, 4 Tingkah Konyol Pengendara Hindari Razia Polisi di Jalan Raya

Demi mengelabui dan menghindari razia polisi lalu lintas di jalan raya, 4 pengendara ini “nekad” kibuli petugas dengan tingkah konyol mereka.


VIRALSBOOK.COM – Razia terhadap kendaraan bermotor sering kali dilakukan pihak kepolisian. Pelaksanaannya terkadang mendadak atau sudah merupakan program dengan waktu berkala, seperti Operasi Zebra, Patuh Jaya, dan lain sebagainya.

Dalam setiap operasi yang dilakukan, berbagai pelanggaraan yang dilakukan sudah pasti menjadi target pihak kepolisian. Dengan begitu, berbagai cara dilakukan oleh pengendara, baik sepeda motor dan mobil agar tidak terkena razia, seperti melengkapi surat-surat kendaraan, menggunakan helm, menggunakan seatbelt, mematuhi peraturan lalu lintas, dan lain-lain.

Tapi, bagi sebagian pengendara “bandel” memiliki cara tersendiri untuk menghindari razia polisi. Bahkan, tak jarang strategi yang dilakukan kocak banget, dan pastinya mengundang gelak tawa. Sahabat viralsbook, berikut cara unik pengendara untuk menghindari razia polisi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pura-pura Kesurupan


Video seorang pelanggar lalu lintas berpura-pura kesurupan berdurasi singkat yang diunggah di instagram Ditlantas Polda Bengkulu pada Jumat 18 Mei 2018 menjadi viral. Dalam video tersebut terlihat pemuda yang masih duduk diatas motor bebek berkelir putih menunduk, mengerang dan mengeluarkan suara aneh layaknya orang kesurupan. Sesekali ia terlihat meronta. Namun, cara tersebut bukan berhasil, malah menjadi bahan ketawa para petugas kepolisian.

Baca Juga : Mitos dan Kepercayaan Kuno Tentang Asal Usul Terjadinya Gempa Bumi di Berbagai Negara

Pemuda tersebut adalah warga Air Sebakul, Kota Bengkulu. Kabid Humas polda Bengkulu AKBP Sudarno menceritakan, awalnya polisi sedang melakukan giat rutin pukul 7.45 WIB di Sipang Sidomulyo, Kota Bengkulu.

Polisi kemudian melihat pengendara tersebut tidak menggunakan kaca spion. Lantas pengendara ini diberhentikan petugas dan dimintai surat-surat. Namun, pengendara tidak punya SIM dan mengaku STNK miliknya hilang. Saat akan ditilang, pelaku menangis dan mencabut selang bensin motornya hingga habis bensin dengan alasan agar sepeda motornya tidak diangkut. Polisi kemudian meminta bantuan kendaraan double cabin untuk mengangkut pengendara tersebut. Saat itulah pengendara mulai pura-pura kesurupan.

Petugas sempat menenangkan pengendara tersebut. Sampai akhirnya, Pelanggar lalu lintas itu sadar, dan mengaku hanya pura-pura kesurupan dan meminta maaf. Bahkan, dia harus minta maaf sambil tiarap, dan tidak akan mengulangi perbuatannya tersebut.

Pura-pura Bisu


Berbagai trik berupa tipu muslihat kerap dilakukan pengendara bermotor ketika menghadapi polisi saat razia. Mereka akan melakukan apa saja, agar bebas dari jerat tilang. Seperti halnya seorang pria pengendara sepeda motor di Kota Tomohon, Sulawesi Utara ini. Demi menghindari Razia polisi, dia justru mencoba trik berpura-pura bisu atau tunawicara.

Peristiwa konyol ini ramai diperbincangkan oleh netizen saat jelang akhir tahun 2017 silam, tepatnya tanggal 27 Desember 2017. Kejadian tersebut bermula saat lelaki ini diberhentikan polisi lalu lintas. Saat ditanya, pria itu hanya bergumam 'waaaa waaa wooo wooo' saja sambil geleng-geleng dan melambai-lambaikan tangannya.

Menanggapi hal tersebut, sang polisi langsung tanggap dengan keadaan pengendara yang tunawicara dan kemudian menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi. Akan tetapi tak dibalas oleh pria itu. Hanya saja, aksi itu tak berlangsung lama, karena trik tersebut terbongkar oleh seorang polwan yang cantik.

Polwan cantik tersebut melakukan hal yang tak terduga dengan mengatakan dalam dialeg manado bahwa dompet pria tersebut jatuh. Reflek, lelaki itu bertanya jatuh di mana. Video peristiwa konyol ini banyak menuai reaksi dari netizen yang memberikan emoticon tertawa ngakak.


Pura-pura Pingsan

Baca Juga : 5 Kisah Mencengangkan dari Orang yang Memilih Gaya Hidup Aneh dan Tak Wajar


Sebuah video pelanggar lalu lintas kembali viral di jagad maya. Dalam video yang diposting tanggal 13 Februari 2018 sekira pukul 23.43 WIB memperlihatkan seorang wanita remaja yang masih sekolah yang tubuhnya sedang dipapah polisi. Melalui percakapan yang terdengar, gadis itu pingsan.

Namun sejumlah polisi lainnya curiga jika perempuan itu berpura-pura pingsan. Perempuan ini setelah diperiksa ternyata tak mempunyai SIM dan nekat berkendara jauh. Lalu dirinya kena stop petugas. Lucunya karena takut ditilang dia melakukan hal yang sangat konyol.

Akhirnya si perempuan pun mengaku ia hanya berpura-pura pingsan karena takut ditilang. "Iya saya takut ditilang ay," katanya dengan logat bahasa Kalimantan Tengah.


Pura-pura Motor Mogok


Berbagai cara dilakukan oleh banyak pengendara agar terhindar dari Operasi Lalulintas yang digelar oleh Kepolisian, salah satunya peristiwa Razia yang dilaksanakan Resor (Polres) Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Rabu 10 Mei 2017.

Pada Operasi Patuh dengan sandi terpusat Samrat, yang digelar di depan SMK Negeri I Amurang, terlihat seorang pengendara yang sengaja menghentikan kendaraan sejauh 10 meter dan mencoba melewati razia dengan cara mendorong motor.

Baca Juga : Gak Masuk Akal, 5 Pasangan Kekasih Dengan Kisah Pernikahan Paling Unik dan Aneh di Dunia

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada tanggal 11 Oktober 2017. Razia dilakukan oleh Jajaran Polresta Bogor Kota di Jalan Veteran, Depan Pom Bensin. Dalam razia tersebut terselip tingkah dari para pengendara motor maupun mobil untuk menghindari razia yang tentunya membuat orang-orang yang melihat geleng -geleng kepala.

Salah satunya adalah Rohmat (53) pengendara motor yang sengaja mendorong motornya karena mogok. Namun setelah petugas menginterogasi, akhirnya Rohmat mengakui bahwa dia hanya pura-pura mogok demi menghindari Razia dengan alasan pajak motornya sudah tidak berlaku lagi.

***

Itulah 4 tingkah konyol pengendara yang terjaring Razia. Kalau kita memang tidak melanggar aturan dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, apa yang harus ditakutkan? Iya nggak?

Berlalu lintas dengan cara mematuhi aturan-aturan yang ada dengan membawa kelengkapan surat-surat kenderaan bermotor merupakan ciri pengguna jalan raya yang baik. Tanpa harus mencari celah lemahnya aturan dan mencari kelengahan pengawasan dari pihak terkait seperti trik konyol yang bikin ngakak diatas. Bagaimana menurut Anda?


referensi : pojoksatu, grid.id, sindonews, tribunnews, kumparan

comments