Senin, 01 Oktober 2018

5 Fenomena Alam Paling Ekstrim dan Mengerikan yang Pernah Terjadi Di Belahan Dunia

Diakui planet yang kita huni ini banyak menyimpan sejuta misteri, termasuk fenomena alam yang aneh bahkan ekstrim dari apa yang manusia bisa bayangkan. Terkadang terasa tak masuk akal dan mengerikan.


VIRALSBOOK.COM - Bumi selalu menyimpan berjuta misteri yang sebagian besar belum terpecahkan hingga saat ini. Ada fenomena alam yang terlihat aneh tapi membuat decak kagum bagi yang melihatnya. Terkadang kemisteriusan alam tampak sangat tidak bisa diterima dengan akal sehat atau diluar nalar pikiran manusia bahkan sangat mengerikan.

Kita yakini bahwa semua fenomena alam yang terjadi di sekitar kita adalah kehendak Yang Maha Kuasa, dan kita tak bisa mengetahui kenapa fenomena alam tersebut bisa terjadi, meski ada beberapa penjelasan ilmiah tentang beberapa fenomena alam namun semuanya belum bisa menjawab secara tuntas semua teka-teki dan misteri dibaliknya. Seperti fenomena alam berikut ini yang viralsbook sadur dari berbagai sumber resmi.


1. Fenomena suara misterius dari langit


Sekitar tahun 2014 lalu, masyarakat dunia dibuat heboh dengan kemunculan suara misterius yang berasal dari langit. Banyak yang menganggap suara itu adalah suara sangkakala yang merupakan tanda alam semesta ini akan kiamat. Meski telah dilakukan penelitian dan menyatakan suara itu bukan suara sangkakala malaikat, namun tetap saja suara itu masih menjadi misterius dan tak ada yang tahu dari mana asal suara tersebut.

Selama hampir 10 tahun, banyak orang-orang yang mengunggah video suara menakutkan yang mereka dengar. Saking banyaknya yang mengunggah video suara misterius ini, sampai-sampai ada sebuah situs khusus yang memuat fenomena aneh ini, dengan nama Strange Sound. Sebagian besar suara itu mirip dengan suara terompet yang sangat keras. Jika didengarkan perlahan-lahan suara itu kian menyeramkan. Selain suara berupa terompet yang membuat pekak telinga, suara yang muncul dari langit ada yang berupa seperti gumaman, suara rintihan seperti suara penyanyi rock, suara dengungan mesin pesawat terbang, semuanya benar-benar mengerikan. Sebagian besar video yang diunggah berasal dari negara-negara barat seperti Kanada, Ukraina, Belarus, Amerika Serikat, dan Australia, sampai Jerman.


Beberapa ilmuwan mengatakan jika suara yang berasal dari langit itu dihasilkan dari fenomena alam alami. Suara itu bisa dihasilkan dari gempa bumi, siklus pasang-surut air laut, ledakan gas metana dari alam, bahkan suara gesekan-gesekan dari pasir. Namun, pernyataan itu masih berupa teori yang bisa benar bahkan bisa juga salah. Sampai sekarang belum ada penjelasan secara resmi yang benar-benar ilmiah untuk membuktikan semua fenomena ini.

Baca Juga : Inilah 12 Jejak Manusia di Muka Bumi Dari Ketinggian 600 Kilometer, Visualnya Menakjubkan!


2. Fenomena naiknya air laut ke langit


Di perairan dekat Kota Darwin, Australia, terjadi sebuah fenomena alam yang aneh dan sangat menakjubkan sekaligus mengerikan, yakni fenomena waterspouts atau naiknya air laut ke langit. Peristiwa yang juga disebut dengan belalai air ini terjadi pada akhir tahun 2014, dimana saat itu terlihat air laut menjulang ke atas dalam satu pusaran corong yang terlihat seperti menembus langit. Seperti ada kekuatan dari langit yang menyedot air laut. Peristiwa alam ini biasanya terjadi di atas perairan laut yang hangat dan beriklim tropis.

Waterspouts atau umumnya didefinisikan sebagai tornado di atas air ini merupakan fenomena angin puting beliung yang membentuk pusaran air hingga menjulang dan terhubung ke awan cumuliform, terlihat sangat indah namun berbahaya. Setiap satu corongnya memiliki diameter sekitar 50 meter hingga 100 meter dengan kecepatan angin 80 kilometer per jam. Peristiwa ini biasanya berlangsung sekitar lima sampai sepuluh menit, jika sudah menghampiri daratan, maka dengan sendirinya pusaran air ini akan menghilang.


Para ilmuwan yang mempelajari waterspouts umumnya menggolongkan waterspouts dalam dua kategori, yaitu waterspouts tornadik dan waterspouts cuaca tenang. Waterspouts tornadik kebanyakan berawal sebagai tornado diatas daratan dan kemudian pindah ke laut, membentuk badai besar di atas badan air dan dapat mendatangkan malapetaka dengan angin kencang, hujan es dan petir yang berbahaya. Sedangkan waterspouts cuaca tenang berkembang dalam cuaca yang tenang, terbentuk hanya di atas air terbuka, berkembang di permukaan air dan benar-benar naik ke langit menuju awan. Waterspouts jenis ini relatif transparan dan awalnya terlihat hanya dengan pola unik di atas air. Meski menjadi fenomena alam ini menakjubkan, namun waterspout sama bahayanya dengan Tornado.

Fenomena alam ini paling sering ditemui di perairan Florida dibanding tempat lainnya di dunia. Beberapa peristiwa waterspout pernah dilaporkan terlihat di daerah lain termasuk Eropa, Selandia Baru, Great Lakes, Antartika bahkan Indonesia. Sahabat viralsbook, walaupun biasanya lebih lemah daripada tornado, waterspouts bisa menghasilkan kerusakan yang signifikan pada perahu, merusak kapal-kapal besar, dan mengancam kehidupan. Jika Anda melihatnya, anda harus ekstra hati-hati dan menjaga jarak.


3. Fenomena pelangi dan tornado muncul bersamaan


Fenomena alam yang ekstrim dan mengerikan ketiga adalah fenomena pelangi dan tornado yang muncul bersamaan dan terjadi di salah satu negara bagian Amerika Serikat, yaitu Colorado. Saat itu pelangi yang terlihat sangat indah muncul bersamaan dengan angin tornado yang sangat mengerikan. Pelangi itu muncul hanya beberapa mil dari angin tornado, sehingga kombinasi antara keduanya terlihat sangat indah namun berbahaya jika didekati. Fenomena alam langka ini berhasil direkam oleh pemburu badai asal Belanda bernama Peter Gude pada tahun 2012 lalu.

Baca Juga : Entah Kebetulan atau Tidak, 12 Peristiwa Mengerikan Ini Terjadi di Hari Jumat Tanggal 13

Tak cuma Peter Gude saja, fenomena serupa juga berhasil diabadikan oleh pemburu badai bernama Jason Blum bersama anaknya, Chase, pada tahun 2015. Kemudian pada tahun yang sama fenomena pelangi dan tornado muncul bersamaan juga diabadikan oleh Kelly DeLay. Saat itu Kelly melihat adanya dua pelangi, bersamaan dengan tornado yang cukup besar, yang terlihat seperti ingin menyapu dua pelangi itu. Fenomena pelangi dan tornado itu juga terjadi di Colorado. Kawasan Colorado memang terkenal akan fenomena angin tornadonya, di mana satu bulan tercatat bisa mencapai lebih dari 90 tornado terjadi di wilayah tersebut. Hingga kini, belum ada penjelasan secara ilmiah yang bisa menjawab terjadinya fenomena alam ini.


4. Fenomena munculnya lubang besar di tanah


Fenomena alam yang mengerikan berikutnya adalah fenomena dimana tiba-tiba muncul lubang di tanah. Lubangnya itu bukan berukuran kecil, namun cukup besar dan bisa membuat semua yang di atasnya bisa jatuh ke dalam lubang tersebut. Fenomena alam ini disebut Sinkhole dan terjadi sangat random atau acak. Tak bisa diprediksi dan bisa terjadi di mana pun, bahkan termasuk di kota-kota besar. Salah satu peristiwa fenomena sinkhole pernah menimpa penduduk Solikamsk, Rusia. Mereka dibuat kaget ketika sebuah sinkhole berukuran 20 meter tiba-tiba saja muncul di daerah mereka. Belum cukup sampai di situ, sinkhole tersebut makin membesar dan jadi berukuran 120 meter dengan kedalaman 80 meter.

Fenomena sinkhole juga pernah terjadi di Laut Mati, Israel. Di sana terdapat lubang-lubang besar yang muncul secara random. Jumlahnya sendiri ada ratusan dengan sinkhole terbesar berukuran 40 meter dan kedalaman 25 meter. Fenomena sinkhole yang cukup bikin heboh dunia adalah yang terjadi di Guatemala pada tahun 2007. Saat itu, penduduk Guatemala City dikejutkan dengan sebuah sinkhole yang tiba-tiba muncul di tengah kota. Lubang ini berukuran lebar sekitar 100 meter dengan kedalaman yang masih belum bisa diprediksi.


Sahabat viralsbook, tiga tahun setelahnya, yaitu sekitar tahun 2010, sebuah lubang dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu hanya 20 meter, kembali muncul secara tiba-tiba di salah satu sudut kota. Menurut Lutz Katschmann, pejabat kantor geologi dan lingkungan hidup negara bagian Thuringia, Jerman, sinkhole kemungkinan disebabkan susunan bebatuan bawah tanah yang retak dan kemudian menciptakan rongga. Mengerikan ya?


5. Fenomena petir awan gas metana


Di banyak tempat munculnya petir dan guntur biasa terjadi pada saat mendung atau hujan, dan hampir tidak pernah ditemui munculnya petir pada hari cerah. Tetapi fenomena alam yang satu ini berbeda. Petir muncul bersahutan setiap saat tanpa ada sebab, bahkan pada hari cerah sekalipun. Begitu tingginya frekuensi petir menyambar sehingga keadaan itu dianggap sebagai badai petir yang terlama di dunia. Fenomena yang disebut Petir Catatumbo (The Lightning of Catatumbo) itu diperkirakan telah menyambar lebih dari 1.000.000 kali setiap tahun. Anehnya lagi, posisi munculnya tidak pernah berubah.

Baca Juga : 3 Misteri Penampakan Aneh Di Lokasi Gunung Berapi. Apakah Itu Sebuah Kebetulan?

Fenomena alam ini telah ada sejak lama di suatu tempat di Venezuela, Petir Catatumbo tersebut mampu menghasilkan arus sebesar 400.000 ampere, dan dapat dilihat hingga jarak 400 kilometer. Sebagai akibatnya, fenomena ini merupakan salah satu produsen ozon terbesar di dunia. Uniknya, petir Catatumbo tidak terlalu menimbulkan suara guntur yang menggelegar yang diakibatkan lompatan petir yang terjadi hanya dari awan ke awan dan sangat jarang mencapai tanah.


Mungkin Anda penasaran mengapa dinamakan Petir Catatumbo dan bagaimana itu bisa terjadi? Sahabat viralsbook, Catatumbo adalah nama sebuah sungai di Venezuela. Sungai ini bermuara di Danau Maracaibo. Aliran sungai Catatumbo ke danau tersebut melewati rawa-rawa yang sangat besar yang banyak mengandung bahan-bahan organik yang membusuk. Sebagai hasil proses pembusukan tersebut terbentuklah ‘awan gas’ metana besar yang terionisasi. Awan gas ini terbawa naik ke atmosfer, dan ketika bertabrakan dengan angin kencang yang datang dari pegunungan Andes awan tersebut terangkat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai sekitar sepuluh kilometer.

Selanjutnya proses yang terjadi mirip dengan gejala munculnya petir saat mendung seperti yang kita pelajari waktu di bangku sekolah. Karena begitu banyaknya awan gas yang terionisasi, pada titik tertentu secara kumulatif timbul perbedaan potensial yang amat tinggi, dan terjadilah lompatan petir yang saling menyambar di awan. Pada bulan Januari sampai April 2010 fenomena petir tersebut sempat berhenti total. Banyak yang mengira bahwa fenomena alam tersebut telah menghilang. Belakangan diketahui ternyata pada waktu itu terjadi kekeringan di wilayah tersebut sehingga proses pembusukan di rawa berkurang drastis. Ketika kekeringan berakhir, maka fenomena petir tersebut muncul kembali hingga sekarang. Karena fenomena ini hanya terlihat di Venezuela, pemerintah setempat berencana mengajukan fenomena alam Petir Catatumbo tersebut sebagai salah satu situs warisan dunia, meski menurut UNESCO sebenarnya kriteria untuk itu tidak ada. Ada-ada saja ya?

***

Sahabat viralsbook, itulah 5 fenomena alam paling ekstrim dan mengerikan yang pernah terjadi di belahan dunia. Menurut Anda, dari 5 fenomena diatas manakah fenomena alam yang mengerikan? (www.viralsbook.com)


disadur dari berbagai sumber resmi : palembang.tribunnews.com, lampung.tribunnews.com, detik.com dan boombastis.com

comments